Wood Menghancurkan St James Park dengan Hattrick Sensasional

0
44

Debatbola.com – Chris Wood kembali menjadi mimpi buruk bagi Newcastle dengan penampilan gemilangnya yang menghasilkan hattrick, membawa Nottingham Forest meraih kemenangan perdana bagi manajer baru, Nuno Espirito Santo, di Liga Premier.

Wood, pemain yang menjadi alasan pemilik baru Newcastle membayar £25 juta kepada Burnley pada bulan Januari tahun lalu untuk menghindari degradasi, mengambil keuntungan dari pertahanan yang buruk untuk mencetak tiga gol. Performa gemilangnya ini mengakhiri rentetan tujuh kemenangan berturut-turut yang diraih oleh mantan klubnya di St James’ Park dan menjatuhkan Newcastle pada kekalahan keenam dalam tujuh pertandingan di semua kompetisi.

Kemenangan 3-1 ini menjadi lebih dari yang seharusnya bagi Nottingham Forest pada hari di mana tim asuhan Eddie Howe, yang sempat unggul lewat penalti kontroversial Alexander Isak, benar-benar dihancurkan oleh Anthony Elanga dan Morgan Gibbs-White di depan penonton yang tak percaya, sebanyak 52.207 orang.

Kemenangan di Tyneside memberikan suntikan semangat bagi harapan bertahan hidup Forest, tetapi sekaligus meninggalkan pertanyaan besar atas peluang Newcastle untuk mengulangi prestasi finis di empat besar musim lalu, mengingat kunjungan sulit ke Liverpool dan Manchester City yang akan datang, ditambah dengan pertandingan Piala FA putaran ketiga mereka melawan Sunderland.

Magpies melancarkan serangan untuk memberikan respons atas kekalahan memalukan 1-0 di Luton pada hari Sabtu, dan tekanan awal mereka membuahkan hasil setelah 23 menit ketika Isak berhasil mengalahkan kiper Matt Turner dari titik penalti setelah bek Murillo dianggap melakukan pelanggaran saat mengejar umpan Anthony Gordon.

Anthony Elanga yang menyiksa bek penuh Dan Burn sepanjang pertandingan, melepaskan tembakan lebar setelah mendapatkan umpan panjang Moussa Niakhate. Mantan pemain sayap Manchester United itu seharusnya membuka skor 12 menit sebelum jeda ketika berhasil menyelinap di belakang Burn di sisi kanan, namun tidak dapat melewati kiper Martin Dubravka.

Usaha chip cerdik dari Isak ditepis oleh Turner di tiang dekat, dan Miguel Almiron melepaskan tembakan tinggi yang tidak membuahkan hasil saat ia tergelincir di ujung serangan yang dirancang dengan apik. Magpies harus membayar mahal karena peluang-peluang yang terlewatkan di akhir babak pertama.

Meskipun Almiron merebut bola di tepi kotak penalti lawan, ia gagal menemui rekan satu timnya, sehingga memberikan kesempatan bagi Gibbs-White untuk berlari ke depan dan menemukan Elanga. Elanga dengan mudah memberikan assist kepada Wood untuk menyamakan kedudukan. Situasinya hampir menjadi lebih buruk bagi tuan rumah saat babak kedua dimulai, di mana Gibbs-White melepas sundulan lebar dari crossing berbahaya Elanga, menunjukkan kerentanan bertahan yang semakin tampak pada Newcastle.

Dubravka bisa bernapas lega ketika Elanga melepaskan tembakan langsung ke arahnya setelah Gibbs-White sekali lagi menyebabkan kepanikan di barisan pertahanan tuan rumah. Namun, Gibbs-White memperbaiki kesalahan tersebut dengan mengoperkan bola kepada Wood pada menit ke-53. Wood dengan cerdik mengecoh Burn sebelum mengangkat tembakan melambung yang menggetarkan jala Dubravka.

Eddie Howe segera melakukan perubahan dengan mengganti Burn dan Almiron dengan Tino Livramento dan Callum Wilson. Namun, timnya kembali terbongkar pada menit ke-60 ketika umpan terobosan dari Murillo berhasil memecah pertahanan yang terlihat kacau, dan Wood dengan dingin melewati Dubravka yang terlalu terbuka untuk melengkapi hattricknya.

Isak memiliki peluang untuk mencetak gol pada menit ke-67, tetapi tembakannya mengalami pemantulan, dan Lewis Miley nyaris saja mencetak gol dua menit kemudian ketika tim Howe berjuang mencari jalan kembali ke dalam pertandingan. Meski berusaha keras dan menemui perlawanan sengit, Magpies tidak mampu mengatasi kerusakan yang telah terjadi, dan tak ada jalan kembali untuk mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here