Wojciech Szczesny Jadi Pemain Juventus Kedua Yang Buat Gol Bunuh Diri

0
134
Wojciech Szczesny Jadi Pemain Juventus Kedua Yang Buat Gol Bunuh Diri

Debatbola.com – Bermain di laga pertamanya, timnas Polandia harus jauh-jauh datang ke Rusia. Tim besutan Paulo Sousa itu bertemu timnas Slovakia dalam laga pembuka grup E tersebut. Namun sayang mereka gagal memetik poin penuh dalam laga itu.

Robert Lewandowski dan kawan-kawan harus pulang dengan kepala tertunduk akibat tidak bisa memaksimalkan permainan mereka. Gol bunuh diri dari Wojciech Szczesny serta gol dari Milan Skriniar berhasil membuat Slovakia memenangi pertandingan.

Wojciech Szczesny Buat Gol Bunuh Diri

Wojciech Szczesny memainkan salah satu laga terburuknya pada kesempatan kali itu. Pasalnya penjaga gawang Juventus ini membuat satu kesalahan besar yang membuat timnas Slovakia sempat memimpin. Own goal tercipta tepat 18 menit setelah laga dimulai.

Sebelumnya sang winger, R. Mak sukses lepas dari pengawalan musuh dari sisi kiri dan berhasil membawa bola masuk zona penalti. Kemudian winger yang kini bermain bagi Ferencvarosi TC itu memanfaatkan peluang tersebut dengan menendang bola langsung ke gawang.

Melihat bola yang ditendang itu, Wojciech Szczesny pun refleks menjatuhkan dirinya untuk bersiap menghalau. Bola tersebut sebenarnya membentur ke sisi kiri tiang gawang. Namun sayang bola malah menyentuh tangan sang kiper dan masuk ke gawangnya sendiri. Timnas Slovakia pun sukses unggul 1-0.

Berkat gol tersebut mantan penjaga gawang AS Roma itu membuat rekor buruk. Dirinya tercatat sebagai kiper pertama yang membuat gol bunuh diri dalam gelaran EURO 2020. Bahkan sang kiper itu juga menjadi pemain yang membobol gawangnya sendiri dengan waktu tercepat yakni pada menit 18.

Sementara itu pencetak own goal pertama di gelaran ini adalah Merih Demiral. Own goal itu tercipta ketika Turki berhadapan dengan Italia. Bek yang bermain untuk timnas Turki itu tidak berhasil menghalau bola crossing yang sejatinya diarahkan kepada Ciro Immobile.

Tampaknya kedua pemain itu tidak hanya sama-sama menciptakan gol bunuh diri. Akan tetapi kedua pemain tersebut juga kini sama-sama membela dan berseragam klub yang bermarkas di kota Turin, Juventus.  

Polandia Gagal Bangkit

Selepas gol bunuh diri itu, Timnas Polandia pun semakin gencar melancarkan serangan ke gawang musuh. Namun hingga babak pertama berakhir, para penyerang timnas Polandia tak kunjung membuat gol.

Gol bagi skuat Putih-Merah baru tercipta pada menit ke-46 atau semenit setelah masa rehat selesai. Berawal dari serangan balik, M. Rybus yang bermain sebagai left back berhasil membuat umpan silang ke jantung pertahanan timnas Slovakia.

Karol Linetty lah yang menyambut umpan tersebut dan tanpa berlama-lama lagi, gelandang Torino FC itu langsung melepaskan tendangan. Gelandang berusia 26 tahun itu pun sukses memasukkan si kulit bundar setelah Martin Dubravka tidak mampu menepisnya. Kedudukan menjadi seimbang 1-1.

Namun setelah itu petaka kembali menerjang skuat Putih-Merah. Pemain bertahan Nerazzurri, M. Skriniar menjadi pahlawan timnas Slovakia pada laga ini. Berawal dari tendangan penjuru, si kulit bundar yang diarahkan kepada kapten tim, M. Hamsik dipantulkan kepada sang bek.

Kemudian M. Skriniar yang tanpa pengawalan sempat mengontrol bola tersebut terlebih dahulu. Lalu dengan sekuat tenaga, dirinya sukses membuat gawang Wojciech Szczesny bergetar untuk kedua kalinya di laga ini.

Kedudukan pun berubah menjadi 1-2, timnas yang berjuluk Sokoli itu berhasil unggul untuk kedua kalinya. Timnas Polandia yang ketinggalan satu gol kemudian semakin menyerang musuhnya habis-habisan. Namun hingga wasit meniupkan peluitnya menandakan pertandingan berakhir, tidak ada gol lagi yang tercipta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here