Wembley Dapat Izin Menambah Kapasitas di Euro 2020

0
138
Wembley Dapat Izin Menambah Kapasitas di Euro 2020

Debatbola.com – Pandemi Covid-19 membuat kompetisi Euro 2020 hanya bisa disaksikan secara langsung oleh sedikit penggemar. Beberapa stadion hanya diperbolehkan mengundang penonton sejumlah setengah kapasitas stadionnya. Meski begitu, baru-baru ini, markas timnas Inggris, Wembley disebut siap memanggil penonton lebih banyak.

Ajang Euro 2020 sejatinya bakal digelar pada musim panas 2020 kemarin, tetapi dengan kondisi pandemi yang belum mereda, kompetisi ini akhirnya mundur satu tahun. Meski sudah diundur satu tahun, kompetisi Euro 2020 belum aman dari pandemi Covid-19. Hal inilah yang membuat Euro 2020 hanya dapat disaksikan oleh sedikit penggemar.

45 Ribu Penggemar Siap Hadir di Wembley

Beberapa stadion tercatat hanya mendapat izin untuk mengisi separuh kapasitas stadion tersebut. Stadion kebanggan Inggris, Wembley juga demikian. Wembley diketahui hanya boleh menghadirkan penonton dengan jumlah seperempat kapasitas stadion. Artinya Wembley hanya boleh menyediakan sekitar 22 ribu kursi untuk para penonton.

Meski selama ini baru diperkenankan menghadirkan penonton dengan jumlah sekitar 22 ribu penonton, baru-baru ini muncul kabar bagus untuk para penggemar. Wembley disebut sudah diperbolehkan untuk menambah kapasitas penonton. Dari yang semula hanya sejumlah seperempat kapasitas stadion, menjadi separuh kapasitas stadion.

Seperti dilansir dari Inside World Football, Stadion Wembley dikabarkan sudah siap memberikan tempat duduk untuk 45 ribu penonton di babak semifinal dan final. Padahal sebelumnya, mereka hanya diizinkan untuk memberi 22 ribu kursi pada penonton. Artinya kapasitas kursi Wembley akan terisi separuh pada beberapa pertandingan yang telah ditentukan.

Wembley sejatinya bakal menerapkan aturan ini sejak fase grup, tetapi kondisi pandemi Covid-19 membuat mereka tak punya pilihan lain. Pemerintah Inggris telah memperpanjang aturan social distancing sampai tanggal 19 Juli. Jadi Wembley baru diperbolehkan menambah kapasitas penontonnya hanya pada pertandingan knock-out.

Pertandingan pertama yang mungkin akan merasakan peraturan baru ini mungkin adalah pertandingan pertama babak 16 besar pada 29 Juni mendatang. Inggris tentu saja punya peluang untuk lolos ke fase tersebut. Jadi Inggris bisa merasakan keuntungan aturan ini jika mereka lolos ke fase gugur sebagai juara Grup D.

Para pendukung kini memang bisa menonton secara langsung pertandingan Euro 2020 di Wembley. Tetapi untuk bisa masuk ke dalam stadion, penggemar itu harus menunjukkan bahwa ia telah divaksin dan menunjukkan hasil negatif tes Covid-19. Artinya, setiap penonton diwajibkan melakukan tes dan divaksin jika ingin masuk ke stadion.

Ingin Sukseskan Event-Event Besar

Sekretaris Kebudayaan Inggris Oliver Dowden mengungkapkan bahwa pemerintah Inggris ingin menggelar sejumlah event besar dengan baik. Mereka juga ingin event-event tersebut bisa dihadiri oleh banyak orang. Jadi mereka menerapkan kebijakan penambahan jumlah penonton di berbagai event sebagai langkah uji coba.

“Kami ingin mendapatkan bukti lebih lanjut mengenai bagaimana kami bisa menyelenggarakan semua ajang bergengsi dengan aman dan baik.” Kata Sekretaris Kebudayaan Inggris, Oliver Dowden. “Beberapa pekan ke depan, akan ada lebih banyak penggemar yang menikmati Euro, Wimbledon, ataupun ajang olahraga dan budaya lainnya.”

Istimewanya Wembley

Stadion Wembley memang telah terpilih sebagai salah satu stadion yang bakal menggelar perhelatan Euro 2020. Wembley tercatat akan menjadi stadion yang menggelar pertandingan paling banyak di ajang Euro 2020 mendatang. Stadion ini bakal menggelar total delapan pertandingan, mulai dari fase grup, babak 16 besar, semifinal dan final.

Selama beberapa tahun terakhir, Wembley memang sudah menjadi stadion penting Eropa, terutama di Inggris. Stadion ini terhitung sudah menggelar dua partai final Liga Champions. Kandang dari timnas Inggris juga pernah menggelar beberapa pertandingan olahraga lainnya, mulai dari tinju, NFL, bahkan juga menggelar hiburan lain seperti konser.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here