Wayne Rooney Prediksi Perjalanan Timnas Inggris di Euro 2020

0
145
Wayne Rooney Prediksi Perjalanan Timnas Inggris di Euro 2020

Debatbola.com – Inggris memulai petualangannya di Euro 2020 dengan catatan cukup meyakinkan lewat kemenangan tipis kontra Kroasia di fase grup. Sekarang, Negeri Ratu Elizabeth memang menjadi salah satu unggulan di turnamen empat tahunan tersebut. Lalu, bagaimana respon Wayne Rooney ketika diminta memprediksi kiprah Inggris di Euro 2020 ini?

Sukses Dapat Tiga Poin Perdana

Bermodalkan materi beberapa pemain muda, timnas Inggris menatap kompetisi Euro 2020 dengan optimis. Inggris sejatinya ditempatkan di Grup yang sulit, bersama dengan Republik Ceko, Kroasia dan Skotlandia. 

Tetapi pada akhirnya, di pertandingan pembuka kompetisi empat tahunan ini, pasukan Gareth Southgate berhasil menggondol poin sempurna.

Menghadapi Kroasia, Inggris mendapatkan perlawanan alot dari tim yang menyingkirkan mereka dari ajang World Cup 2018 lalu. Kendati demikian, Harry Kane dan kolega tetap berhasil mengumpulkan tiga poin. Raheem Sterling mencetak satu-satunya go di laga ini dan gol itu otomatis memenangkan Tiga Singa.

Prediksi Rooney

Sejak awal, Inggris memang sudah menjadi salah satu negara unggulan untuk memenangkan Euro 2020 kali ini. Kemenangan kontra Kroasia sepertinya kian mempertajam taji tim yang diasuh oleh Gareth Southgate tersebut. Banyak orang mulai memprediksi nasib Inggris di turnamen ini, termasuk mantan pemain mereka sendiri, Wayne Rooney.

Rooney yang dahulu pernah memperkuat tim Tiga Singa, kini menilai negaranya punya kekuatan istimewa di Euro 2020 mendatang. Eks pemain Manchester United itu bahkan meyakini Inggris akan melewati fase grup. 

Namun, Rooney tetap memperingatkan para pemain timnas Inggris, bahwa rintangan lebih susah akan menanti di fase knock-out.

“Memenangkan pertandingan itu (vs Kroasia) merupakan sesuatu yang luar biasa.” Tutur Rooney pada Sky Sports, seperti dilansir via The Sport Review. “Kroasia adalah tim yang hebat, dan menang melawan mereka akan membuat pemain menikmati fase grup. Mereka bisa lebih nyaman pada pertandingan kontra Skotlandia nanti.”

“Skotlandia tentu saja tidak akan menjadi lawan yang mudah, tetapi setelah menang (vs Kroasia), saya pikir Inggris akan dengan mudah melaju ke babak berikutnya. Itulah momen di mana saya berpikir akan ada kesulitan untuk Inggris. Momen di mana anda harus menghadapi Prancis, Portugal atau Belgia, beberapa tip papan atas.”

“Memang Inggris punya banyak kualitas dalam skuadnya, hanya saja saya khawatir tentang minimnya pengalaman. Bugarnya Harry Maguire dan Jordan Henderson akan sangat penting karena mereka punya peran penting di masa mendatang. Dari segi kualitas, Inggris patut diperhitungkan, dan mereka punya peluang besar.”

Fase Gugur Lebih Sulit

Apa yang dikatakan Rooney mengenai tantangan yang lebih besar di fase knock-out memang sepertinya ada benarnya. Di fase grup, Timnas Inggris hanya menghadapi beberapa negara yang kekuatannya kurang diperhitungkan, seperti Ceko dan Skotlandia. Kroasia mungkin menjadi satu-satunya negara yang akan banyak merepotkan Tiga Singa.

Sementara itu, jika skuad Gareth Southgate melaju ke babak berikutnya, maka mereka harus bersiap bertemu dengan lawan-lawan yang lebih ganas. Ada Prancis dan Portugal, finalis musim lalu, ada pula Italia dan Belgia yang datang dengan kekuatan cukup tangguh. Jerman, Belanda dan Spanyol juga harus masuk ke dalam daftar negara yang patut diwaspadai.

Kilas Balik Karir Rooney di Timnas Inggris

Nama Wayne Rooney sendiri tentu saja sudah tidak asing bagi para pecinta sepakbola, terutama para pecinta sepakbola Inggris. Pria yang kini berusia 35 tahun tercatat pernah bermain untuk beberapa tim, termasuk timnas Inggris. Rooney tercatat melakoni debut internasionalnya pada tahun 2003.

Sampai saat ini, Rooney terhitung sudah mencatatkan sekitar 120 penampilan di berbagai ajang bersama timnas Inggris. Dari 120 penampilan tersebut, pemain berjuluk “Wazza” berhasil mengemas total 53 gol. Nama Rooney bahkan memuncaki daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa The Three Lions.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here