Wacana Akan Ada Marquee Player Lagi di Liga 1, Bali United Mendukung

0
36

Debatbola.com – Kompetisi sepakbola kasta tertinggi di Indonesia atau yang bisa disebut sebagai Liga 1 saat ini memang sedang dalam masa istirahat pasca berakhirnya musim 2021/2022. Mempersiapkan musim 2022/2023 tentunya pihak operator dan juga PSSI terus berkoordinasi agar musim kompetisi musim depan lebih baik dan lebih lancar lagi pelaksanaannya.

Untuk mencapai hal tersebut, PSSI dan juga pihak operator merumuskan beberapa wacana yang rencananya akan dilakukan di kompetisi Liga 1 musim depan. Salah satunya adalah wacana tentang akan adanya lagi Marquee Player. Hal ini memang sudah pernah diterapkan di Liga 1 pada tahun 2017 yang lalu. Rencananya, musim depan PSSI akan mengijinkan kembali klub-klub kontestan untuk memakai Marquee Player.

Tanggapan Bali United

Mendengar adanya wacana akan digunakannya kembali Marquee Player di Liga 1, Bali United melalui pelatihnya memberikan tanggapan. Stefano Cugurra selaku pelatih Bali United memberikan tanggapan positif terhadap wacana tersebut. Menurut pelatih asal Brasil tersebut, adanya Marquee Player akan meningkatkan value kompetisi Liga 1 Indonesia.

Pelatih yang akrab disapa Teco itu juga menyebutkan bahwa adanya peningkatan value Liga 1 akan menjadi pemicu juga untuk Liga 1 menjadi kompetisi yang lebih berkualitas dan profesional. Lebih lanjut pelatih Bali United itu juga mengatakan kalau adanya Marquee Player bukan hanya akan menjadi penarik animo supporter saja, namun pastinya kompetisi akan menjadi lebih menarik dari segi permainan.

Dirinya mengatakan bahwa supporter pasti akan lebih senang ketika menonton pertandingan. Tak berhenti sampai disitu saja. Stefano Cugurra juga menambahkan bahwa dengan besarnya animo dan antusias para penikmat sepakbola, otomatis industri sepakbola juga akan kembali bangkit. 

Masih Berupa Wacana

Adanya wacana untuk kembali menggunakan Marquee Player ini diungkapkan oleh Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI. Beberapa waktu lalu beliau menyatakan bahwa rencana Marquee Player ini bisa terlaksana pada kompetisi musim depan. Dengan syarat ada persetujuan dari semua klub kontestan Liga 1 pada saat kongres nanti akan dilaksanakan.

Mochamad Iriawan juga menyebutkan bahwa belum ada keputusan final dan resmi terkait rencana ini, sehingga saat ini masih berupa wacana. Selaku Ketua Umum PSSI, dirinya juga tidak ingin terburu-buru mengambil keputusan. Tentunya rencana ini akan didiskusikan bersama pihak klub-klub kontestan, dan jika mereka semuanya siap maka bisa diambil keputusan. 

Mochamad Iriawan pun mengaku senang dengan adanya rencana ini. Awalnya penggunaan Marquee Player ini adalah usulan dari beberapa klub. Kemudian dirinya melihat bahwa itu adalah hal yang bagus. Oleh karena itu Ketua Umum PSSI akan memasukkan rencana ini sebagai salah satu topik pembahasan pada kongres nanti. 

Marquee Player yang Pernah Ada di Liga 1 Indonesia

Membahas tentang Marquee Player, pastinya akan teringat bahwa Persib Bandung pernah membuat kejutan. Pasalnya klub kota Kembang tersebut berhasil mendatangkan Michael Essien yang pernah menjadi bintang di Liga Inggris. Bahkan dirinya mempunyai CV mentereng karena pernah bermain bersama klub ternama yakni Chelsea.

Selain Michael Essien, ada juga beberapa nama Marquee Player yang pernah bermain di Liga 1 Indonesia. Salah satunya adalah Peter Odemwingie yang berhasil didatangkan oleh manajemen Madura United. Ada pula Mohamed Sissoko yang menjadi Marquee Player bagi klub Mitra Kukar. Ada juga Paulo Sergio, Marquee Player yang cukup bersinar di Bali United. Selain itu, ada juga nama Bruno Lopes yang waktu itu didatangkan oleh Persija Jakarta.

Namun pada saat itu, kedatangan para Marquee Player tersebut nyatanya tidak berdampak signifikan bagi klub-klub yang dibelanya. Hanya Paulo Sergio yang cukup menunjukkan kontribusi positif bersama Bali United. Oleh sebab itu PSSI harus memikirkan matang-matang jika akan mengambil keputusan untuk kembali menerapkan sistem Marquee Player di Liga 1 musim 2022/2023 nanti. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here