Van Basten: Yang Bilang Ronaldo Lebih Baik dari Messi Tak Paham Sepakbola

Debatbola.com – Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi adalah dua pemain terbaik dunia abad ini. Nyaris tak ada lagi pemain yang mampu menyamai pencapaian keduanya bagi kesebelasan yang mereka bela masing-masing.

Ronaldo dan Messi sendiri sudah menjelang akhir kariernya. Cristiano Ronaldo berusia 35 tahun, sementara Messi berusia 32 tahun. Tapi keduanya masih bermain di kesebelasan terbaik dunia, Ronaldo di Juventus dan Messi bermain di Barcelona.

Menjelang Ronaldo dan Messi memutuskan pensiun, yang entah berapa musim lagi, perdebatan antara siapa yang paling hebat di antara keduanya masih terus bergulir. Perdebatan ini terus ada meski Ronaldo dan Messi kini tak bermain di liga yang sama, terlebih gol demi gol, serta piala demi piala terus bertambah bagi keduanya.

Ronaldo dianggap lebih unggul karena ia telah membuktikan kehebatannya di berbagai liga, karena ia membawa sukses Manchester United, Real Madrid dan Juventus, sedangkan Messi, meski hanya membela Barcelona sepanjang kariernya, menjadi pemain yang bisa menciptakan peluang tak hanya bagi dirinya sendiri, tapi juga bagi rekan-rekannya.

Ronaldo dan Messi juga sudah dilatih banyak pelatih hebat. Hal itu yang semakin membuat perdebatan semakin sengit karena banyak pemain dan pelatih hebat yang akhirnya terbelah dalam mengatakan siapa yang terbaik. 

Tapi muncul komentar menarik dari salah satu legenda sepakbola Belanda, Marco van Basten. Ia tak menafikkan bahwa Ronaldo pemain hebat, akan tetapi Ronaldo tak lebih hebat dari Messi. Ia menilai orang yang menganggap Ronaldo lebih hebat dari Messi tak mengerti sepakbola.

“Cristiano Ronaldo seorang pemain hebat, tapi bagi mereka yang mengatakan dia lebih hebat dari Messi, mereka tak mengerti apapun tentang sepakbola atau mengatakan hal itu dengan cara yang buruk,” ujar Van Basten pada Corriere della Sera.

Bagi Van Basten, pemain seperti Ronaldo bisa terlahir kembali kapan saja, asalkan sang pemain mampu berlatih sekeras Ronaldo. Tapi untuk pemain seperti Messi, hanya terlahir 100 tahun sekali dan tanpa bisa dilatih.

“Messi itu unik, dan tak bisa diciptakan kembali. Pemain seperti dia hanya muncul setiap 50 atau 100 tahun sekali. Sejak anak-anak dia sudah terlahir sebagai seorang genius sepakbola.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here