Usai Hadapi PSIS Semarang, Punggawa PSS Sleman Langsung Menggelar Latihan Intens

0
54

Debatbola.com – Para pemain PSS Sleman baru-baru ini dikabarkan tengah melakukan latihan di gym cukup intens usai melakoni duel kontra PSIS Semarang. Latihan ini dimaksudkan untuk memulihkan kebugaran para pemain setelah melakoni laga krusial tersebut.

Ditempa di Gym

Situasi berbeda nampak tengah dilakukan para pemain PSS Sleman usai menghadapi klub tentang asal Jawa Tengah, PSIS Semarang. Sebab para pemain PSS Sleman nampak tengah menggelar latihan serius di gym. Para pemain dari tim berjuluk Super Elang Jawa ini memusatkan latihan di salah satu tempat fitness di kawasan Badung, Bali.

Menurut pelatih fisik di PSS Sleman yang bernama Kartono Pramdhan, beliau mengungkapkan jika latihan ini bukan tanpa alasan. Menurutnya latihan ini biasa dilakukan untuk bisa memulihkan kebugaran para pemain yang di laga kontra PSIS Semarang kemarin bermain penuh. Sedangkan untuk para pemain yang tidak bermain penuh, maka latihan di gym akan ditambah porsinya.

“Seperti biasa, pasca pertandingan kami selalu mengadakan sebuah recovery training untuk para pemain yang kemarin full bermain. Kemudian untuk pemain yang tidak terlibat dalam laga [kontra PSIS Semarang] kemarin akan mendapatkan porsi latihan tambahan, ungkap Kartono seperti dikutip dari Bola.net.

Pertimbangan Segi Psikologis

Sebenarnya ada sebuah alasan utama mengapa tim kepelatihan dari PSS Sleman memilih tempat gym untuk menempa kebugaran pemain mereka. Salah satu alasan terkuat adalah untuk mempertimbangkan kondisi psikologis para pemain. Menurut Kartono, langkah ini adalah langkah alternatif yang akhirnya menjadi pilihan utama untuk melakukan recovery.

“Sebenarnya ini adalah sebuah langkah alternatif saja, tujuan sama yaitu untuk recovery kondisi pemain, sebab kemarin merupakan laga yang berat untuk kami,” jelas mantan pelatih Persib Bandung U-21 tersebut.

“Kegiatan ini kami ambil dengan memperhatikan sisi psikologis dari pemain, untuk itu kami membawa latihan recovery ini ke gym,” tambahnya.

Ketersediaan Alat Latihan

Di sisi lain, Kartono juga menjelaskan lebih jauh alasan mengapa gym menjadi pilihannya kali ini. Dia juga ingin memberikan pelatihan aerobik kepada para pemain PSS Sleman. Sebab untuk bisa mengembalikan stamina ke performa terbaiknya, butuh beberapa peralatan yang sebagian besar berada di tempat fitness.

“Kami juga membutuhkan beberapa equipment atau alat gym yang cukup banyak dan juga tempat yang luas. Oleh karena itu, kami mencoba melakukan latihan di tempat gym ini,” tandasnya.

Kartono Pramdhan sendiri bukanlah sosok sembarangan. Pria ini merupakan kunci sukses dari kepelatihan fisik PSS Sleman. Dia sudah berkecimpung di dunia kepelatihan fisik selama 12 tahun. Dia juga pernah menjadi staff kepelatihan fisik di Timnas Indonesia. Bisa dikatakan jika saat ini Kartono adalah tangan kanan dari I Putu Gede selaku pelatih baru PSS Sleman musim ini.

Posisi Klasemen Terbaru

Melihat hasil laga terbaru dari PSS Sleman, mereka baru saja menelan kekalahan atas PSIS Semarang dengan skor tipis 0:1. Sialnya pada laga krusial tersebut, PSS Sleman harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Syaiful Ramadhan mendapatkan kartu merah di menit ke-73. Gol semata wayang milik PSIS Semarang dicetak oleh Wallace Costa di menit kedua babak pertama.

Berkat kekalahan tersebut, PSS Sleman belum bisa beranjak dari peringkat ke-14 dengan mengoleksi 33 poin. Bahkan mereka kini menjadi salah satu dari lima tim yang siap saling sikut untuk selamat dari jurang degradasi. Keempat kontestan lainnya adalah, Persiraja Banda Aceh, Persela Lamongan, Persipura Jayapura, dan terakhir Barito Putera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here