Unik, Begini Cara Bali United Pantau Kekuatan Calon Lawannya Di AFC Cup

0
263
Sumber : baliutd.com

Debatbola.com – Bali United sejauh ini tetap menjalankan berbagai persiapannya jelang mengarungi AFC Cup bulan Juni mendatang. Tim sedang menjalani masa latihan yang diselenggarakan secara terpusat di pulau Bali.

Pantau Kekuatan Lawan Lewat Video

Bali United dalam persiapan tersebut tidak hanya mempersiapkan pemainnya dengan latihan fisik atau teknik seperti yang sudah-sudah. Akan tetapi mereka juga memantau kekuatan lawannya untuk mencari titik kelemahan.

Setelah mendapatkan titik terlemah calon lawannya itu maka taktik yang mumpuni bisa diterapkan oleh sang pelatih. Hal tersebut bertujuan untuk meraih kemenangan dengan memanfaatkan kelemahan lawan yang terlebih dahulu sudah diketahui.

Di tengah-tengah masa pandemi ini, jawara Liga 1 musim 2019/2020 itu mengaku sangat sulit melakukan pemantauan. Hal itu pun diakui oleh bek senior tim yang berjuluk Serdadu Tridatu, Leonard Tupamahu.

Pemain bertahan berusia 37 tahun tersebut mengakui bahwa saat ini dirinya sedang gencar-gencarnya mengumpulkan informasi tentang lawan-lawannya. Sang bek dengan segala keterbatasan memutuskan untuk menonton dan mempelajari cuplikan-cuplikan video pertandingan lawannya.

Leonard Tupamahu sendiri adalah bek paling senior di Bali United. Di usianya yang hampir berkepala empat, dirinya tetap berusaha menampilkan permainan terbaik dan menjaga fisiknya untuk bisa dimainkan sang pelatih.

Bek kelahiran Jakarta itu sudah malang melintang berkarir di dunia persepakbolaan tanah air. Dimana sang pemain bertahan bertinggi badan 179 cm itu paling lama bermain untuk Persija Jakarta. Yakni dari musim 2003/2004 hingga 2010/2011.

Prediksi Pemilihan Bek Tengah

Menjelang AFC Cup yang sebentar lagi akan bergulir ini. Leonard Tupamahu dipastikan akan menjadi bagian dari skuat senior Serdadu Tridatu. Meskipun untuk posisi utama diprediksi lebih banyak dimainkan oleh duet bek tengah tim yakni Willian Pacheco dan Gunawan Dwi Cahyo.

Juru taktik tim, Stefano Cugurra tampaknya lebih mempercayai kedua bek tengah tersebut. Hal itu terlihat dari pemilihan pemain yang dilakukan saat melakoni gelaran pramusim, Piala Menpora pada bulan April lalu.

Pada empat pertandingan Piala Menpora, Bali United dibawah asuhan Stefano Cugurra hanya memainkan Leonard Tupamahu dalam dua pertandingan saja. Bahkan dalam dua laga itu, sang pemain bertahan berusia 37 tahun tersebut hanya main 103 menit jika dijumlahkan.

Melvin Platje Bakal Balik Ke Bali United

Striker berkebangsaan Belanda, Melvin Platje dipastikan akan bermain kembali untuk Bali United setelah masa peminjaman ke klub Eerste Divisie. Eerste Divisie adalah liga level kedua di bawah Eredivisie yang mana berada di level teratas.

Striker berusia 32 tahun itu dipinjamkan ke De Graafschap sejak Februari 2021 silam. Namun klub yang meminjamnya itu dikabarkan tidak akan memperpanjang atau bahkan mempermanenkan status sang penyerang.

Apalagi De Graafschap telah gagal untuk promosi ke Eredivisie selepas hanya finish di posisi ketiga Eerste Divisie. Tim yang berjuluk De Superboeren itu memang berhak untuk tampil di babak playoff, namun mereka kembali gagal.

Skuat asuhan Richard Roelofsen tersebut tidak tampil impresif kala menghadapi Roda JC Kerkrade. Pada leg pertama yang dimainkan di Stadion De Vijverberg, markas mereka sendiri, De Superboeren tumbang dengan skor 2-3.

Sementara itu pada leg kedua, dimana Roda JC Kerkrade gantian berperan sebagai tuan rumah, laga berakhir imbang. Maka dengan berakhirnya pertandingan tersebut, maka gagal sudah harapan De Graafschap untuk masuk Eredivisie.

Melihat itu Melvin Platje tidak kecewa dengan hasil yang mereka dapatkan. Mantan penyerang VVV-Venlo tersebut tetap menghargai kerja keras klubnya dan sang pelatih yang sudah mengupayakan segalanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here