Uji Coba Penonton Babak Besar Liga 2, Suporter Persis Solo Layangkan Protes

0
58

Debatbola.com – Penonton yang memperoleh undangan untuk ikut menyaksikan pertandingan babak 8 besar Liga 2 musim ini ternyata masih harus merogoh kocek. Mereka masih harus mengeluarkan biaya sebanyak Rp 45.000. Uji coba penonton masuk Stadion dan menonton secara langsung di kancah sepakbola Indonesia mulai dilakukan di babak 8 besar Liga 2 musim ini.

Penonton Masih Harus Membayar

PT Liga Indonesia Baru selaku operator memang membatasi jumlah para penonton, sehingga setiap klub diberi jatah undang 100 suporter dalam setiap laga. Akan tetapi, untuk para penonton yang mendapat undangan ini ternyata tidak bisa datang dengan begitu saja.

Namun, mereka masih harus membayar sejumlah Rp 45.000 untuk biaya swab antigen. Akhmad Hadian Lukita mengatakan bahwa peraturan itu memang benar adanya. Para penonton harus membayar Rp45.000. Padahal, seharusnya mereka membayar Rp75.000.

Kini, untuk swab antigen penonton sudah disubsidi sebanyak Rp30.000. Lukita menegaskan bahwa mengenai biaya ini dirinya sudah melakukan komunikasi dengan pihak klub. Setidaknya selama belum turun bantuan dari pemerintah, maka PT LIB masih harus memberikan subsidi biaya tersebut.

Protes Antigen Harus Bayar

Mengetahui kabar ini, perwakilan supporter Persis Solo memberikan tanggapannya. Perwakilan supporter Persis Solo yang tergabung dalam B6 Surakartans itu mengaku kaget ketika harus membayar 45 ribu sebagai biaya antigen.

Sepengetahuan mereka, dari Solo mereka mendapat informasi bahwa undangan tersebut untuk menyaksikan babak 8 besar Liga 2 Indonesia semuanya gratis. Uji coba penonton di kancah sepakbola Indonesia memang sudah dimulai. Di mana uji coba ini dimulai dalam babak semi final Liga 2 musim ini.

Uji coba dimulai pada grup X dalam laga Sriwijaya FC VS Persiba Balikpapan. Kemudian dilanjutkan laga Persis Solo kontra Rans Cilegon. Dalam laga uji coba ini, PT LIB memang membatasi jumlah penonton. Yakni masing-masing klub diberi kuota 100 orang.

Mendengar kabar ini, segelintir supporter mengaku kaget. Hal ini lantaran meski mereka mendapat undangan untuk menonton, tetapi mereka harus membayar. Marten Oi, perwakilan B6 Surakartans mengatakan bahwa dirinya tadi membayar Rp 45.000 untuk setiap orang.

Dirinya juga menunjukkan tiket ketika akan antigen. Selama di Solo semua itu bisa dinikmati secara gratis. Dirinya menambahkan bahwa kemarin memang ada tiga perwakilan di Solo.

Marten pun berharap ke depannya biaya ini bisa dihapuskan. Terlebih ini masih bersifat undangan. Ia menegaskan bahwa sebelumnya dirinya hanya tahu jika supporter bisa datang dengan gratis. Dirinya mengaku kaget lantaran di Solo hal itu digratiskan, tetapi kini harus membayar.

Lantas dia pun mempertanyakan perbedaannya, bahkan Liga 1 dan Liga 2 tidak ada swab yang dikenai biaya. Dirinya pun berharap seharusnya antigen ini bisa digratiskan lantaran masih undangan. Sudah pengecualian jika tiket menonton membeli sendiri, maka bayar pun tak apa. Marten Oi benar-benar tidak bisa mengerti alasan bayar ini lantaran penonton diundang, bukan karena kemauan sendiri.

Gibran Kirim 4 Elemen Suporter

Memang dalam laga Persis Solo kontra Rans Cilegon, Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Surakarta memberangkatkan 100 suporternya. Hal ini sebagai uji coba perdana penonton pertandingan sepakbola babak semi final Liga 2, di Bogor.

Gibran mengatakan bahwa PSSI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga memutuskan untuk melangsungkan uji coba penonton. Uji coba itu berlangsung selama 15-22 Desember. Gibran mengirimkan empat armada bus dari Balai Kota Surakarta menuju Bogor. Persis Solo mengirim empat elemen supporter yakni Ultras, Garis Keras, Pasoepati dan Surakartan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here