UEFA Sarankan Semua Liga Bisa Berjalan Sebelum Juni

Debatbola.com – Semua Liga di Eropa sedang dihentikan sementara karena merebaknya virus corona. Hanya Liga Belarusia yang masih berjalan saat ini, karena mereka baru memulai liga.

Federasi Sepakbola Eropa, UEFA, memaklumi dan mewajarkan jika semua liga dihentikan sementara karena situasi memang tak memungkinkan untuk menggelar pertandingan. UEFA sendiri menunda Liga Champions dan Liga Europa hingga waktu yang tak ditentukan.

Meskipun begitu, UEFA meminta semua liga bisa kembali bergulir sebelum bulan Juni. Jika ada liga yang masih belum bergulir sampai Juni, UEFA meminta liga tersebut untuk tidak dilanjutkan alias langsung diakhiri. Hal itu berkaitan dengan agenda sepakbola Eropa secara menyeluruh.

“Kalau kita tidak bisa memulai kembali liga, maka musim ini dianggap hangus,” kata Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, pada La Repubblica. “Ada plan A, B, dan C. Ketiga opsi tersebut adalah mulai kembali pada pertengahan Mei, pada bulan Juni, dan pada akhir Juni.”

“Selain itu ada juga kemungkinan untuk memulai kembali dengan menghilangkan musim depan. Kami masih akan mencari solusi terbaik buat setiap liga dan semua klub,” sambung Ceferin.

Ceferin juga mengusulkan pada semua liga untuk menyiapkan opsi melanjutkan liga dengan pertandingan tanpa penonton. Yang jelas, ia meminta semua liga tetap berusaha memulai liga sesuai dengan agenda UEFA.

“Sulit membayangkan semua pertandingan harus digelar tanpa penonton, tapi kita masih belum tahu apakah kita akan melanjutkan liga atau tidak, dengan atau tanpa penonton. Kalau tidak ada alternatif lain, akan lebih baik untuk mengakhiri kompetisi (tanpa melanjutkan sisa musim ini).”

Liga-liga Eropa sendiri masih menyisakan 8 hingga 12 pertandingan untuk mengakhiri musim ini. Tapi tak hanya itu, masih ada piala domestik dan Liga Champions dan Liga Europa yang harus dijalani. Jika harus menjalani semuanya, bukan tak mungkin klub akan menjalani jadwal padat ketika liga kembali bergulir nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here