UEFA Minta Semua Liga Bisa Selesai Pada 30 Juni

Debatbola.com – Pandemi Virus Corona menyebabkan hampir semua liga domestik Eropa dihentikan sementara. Bahkan tak hanya liga domestik, Liga Champions dan Liga Europa pun terkena imbasnya karena terpaksa menunda laga, terkait merebaknya virus corona di sejumlah negara.

Masa depan akhir musim 2019/20 pun sempat tak menentu karenanya. Terlebih masih ada Piala Eropa 2020 yang rencananya digelar pada pertengahan 2020 mendatang.

Akhirnya UEFA mengambil sikap. Piala Eropa 2020 ditunda hingga pertengahan 2021 mendatang. Jeda kosong yang sebelumnya diisi jadwal Piala Eropa pun diharapkan UEFA bisa membuat liga-liga di Eropa bisa menyelesaikan kompetisi musim 2019/20, dengan tenggat sampai 30 Juni. 

Hal itu diumumkan UEFA pada Selasa (17/03) setelah mengadakan konferensi video. Keputusan itu pun dianggap cukup masuk akal karena banyak dari pemain-pemain Eropa yang kontraknya berakhir pada 30 Juni.

Surat keputusan yang sudah ditandatangani Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, itu sudah disebar ke seluruh negara UEFA. Keputusan juga sudah disepakati oleh Asosiasi Klub Eropa yang diwakili Andrea Agnelli, Liga Eropa yang diwakili Lars-Christer Olsson, dan FIFPro Eropa melalui Bobby Barnes. Mereka semua berharap kondisi segera membaik sehingga liga-liga Eropa bisa kembali dimulai. 

UEFA juga memberikan kemudahan pada setiap liga untuk mengatur jadwal domestik termasuk memberikan jadwal weekday yang biasanya menjadi waktu penyelanggaran Liga Champions dan Liga Europa. Nantinya setiap liga harus berkordinasi dengan UEFA agar bisa terjadi keseragaman liga antar negara yang lain. 

Untuk memberikan banyak waktu kosong, UEFA juga menunda Piala Eropa Perempuan, Piala Eropa U-21, dan Final Nations League ke tahun 20201. Meski begitu, UEFA masih belum menentukan tanggal turnamen-turnamen itu akan digelar. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here