UEFA Minta Para Pemain Berhenti Singkirkan Produk Sponsor Euro 2021

0
145
UEFA Minta Para Pemain Berhenti Singkirkan Produk Sponsor Euro 2021

Debatbola.com – Belakangan ini, aksi menyingkirkan botol sepertinya sedang menjadi tren di kalangan pesepakbola yang berlaga di kompetisi Euro 2020. Botol yang disingkirkan juga bukan botol biasa melainkan botol berisi produk sponsor kompetisi empat tahunan ini. Menanggapi ini, UEFA akhirnya angkat bicara dan meminta para pemain berhenti melakukan aksi ini.

Berbagai Aksi Singkirkan Produk Sponsor

Akhir-akhir ini, sebuah tren nampaknya sedang menghampiri beberapa pemain yang berlaga di kompetisi Euro 2020. Bukan tren busana, gaya bermain apapun, namun tren aktivitas yang unik. Aktivitas yang dimaksud adalah menyingkirkan botol dalam sesi jumpa pers, kendati botol yang disingkirkan itu adalah botol berisi produk buatan sponsor kompetisi.

Tren ini pertama kali dimulai dan mungkin diperkenalkan oleh Cristiano Ronaldo beberapa waktu lalu. Ronaldo kala itu hadir dalam momen jumpa media, bersama sang juru taktik Portugal Fernando Santos. Ronaldo pun kala itu menyingkirkan dua botol soda merk Coca-Cola dan mengangkat botol air biasa sambil menyarankan minum air, bukan soda.

Momen serupa kembali terulang dalam momen interview lainnya, dan kali ini, aktor utamanya adalah punggawa Prancis Paul Pogba. Pogba yang merupakan seorang muslim saat itu menyingkirkan botol bir Heineken yang memang merupakan produk sponsor Euro 2020. Padahal minuman bir itu diketahui memiliki kandungan nol alkohol.

Setelah Pogba dan Ronaldo, ada satu pemain lagi yang melakukan tren menghilangkan botol produk sponsor dalam jumpa media. Dia adalah punggawa andalan timnas Italia, Manuel Locatelli. Seperti halnya, Ronaldo, Locatelli juga menghilangkan minuman soda merk Coca-Cola dari pandangannya sebelum ia memulai momen tanya jawab bersama media.

Larangan UEFA

Kegiatan menyingkirkan produk sponsor mungkin bakal diikuti oleh pemain lain, tetapi UEFA akhirnya angkat bicara perihal tren ini. UEFA nampaknya tidak ingin ada lagi kejadian pemain menyingkirkan botol yang berisi produk keluaran sponsor UEFA Euro 2020. Karenanya, mereka pun meminta para pemain tidak melakukan tindakan semacam itu lagi.

Direktur turnamen Euro 2020 Martin Kallen mengatakan, seperti dikutip dari Sky Sports, bahwa UEFA sudah mendiskusikan masalah ini bersama dengan anggota mereka. UEFA sampai saat ini tak mau memberi hukuman apapun terkait hal ini. Mereka menyerahkan permasalahan ini sepenuhnya pada asosiasi sepakbola masing-masing negara.

Kellen juga menegaskan pentingnya sponsor untuk suatu kompetisi. Dirinya mengungkapkan bahwa sponsor bisa membantu keberlangsungan sebuah kompetisi. Kellen lalu menambahkan bahwa untuk suatu alasan, botol sponsor tak perlu ada di setiap sesi jumpa pers. Seperti pada kasus Pogba di mana tak perlu ada botol bir Heineken mengingat Pogba adalah muslim.

Aksi Dukung Sponsor Euro 2020

Tak mau kalah dari aksi menyingkirkan botol minuman sponsor, ada juga beberapa pemain, pelatih, ataupun staff yang justru menikmati kehadiran minuman-minuman itu. Seperti yang dilakukan Stanislav Cherchesov. Bertolak belakang dengan Ronaldo, Cherchesov justru menikmati soda Coca-Cola saat menghadiri jumpa awak media.

Gelandang Skotlandia John McGinn juga pernah berkelakar mengenai salah satu produk sponsor Euro 2020. Kala itu, McGinn tidak mendapati satupun botol minuman bersoda di ruangan interview pusat pelatihan tim. McGinn lalu tersenyum, sembari berkata, “Tidak ada soda?” dan membuat semua yang berada di ruangan itu ikut tertawa.

Kemudian, Timnas Belgia juga nampaknya menjadi salah satu tim yang menikmati soda yang menjadi salah satu sponsor Euro 2020. Pelatih Belgia Roberto Martínez mengungkapkan pemainnya sangat suka meminum soda. Merk Coca-Cola bahkan saat ini tercatat menjadi sponsor resmi dari Federasi Sepakbola Belgia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here