UEFA Larang Penggunaan Slogan Kontroversial di Jersey Euro 2020 Ukraina

0
207
UEFA Larang Penggunaan Slogan Kontroversial di Jersey Euro 2020 Ukraina

Debatbola.com – Jelang bergulirnya turnamen Euro 2020, timnas Ukraina justru menciptakan kontroversi lewat desain jersey yang akan mereka pakai. Rusia beberapa waktu lalu sudah melapor ke UEFA bahwa jersey Ukraina menggunakan banyak unsur politik di dalamnya. Kabar terbaru kini menyatakan bahwa UEFA meminta Ukraina menghapus salah satu unsur politik itu.

Polemik Jersey Euro Ukraina

Dalam setiap turnamen, atau ketika memasuki musim kompetisi baru, tiap tim pasti mengeluarkan jersey terbaru mereka. Tak ketinggalan, timnas Ukraina beberapa waktu lalu juga ikut merilis jersey yang akan mereka kenakan di Euro 2020 mendatang. Namun sampai saat ini, jersey tersebut masih meninggalkan polemik.

Jersey dengan nuansa kuning khas Ukraina itu sebelumnya telah memancing reaksi keras dari Rusia. Di dalam jersey Timnas Ukraina, terdapat siluet peta wilayah Ukraina, termasuk daerah Semenanjung Krimea. Rusia tidak terima dengan masuknya daerah tersebut ke jersey Ukraina karena mereka mengakui wilayah ini sudah mereka kuasai sejak tahun 2014.

Di samping itu, Rusia juga mempermasalahkan slogan yang terdapat dalam desain jersey timnas Ukraina. Slogan itu sendiri berbunyi “Slava Ukrayini – Heroiam Slava”, atau dalam bahasa Inggris berarti “Glory to Ukraine – Glory to the heroes.” Rusia bahkan mengadu ke UEFA dan mengatakan bahwa slogan tersebut bernuansa politik.

Respon UEFA Terkait Polemik

Menanggapi polemik jersey Ukraina untuk Euro 2020, UEFA sebelumnya sudah pernah membahas beberapa di antaranya. Perihal masuknya daerah Semenanjung Krimea, UEFA memperbolehkan Ukraina mempertahankan desain itu. Pasalnya daerah tersebut memang diakui dunia sebagai wilayah Ukraina, bukan wilayah Rusia.

Sementara itu, perihal slogan dalam desain jersey Ukraina, UEFA sebelumnya masih belum memberikan jawaban. Namun, baru-baru ini, UEFA nampaknya sudah mulai menemukan solusi terkait slogan tersebut. Organisasi sepakbola Eropa itupun meminta Ukraina menghapus slogan “Slava Ukrayini – Heroiam Slava” dalam jersey mereka.

Ukraina diminta menghapus slogan “Slava Ukrayini – Heroiam Slava” dalam jersey Euro 2020 mereka bukan tanpa alasan. UEFA menilai slogan tersebut adalah slogan yang mengandung unsur politik. Padahal setiap kontestan Euro 2020 diketahui tak diperbolehkan memasukkan unsur politik apapun ke dalam tim, terutama ke dalam jersey mereka.

Penolakan UEFA terhadap slogan “Slava Ukrayini – Heroiam Slava” dalam jersey Ukraina tentu saja membuat Rusia bahagia. Namun bagi Ukraina, keputusan ini tentu saja menjadi keputusan yang cukup mengecewakan. Pasalnya mereka mengaku bahwa UEFA sebelumnya sudah memberi izin semua unsur di dalam jersey mereka, termasuk slogan tersebut.

Bukan Slogan Biasa

Seperti dilansir dari The Athletic, slogan “Slava Ukrayini – Heroiam Slava” sendiri bukanlah slogan biasa. The Athletic mengatakan bahwa slogan ini adalah salam resmi yang dipakai pasukan militer Ukraina. Slogan ini juga memiliki sejarah panjang yang tercatat dimulai sekitar tahun 1930an.

Masih dari sumber yang sama, slogan “Slava Ukrayini – Heroiam Slava” dinilai muncul ketika gerakan nasionalis Ukraina pada abad ke-19. Slogan ini juga disebut sudah pernah muncul pada Perang Kemerdekaan Ukraina pada awal abad ke-20. Lalu pada 1930an, Organisasi Nasionalis Ukraina (OUN) menggunakannya sebagai seruan sayap kanan.

Tantangan Berat di Euro 2020

Dalam gelaran Euro 2020 mendatang, Ukraina sendiri bakal melalui fase grup yang terbilang tidak mudah. Ukraina bakal menempati Grup C, bersama dua negara kuda hitam, Austria dan Makedonia Utara. Di grup yang sama, ada juga Belanda yang baru saja melakukan comeback setelah pada edisi Euro 2016 tidak turut serta.

Perjalanan Ukraina di Euro 2020 bakal dimulai pada tanggal 14 Juni 2021, dengan laga menghadapi Belanda. Tiga hari berselang, atau pada 17 Juni 2021, mereka akan berhadapan dengan negara debutan, Makedonia Utara. Setelahnya, pada 21 Juni 2021, Ukraina akan menghadapi laga terakhir fase grup kontra Austria.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here