Tunda IYC 2021, Begini Alasan Anies Baswedan

0
71

Debatbola.com – Penyelenggaraan International Youth Championship (IYC) 2021 telah resmi untuk ditunda. Hal ini lantaran adanya kebijakan baru dari Pemerintah Indonesia terkait dengan program pencegahan adanya varian baru virus corona. Kebijakan baru ini membuat pihak penyelenggara sulit untuk menggelar turnamen sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya.

IYC Ditunda, Timnas U-16 Batal Tanding

Sebelumnya, IYC 2021 ini direncanakan akan digelar di Bali tepatnya di Stadion Kapten I Wayan Dipta dan Jakarta di Jakarta International Stadium pada 4 hingga 11 Desember 2021. Terdapat empat tim yang ikut berpartisipasi dalam ajang ini, yakni Barcelona U-18, Indonesia All Star, Atletico Madrid U-18 dan Real Madrid U-18.

Event ini diselenggarakan dengan tujuan bisa lebih mensosialisasikan bahwa pariwisata Indonesia sudah aman untuk dikunjungi. Terlebih, Bali juga merupakan salah satu ikon pariwisata Indonesia.

Tidak hanya itu, IYC 2021 juga menjadi bagian dari soft launching Jakarta International Stadium yang merupakan stadion modern terbaru di Ibu Kota. Chairman Pancoran Soccer Filed, Gede Widiade selaku penyelenggara turnamen ini mengatakan bahwa pihaknya baru saja mendapatkan pemberitahuan ini secara mendadak ketika mendekati tanggal penyelenggaraan.

Meskipun begitu, pihaknya menghormati keputusan pemerintah Indonesia dan memutuskan untuk menunda event International Youth Championship 2021. Karena bagaimanapun, kesehatan adalah prioritas utama. Seperti yang telah diketahui bahwa seluruh tim peserta sebetulnya telah melakukan persiapan untuk mengikuti IYC 2021 ini.

Tim Indonesia All Star yang dibesut oleh Ilham Romadhona pun telah siap untuk berlaga. Akan tetapi, dengan adanya keputusan ini, tim yang diperkuat oleh beberapa pemain Tim Nasional Indonesia U-16 itu harus menunda keinginannya untuk bertanding kontra tiga klub papan atas Spanyol.

Ungkap Alasan Anies Baswedan

Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan menyampaikan alasannya menunda hajat internasional itu lantaran mencegah adanya varian virus Omicron masuk ke Indonesia. Keputusan penundaan itu telah ditetapkan sesuai dengan arah kebijakan pemerintah pusat.

Hal ini lantaran pemerintah pusat memutuskan bahwa seluruh kegiatan olahraga dan kebudayaan yang melibatkan orang asing dan berpotensi mendatangkan orang banyak tidak diperbolehkan untuk sementara.

Pihaknya telah menyampaikan kepada Pancoran Superfield untuk menangguhkan seluruh rangkaian acara pelaksanaan turnamen IYC 2021 ini. Penundaan tersebut dilakukan semata-mata untuk menjaga kesehatan dan keselamatan seluruh pihak yang ikut dalam pelaksanaan IYC 2021. Ini juga termasuk seluruh warga masyarakat Indonesia.

Gubernur Bali, Wayan Koster berharap bahwa penundaan ini tidak berjalan lama dan dapat segera dilaksanakan pada pertengahan Januari 2022. Dalam konferensi pers secara virtual, dirinya menyatakan bahwa arahan dari pemerintah pusat itu sudah sangat bijak. Dengan memprioritaskan aspek kesehatan untuk melindungi Indonesia dari munculnya virus varian baru.

Jika hal ini terjadi bisa mengakibatkan dampak negatif terhadap lonjakan kasus. Jika sudah begitu maka akan lebih sulit lagi untuk dikendalikan. Terlebih, ekonomi yang sudah sedikit menggeliat bisa semakin jauh dari upaya pemulihan dengan cepat.

Wayan berharap masyarakat memahami kebijakan penundaan ini. Selain itu, kedepannya Indonesia tidak mengalami lonjakan kasus sehingga turnamen IYC bisa segera digulirkan pada pertengahan Januari 2022.

Wayan menambahkan bahwa dirinya tahu jika banyak sekali yang ingin melihat jalannya IYC 2021, tapi sayangnya masih belum terlaksana. Pihaknya sangat memahami hal tersebut demi keselamatan masyarakat. Tentu pihaknya sangat memaklumi itu.

Rencananya, IYC ini direncanakan dalam pertandingan fase grup yang digelar di Bali 4-8 Desember. Lalu, laga final dan perebutan tempat ketiga digelar di Jakarta International Stadium pada 11 Desember.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here