Tumbangkan Mesir, Brasil Lanjut Semifinal

0
113

Debatbola.com – Brasil sukses menembus babak perempat final sepakbola Olimpiade Tokyo 2020 setelah memuncaki klasemen grup D dengan mengemas 7 poin dari 3 pertandingan. Mereka menemani Pantai Gading dalam fase perempat final dimana wakil dari benua Afrika itu finish sebagai runner up.

Selecao harus menghadapi Mesir yang juga lolos ke babak perempat final. Negara yang berlokasi di Afrika Utara itu lolos setelah menjadi runner up C. Dengan perolehan 4 poin dari total 3 pertandingan yang dijalani.

Kemenangan Diraih Tanpa Babak Pertambahan Waktu

Bermain di babak perempat final melawan Mesir, Brasil tidak sungkan-sungkan langsung tancap gas duluan. Tim asal Amerika Selatan itu tampil sangat ngotot guna memperoleh tiket lolos ke babak semifinal. Sementara The Pharaohs mengancam lewat serangan balik.

Peluang emas pertama datang dari Mesir lewat Akram Tawfik yang memanfaatkan bola muntah hasil clearance kurang sempurna bek Brasil, Mino. Gelandang bertahan berusia 23 tahun tersebut sukses menyundul bola namun Santos sigap menangkap bola.

Setelah peluang emas dari skuat The Pharaohs, Selecao terus-terusan menggempur pertahanan musuhnya. Peluang tercipta lewat kreasi umpan silang dari pemain sayap dan kecepatan penyerang tim, Matheus Cunha.

Gol yang ditunggu-tunggu pemain dan jajaran staf timnas Brasil hadir pada menit ke-37 lewat kaki Matheus Cunha. Penyerang yang bermain untuk Hertha Berlin itu sukses membuat gol lewat tendangan langsung dari dalam kotak penalti.

Dirinya yang tanpa pengawalan bisa bebas menendang bola dengan zona tembak yang sangat nyaman. Berkat golnya itu pun barisan pertahanan The Pharaohs mendapatkan hukumannya. Kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan skuat asuhan Andre Jardine.

Menjelang babak pertama usai di bursa inter303, timnas Brasil mendapatkan satu peluang emas lagi lewat skema tendangan bebas dari jarak yang dekat. Sayang Douglas Luiz yang menjadi eksekutor, tendangannya masih melebar. Skor sementara masing-masing kubu tetap 1-0 hingga masa rehat.

Brasil Tembus Semifinal

Kembali turun di ronde kedua setelah babak rehat, Brasil tidak mengendorkan serangan. Terlebih Mesir yang ketinggalan mencoba terus-terusan mengancam pertahanan musuh yang dikomandoi oleh Diego Carlos dan Mino.

Peluang hadir kembali untuk timnas Brasil pada menit ke-46 atau semenit setelah babak kedua dimulai. Penyerang tim, Matheus Cunha menjadi pemain yang mencatatkan peluang tersebut. Namun sangat disayangkan, dirinya yang tinggal berhadapan dengan kiper lawan tidak sanggup menyelesaikan peluang dengan sempurna.

Mesir sempat tertekan sejak babak kedua dimulai hingga pertengahan babak, pertahanan mereka habis digempur lini serang Selecao. Terlihat wakil Amerika Selatan itu masih belum puas dengan satu gol yang diraihnya di babak pertama.

The Pharaohs mendapatkan peluang pada menit ke-70 lewat serangan balik cepat dari sisi kanan. Winger tim, Salah Monsen sukses menembus pertahanan sisi kiri musuhnya. Setelah masuk ke kotak penalti winger berusia 22 tahun tersebut langsung membuat sepakan ke arah gawang yang dijaga Santos.

Namun kiper berusia 31 tahun itu masih terlalu tangguh. Hingga ronde kedua selesai tidak ada gol lagi yang lahir untuk masing-masing tim. Pengadil lapangan yang bertugas, Chris Beath pun sukses menjalankan tugasnya di hari itu dan mengeluarkan satu pemenang.

Brasil pun lolos ke babak semifinal setelah gol tunggal Matheus Cunha tidak mampu dibalas oleh punggawa The Pharaohs. Selecao pun telah ditunggu oleh Meksiko yang menang besar atas wakil Asia, Korea Selatan.

El Tri menang besar dengan skor akhir 6-3, sebuah pertandingan yang fantastis dimana 9 gol tercipta dalam satu laga. Skuat asuhan Andre Jardine patut mewaspadai para pemain Meksiko yang tampil impresif. Hal itu agar mereka bisa mempertahankan gelar juara yang diraihnya tahun 2016 silam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here