Tuan Rumah Jepang Melaju Ke Babak Semifinal

0
124

Debatbola.com – Tuan rumah Jepang sukses melangkah ke babak semifinal sepakbola pria Olimpiade Tokyo setelah menaklukkan Selandia Baru lewat adu penalti. Sebelumnya Samurai Biru berhasil memuncaki klasemen grup A setelah tiga pertandingan sukses disapu bersih dengan kemenangan.

Sementara lawannya, Selandia Baru menjadi lawan Jepang di babak perempat final setelah menjadi runner up grup B. Tim yang berjuluk All Whites ini menemani Korea Selatan yang lolos sebagai pemuncak klasemen.

Pertandingan Waktu Normal Belum Cukup

Bertanding di depan mata pendukung sendiri membuat Jepang mengemban misi harus menang. Sementara lawannya juga tidak ingin langkah sia-sia dengan menjadi pecundang pada pertandingan kali ini. Tiket ke semifinal menjadi target kedua tim.

Kedua tim bermain dengan pressing ketat dan saling jual serangan sejak awal pertandingan. Timnas Jepang memanfaatkan serangan dari sisi kanan yang digagas oleh Ritsu Doan. Winger PSV Eindhoven itu seringkali menciptakan peluang lewat umpan silangnya.

Akan tetapi para penyerang Samurai Biru seperti Daichi Hayashi dan Takefusa Kubo selalu gagal mengonversi peluang menjadi gol. Serangan selalu mandek sebab tendangan mereka sering melambung dari target. Jika tidak barisan pertahanan Selandia Baru yang sigap menghalau bola crossing tersebut.

Peluang emas untuk Jepang tercipta pada menit ke-34 kali ini berkat pergerakan dari sisi kiri yang dilakukan oleh Yuki Soma. Pemain sayap Nagoya Grampus itu sukses menembus pertahanan tim dan mengumpankan bola kepada Ritsu Doan.

Sayangnya bola hasil umpan Yuki Soma tidak mengenai posisi terbaik dari winger PSV Eindhoven itu. Alhasil tendangannya pun tidak sempurna dan bola melambung jauh dari gawang yang dijaga oleh Michael Woud.

Sementara tim All Whites kesulitan menembus pertahanan tangguh yang dibangun oleh duet Maya Yoshida dan Takehiro Tomiyasu. Peluang terbaik mereka hadir pada menit ke-35 atau semenit setelah peluang emas tuan rumah.

Callan Elliot, winger sayap kanan Selandia Baru sukses menembus pertahanan sisi kiri Samurai Biru berkat pergerakannya. Dengan segenap kekuatan dan keakuratannya dirinya melakukan umpan silang menuju Chris Wood.

Penyerang Burnley tersebut pun langsung mencoba menendang bola dengan sekuat-kuatnya ke arah gawang yang dijaga Kosei Tani. Namun, keakuratan menyelesaikan peluang menjadi kelemahan masing-masing tim di laga ini. Hingga babak pertandingan waktu normal selesai di bursa inter303, sayangnya tak ada gol yang tercipta.

Adu Penalti Menjadi Solusi

Setelah babak waktu normal selesai, Ismail Elfath wasit yang bertugas pun memutuskan untuk memperpanjang waktu bermain. Kembali lagi di masa pertambahan waktu ini tidak ada gol yang tercipta.

Maka babak adu penalti pun menjadi solusi untuk bisa menghadirkan pemenang. Masing-masing penendang dari Jepang sukses menggetarkan gawang yang dikawal oleh Michael Woud. Keempat pemain itu adalah Ayase Ueda, Ko Itakura, Yuta Nakayama serta Maya Yoshida.

Sementara eksekutor dari Selandia Baru mengalami dua kali kegagalan dalam mengeksekusi tendangan penalti dari empat kesempatan. Dua pemain yang berhasil adalah Chris Wood dan Callum McCowatt sedangkan pemain yang gagal adalah Liberato Cacace serta Clayton Lewis.

Berkat hasil itu Jepang sukses melangkah ke babak selanjutnya dan akan sudah ditunggu oleh tim bertabur bintang, Spanyol. Kedua tim akan saling tarung pada Selasa (3/8) mendatang untuk merebut tiket ke babak final.

Timnas Spanyol sendiri berhasil mengalahkan Pantai Gading dengan menggunakan babak pertambahan waktu setelah waktu normal tidak membantu. Tiga gol dari Rafa Mir serta masing-masing satu gol Mikel Oyarzabal dan Dani Olmo membawa timnya melaju ke babak semifinal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here