Transformasi Jadi Bek Tengah, Ini Kata Wildansyah

0
34

Debatbola.com – Adanya perubahan posisi pada setiap peran pesepakbola merupakan hal yang lumrah. Hal ini ternyata juga terjadi di sepakbola Indonesia. Tidak jarang seorang pemain berubah posisi atau yang biasa dikenal dengan istilah transformasi. Wildansyah ternyata juga mengalami hal tersebut dimana sang pemain yang semula seorang bek sayap kemudian menjadi bek tengah yang tangguh.

Fenomena transformasi posisi seorang pemain ini dikatakan Wildansyah sebagai salah satu langkah dirinya untuk tetap memenuhi permintaan tim dan pelatih khususnya. Wildansyah semula adalah pemain yang dikenal sebagai bek kanan. Sang bek kemudian juga membuat kuat lini pertahanan Persib Bandung.

Akan tetapi, musim 2020 lalu mengubah peran yang dilakoninya. Wildan lebih sering dijadikan bek tengah pada saat memperkuat Borneo FC. Posisi bek tengah ini pun paten dijadikan sebagai peran baru bagi Wildansyah hingga saat ini. Bahkan, namanya sudah menjadi andalan di skuad Borneo FC dan merupakan salah satu bek tengah teruji di tanah air.

Menikmati Perannya

Perubahan peran sebagai bek tengah tak membuat Wildansyah merasakan penyesalan. Sang pemain tampaknya menikmati performa barunya ini sebagai salah satu penampilan terbaik. Wildan merasa prinsip sebagai pemain bertahan tampaknya tidak terlalu berbeda. Hal ini dijadikan alasan sang pemain yang tidak terlalu memikirkan perubahan posisi tersebut.

Wildansyah juga dinilai sang pelatih sebagai salah satu pemain yang gampang beradaptasi. Sejauh ini, penampilannya sebagai bek tengah tak pernah mengecewakan. Gampangnya, sang pemain selalu mengikuti arahan yang diberikan oleh pelatihnya tersebut.

Prinsip adaptasi adalah salah satu senjata bagi pemain sepakbola dalam menuruti arahan pelatih. Hal ini yang dijadikan Wildansyah sebagai pedoman untuk melengkapi performanya di level tertinggi. Sebagai pemain belakang, Wildan meyakini dirinya harus siap dalam berbagai posisi yang diminta oleh sang manajer.

Saat ini, Borneo FC seringkali menggunakan formasi 3-5-2 dalam kesempatan bertanding reguler. Nama Wildansyah pun kerap menjadi starter untuk pertandingan yang dijalani tersebut. Posisi bek tengah diperankan dengan baik oleh pemain yang satu ini. 

Pelatih Borneo FC menganggap apa yang diarahkan pada Wildansyah nantinya mampu membuat sang pemain bisa berperan di banyak posisi lini belakang. Dukungan ini cukup membuat Wildan semakin optimis di musim depan.

Ada Contoh Lain

Tak hanya Wildansyah yang mengalami perubahan peran pada posisi bek tengah. Salah satu nama yang bisa menjadi contoh lain adalah Marckho Meraudje. Sosoknya merupakan pemain bek tengah yang diandalkan oleh Madura United. Peran tersebut kemudian dimaksimalkan sejak memperkuat PSS Sleman di musim ini.

Markcho Meraudje mampu memerankan posisi bek tengah utama PSS Sleman tersebut. Posisi yang sempat diperkuat oleh Mario Maslac dan dua bek tengah milik PSS lainnya yang sudah kian menua. Penampilan Marckho Meraudje mampu bersaing dengan panas di skuad asal Sleman tersebut.

Cara bermain Markho Meraudje sedikit berbeda. Sang pemain dianggap punya karakter berbeda dan selalu agresif untuk maju dan membantu serangan. Tak hanya itu, bek PSS ini kerap bertukar peran sebagai bek kanan asli yang sebelumnya diisi oleh Bagus Nirwanto. Tak pernah mengecewakan, pertukaran posisi ini pun menjadi salah satu kekuatan PSS.

Markcho Meraudje merupakan salah satu bek yang dianggap mampu membaca situasi dengan baik. Mantan pemain Sriwijaya FC tersebut juga mengaku nyaman dengan penampilannya saat ini. Semakin paham dengan karakter bermain para rekannya, Marckho tak pernah absen membantu serangan dan tidak goyah saat melakukan pengamanan di lini belakang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here