Tottenham Pecat Jose Mourinho

0
239
Tottenham Pecat Jose Mourinho
Sumber : https://images.outlookindia.com/public/uploads/articles/2021/4/19/Jose-Mourinho-Applauds-AP_571_855.jpg

Debatbola.com – Di tengah prahara soal European Super League (ESL), Tottenham Hotspur juga mencuri perhatian khalayak. Bukan hanya karena mereka turut serta dalam ke-12 klub yang siap berlaga di ESL, melainkan juga mereka baru saja memutuskan untuk memecat sang manajer, Jose Mourinho.

Ya, satu hari tepat setelah diumumkannya rencana ESL, Spurs secara resmi berpisah dengan Mourinho. Menariknya lagi, meski memang kursi kepelatihannya memang sedang tidak aman, pemecatan ini terjadi kurang dari satu pekan jelang laga final Piala Liga antara Tottenham vs Manchester City.

Mourinho datang ke Spurs pada November 2019. Ia menggantikan Mauricio Pochettino yang juga kurang memberikan hasil positif di awal musim 2019/20. Pelatih asal Portugal itu meneken kontrak empat tahun hingga 2023.

Namun kontraknya berakhir lebih cepat. Spurs saat ini berada di peringkat ketujuh liga. Mereka terpaut 24 poin dari pemuncak klasemen sementara Manchester City. Untuk ke zona Liga Champions, mereka juga harus bersaing dengan klub-klub lain seperti Leicester City, West Ham United, Chelsea, Liverpool, dan Everton.

Selain itu, Spurs juga sudah tersingkir di Liga Europa. Tragisnya, The Lilywhites disingkirkan tim non-unggulan, yakni wakil Kroasia Dinamo Zagreb. Di enam laga terakhir di segala kompetisi, Spurs hanya menang sekali.

Pemilik Tottenham, Daniel Levy, berterima kasih pada segala kontribusi Mourinho dalam 17 bulan bersama Spurs. Namun memang ada beberapa hal yang membuatnya harus mengambil keputusan berat ini.

“Jose dan staf pelatihnya telah melalui tantangan terberat pada klub bersama kami sebagai sebuah klub. Jose adalah sosok yang benar-benar profesional dan telah menunjukkan kemampuannya selama pandemi,” kata Daniel Levy dalam laman resmi Spurs.

“Dalam level personal, aku sangat suka bekerja dengannya dan menyesal bahwa segalanya tak berjalan sesuai dengan yang diharapkan bagi kami berdua. Dia akan selalu disambut di sini dan kami ingin berterima kasih padanya dan staf pelatihnya atas kontribusi mereka.”

Selain Mourinho, Spurs memang memecat Joao Sacramento, Nuno Santo, Carlos Lalin, dan Giovanni Cerra yang merupakan para pelatih bawaan Mou. Untuk sementara Spurs akan dipimpin oleh pelatih akademi, Ryan Mason.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here