Tolak Tottenham Hotspur, Adama Traore Sah Gabung Barcelona

0
155

Debatbola.com – Lini penyerangan Barcelona bertambah lagi setelah kedatangan Ferran Torres pada awal Januari kemarin. Kini winger Wolverhampton Wanderers, Adama Traore dipastikan telah setuju untuk bergabung ke skuat Catalan.

Pemain berusia 26 tahun tersebut berlabuh ke mantan klubnya, Barcelona sebagai pemain pinjaman hingga akhir musim mendatang. Kubu El Barca sepakat membayarkan sisa gajinya hingga masa peminjaman sang pemain habis di bulan Juni.

Di dalam perjanjian juga terdapat opsi pembelian walau tidak wajib di akhir musim nanti. Apabila manajemen Barcelona tertarik, mereka harus membayarkan dana sebesar 30 juta Euro ditambah bonus guna mempermanenkan status Adama Traore.

Kembali Ke Rumah

Adama Traore sudah menghabiskan tujuh musim di luar Spanyol ketika dilepas Barcelona menuju Aston Villa pada Agustus, 2015 silam. Skuat Catalan menjualnya ketika sang pemain masih berusia 19 tahun dan mendapatkan dana segar 10 juta Euro.

Padahal waktu itu harga pasar sang winger berkisar di angka 5 juta Euro. El Barca mendapatkan keuntungan dua kali lipat dari harga tersebut. Di klub berjuluk The Villas itu, sang pemain hanya bermain selama 12 kali dan melahirkan 1 gol dan 2 assist.

Setelah satu musim di Aston Villa, winger berdarah Mali itu melanjutkan karirnya di Middlesbrough. Dimana Adama Traore diboyong ke klub Divisi Championship tersebut seharga 8.25 juta Euro. Atau turun 1.75 juta Euro dari harga beli sebelumnya.

Di sana dirinya bermain 71 kali dan mengalami perkembangan dalam segi permainan. Sang winger berhasil menciptakan 5 gol dan 13 assist untuk klubnya. Kerjasamanya bersama Middlesbrough harus berakhir pada Agustus, 2018.

Ketika itu dirinya memutuskan untuk hijrah ke Wolverhampton Wanderers, klub induknya. Harga sebesar 20 juta Euro dibayarkan oleh manajemen klub tersebut untuk menebusnya. Pengorbanan klub tidak sia-sia lantaran di klub berjuluk The Wolves itulah karir Traore kian bersinar cemerlang.

Winger kelahiran L’Hospitalet de Llobregat itu menjadi tumpuan tim dalam menyerang. Dirinya telah diturunkan sebanyak 154 kali oleh Wolverhampton Wanderers dan menyumbangkan 11 gol dan 18 assist.

Hingga di jendela transfer musim dingin ini, Adama Traore sepakat meninggalkan Wolverhampton Wanderers guna bergabung bersama Barcelona. Kabarnya sang pemain telah menjalani tes medis di Barcelona dan akan mulai latihan bersama punggawa tim.

Menolak Tottenham Hotspur

Sebelum bergabung bersama Barcelona, dilaporkan bahwa Tottenham Hotspur sempat melayangkan minatnya pada Adama Traore. Klub berjuluk The Lilywhites itu juga telah menawarkan kontrak permanen dan gaji besar kepadanya.

Akan tetapi Adama Traore lebih memilih kembali ke klub tanah kelahirannya, Barcelona. Padahal El Barca hanya memintanya untuk bergabung dengan status pinjaman serta menerima gaji sebesar 15 ribu Euro. Sangat jauh jika dibandingkan dengan jumlah tawaran gaji 120 ribu Euro di Tottenham Hotspur.

Kabarnya Adama Traore lebih memilih tawaran Barcelona lantaran ingin membela klub tempatnya mengawali karir. Selain itu dirinya juga menginginkan adanya kesempatan bermain karena di Tottenham Hotspur lebih banyak saingan di sektor penyerangan.

Lucas Moura serta Heung-min Son senantiasa menjadi andalan Antonio Conte dan akan terus dipakai sebagai starter. Sehingga tidak memungkinkan dirinya menjadi pilihan pertama. Sementara di skuat Catalan, Xavi Hernandez sedang mengalami krisis winger dan sering menggunakan pemain-pemain junior yang kurang berpengalaman.

Kemudian dengan bergabung bersama Barcelona, winger tersebut juga merasa lebih besar mendapatkan kesempatan bergabung dengan timnas Spanyol. Di El Barca dirinya juga bisa lebih dekat bersama rekan-rekannya di timnas Spanyol. Dimana terdapat Pedri, Sergio Busquets, Eric Garcia dan Ferran Torres yang baru bergabung beberapa waktu lalu. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here