Todibo Resmi Ke Klub Prancis, Barcelona Dapat Kucuran Dana Segar

0
108
Todibo Resmi Ke Klub Prancis, Barcelona Dapat Kucuran Dana Segar

Debatbola.com – Jean Clair Todibo menjadi pemain yang masuk dalam daftar transfer list Barcelona. Pemasukan dana dari penjualan pemain begitu sangat dibutuhkan oleh klub asal Catalan ini guna menstabilkan neraca keuangan klub.

Jalan Panjang Todibo

Sebenarnya pemain bertahan asal Prancis ini sudah lebih dulu hengkang dari El Barca sejak Januari 2020 lalu. Pemain asli binaan akademi Toulouse ini dipinjamkan ke beberapa klub seperti Schalke 04, Benfica dan yang terakhir OGC Nice.

Barcelona sendiri dulu merekrutnya dari tim masa kecilnya, Toulouse pada bursa transfer musim dingin 2019 silam. Jean Clair Todibo diangkut manajemen El Barca dengan total biaya transfer sebesar 1 juta Euro.

Semusim kemudian lantaran tidak mendapatkan tempat dan menit bermain yang cukup, dirinya dipinjamkan ke Schalke 04. Klub yang berjuluk Die Koenigsblauen tersebut mendaratkannya ke Jerman dengan biaya sebesar 1.5 juta Euro.

Bergabung sejak pertengahan musim 2019/2020, pemain bertahan berusia 21 tahun tersebut sukses diturunkan di sepanjang 10 pertandingan. Cedera menjelang akhir musim membuat bek keturunan Guyana ini harus absen dari permainan.

Sementara itu Schalke 04 yang mempunyai opsi pembelian sang pemain tidak menggunakannya. Alhasil, Jean Clair Todibo pun harus kembali ke klub induknya, Barcelona. Oktober 2020, Benfica yang gantian meminjam bek bertinggi badan 190 cm ini.

Hanya tiga bulan bermarkas di Estadio Da Luz, pemain bertahan tersebut langsung dikembalikan ke pihak El Barca. Tampaknya pelatih Benfica tidak senang terhadap sikap sang pemain tersebut. Alhasil, dirinya hanya diturunkan dalam dua laga saja bersama klub Portugal itu.

Beberapa hari setelahnya, OGC Nice menjadi pelabuhan baru bagi Jean Clair Todibo. Klub yang berlaga di Ligue 1 tersebut meminjamnya dengan masa bermain semusim ke depan. Pulang kampung, sang pemain langsung menjadi andalan klub di lini pertahanan.

Semusim bermain di OGC Nice, dirinya total dimainkan sebanyak 17 kali oleh sang pelatih, Adrian Ursea. Mantan bek Benfica itu dipasangkan bersama Wiliam Saliba di jantung pertahanan Les Aiglons sebagai tandemnya. Hingga musim berakhir, dirinya kini telah resmi dipermanenkan klubnya.

Akhirnya Todibo Dapat Rumah Tetap

Setelah menempuh perjalanan panjang dan hidup secara nomaden, bek berusia 21 tahun ini akhirnya mendapat kepastian. Barcelona yang telah berniat menjualnya sejak musim lalu, telah melepas kepergian mantan bek potensial itu.

Manajemen OGC Nice yang melihat sang pemain bermain dengan baik selama setengah musim di klubnya itu langsung meminangnya. Dana sebesar 8 juta Euro plus tambahan 7 juta Euro menjadi mahar sang pemain.

Pihak Barcelona pun telah resmi mengumumkan kepindahan Jean Clair Todibo di akun media sosial klub. Mereka juga tidak lupa memberikan ucapan selamat tinggal dan terima kasih kepada bek yang direkrut dari Toulouse ini.

Dengan begitu Barcelona pun telah mendapatkan pemasukan dari penjualan pemain pertamanya ini. Kini skuat yang berjuluk El Barca itu tengah berbenah untuk menyambut musim yang akan datang. Persaingan yang ketat di La Liga bakalan kembali ditempuh oleh klub.

Merebut trofi dari sang juara bertahan, Atletico Madrid menjadi tujuan utama klub yang bermarkas di Camp Nou ini. Sembari juga menjaga persaingan dengan musuh bebuyutannya, Real Madrid. Belum lagi ditambah persaingan antar klub-klub Eropa di Liga Champions.

Dimana pada beberapa musim terakhir ini, El Barca selalu tersingkir lebih cepat. Maka dari itu skuat yang dinahkodai oleh Ronald Koeman ini membutuhkan dana untuk merombak skuat dengan mendatangkan pemain baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here