Timnas U-19 Tidak Menang, Begini Komentar Shin Tae-yong

0
50

Debatbola.com – Selama berada di Korea Selatan, Indonesia sudah 5 kali bermain dengan hasil kurang memuaskan. Meskipun demikian, dalam 5 laga uji coba di Korea Selatan, Tim Nasional Indonesia U-19 terlihat sudah bisa bermain lebih baik dari laga-laga sebelumnya. Pelatih Shin Tae-yong juga mengomentari dengan baik bagaimana anak asuhnya bermain, meskipun belum pernah meraih kemenangan.

Hasil Imbang

Dalam laga yang mempertemukan Timnas U-19 dengan klub asal Korea Gimcheon Sangmu FC, Indonesia tidak berhasil meraih kemenangan. Skuad Garuda Muda harus menerima hasil imbang 2-2. Gol Timnas Indonesia berhasil dibukukan oleh Subhan Fajri pada menit ke 37 dan Muhammad Rafli Asrul pada menit ke 57.Dengan hasil tersebut Shin Tae-yong menilai bahwa pemain sudah bermain dengan baik.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut juga mengatakan timnya semakin baik dari sebelum-sebelumnya. Bahkan sebenarnya bisa dikatakan Indonesia memiliki banyak peluang yang bisa berbuah menjadi gol. Namun sayang, dalam proses finishing hanya 2 peluang yang berbuah menjadi gol. Pertandingan ini menjadi satu-satunya hasil imbang Indonesia U-19 saat ini dalam ajang uji cobanya di Korea Selatan.

Sebelumnya Tim Nasional Indonesia meraih hasil positif kemenangan 1 kali dan 3 kali hasil imbang yang digelar di luar Korea Selatan. Dalam laga selanjutnya diharapkan Indonesia berhasil meraih kemenangan melawan Pohang U-18.

Shin Tae-yong Memaklumi

Dengan hasil imbang yang diperoleh Indonesia, Shin Tae-yong tidak mengaku kecewa, melainkan sudah memaklumi. Dirinya juga tidak mengkhawatirkan penampilan anak asuhnya dengan hasil imbang tersebut. Shin Tae-yong berpendapat bahwa kualitas fisik dari anak asuhnya kurang sehingga tingkat fokusnya menurun.

Dalam komentarnya, Shin Tae-yong menjelaskan bahwa hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena masalah Timnas U-19 tidak di skillnya. Untuk skill timnas sudah bisa dikatakan baik. Problem yang sebenarnya ada di fisik dan stamina. Shin Tae-yong menambahkan dengan fisik yang kurang, tingkat fokus pemain akan berkurang.

Pelatih asal Negeri Ginseng tersebut melanjutkan komentarnya bahwa hal tersebut lebih mudah diperbaiki dibandingkan problem lainnya. Shin Tae-yong juga berjanji akan memperbaiki persiapan timnya dalam setiap laga yang akan berlangsung. Dengan begitu Indonesia akan memperoleh hasil lebih baik lagi dibanding laga-laga sebelumnya.

Catatan Pertandingan Timnas U-19

Dalam tournya di Korea Selatan, Tim Nasional Indonesia berlaga di dua kota yaitu Yeongdeok dan Kota Daegu. Sejauh ini anak asuh Shin Tae-yong sudah berlaga sebanyak 5 kali. Kini tersisa 4 laga uji coba yang belum dilakoni. Total ada 9 laga dan bisa saja bertambah 1 persahabatan antara Tim Nasional Indonesia U-19 dengan klub-klub sepak bola lokal Korea Selatan.

Dari 5 laga yang sudah dijalani, berikut ini rincian hasil pertandingannya :

  • 22 Maret 2022 Tim Nasional Indonesia U-19 1-5 Universitas Yeungnam
  • 25 Maret 2022 Tim Nasional Indonesia U-19 0-7 Korea Selatan U-19
  • 27 Maret 2022 Tim Nasional Indonesia U-19 2-1 Universitas Daegu
  • 29 Maret 2022 Tim Nasional Indonesia U-19 1-5 Timnas Korea Selatan
  • 5 April 2022 Tim Nasional Indonesia 2-2 Kimcheon Sangmu U-18

Sedangkan untuk 4 laga yang akan dijalani, Indonesia akan berhadapan dengan tim berikut :

  • 6 April 2022 Tim Nasional Indonesia U-19 Vs Pohang U-18
  • 7 April 2022 Tim Nasional Indonesia U-19 Vs Daegu
  • 9 April 2022 Tim Nasional Indonesia Vs Pohang
  • 13 April 2022 Tim Nasional Indonesia Vs Daegu
  • Dengan catatan bisa saja ada satu laga uji coba tambahan

Dari hasil pertandingan tersebut, bisa dilihat bagaimana proses Garuda Muda berkembang menjadi tim yang lebih solid lagi. Bukan tidak mungkin 2 tahun ke depan Indonesia bisa memiliki tim sepak bola yang handal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here