Timnas U-19 ke Korea, Marselino Tunggu Peluang Persebaya Juara

0
62

Debatbola.com – Pada hari Jumat (11/3/2022) malam WIB, PSSI melepas sebanyak 32 pemain dari Timnas U-19 dengan tujuan ke Korea Selatan. Skuad Garuda Muda ini rencananya akan berada di Negeri Ginseng hingga (15/4) mendatang.

Asah Kemampuan

Keberangkatan semua pemain Timnas Indonesia U-19 ke Korea Selatan ini bukan untuk melakukan liburan. Akan tetapi mereka akan melakukan pemusatan latihan dan juga melakukan serangkaian laga uji coba. Hal ini harus dilakukan karena skuad Garuda Muda sebentar lagi akan ikut berkompetisi di Piala Dunia U-20 yang rencananya akan berlangsung di tahun 2023.

Diketahui ada sebanyak 32 pemain yang dibawa Timnas U-19 ke Korea Selatan. Meski sudah banyak, namun masih ada satu pemain yang belum ikut serta. Dia adalah Marselino Ferdinan yang saat ini diketahui masih berjuang bersama Persebaya Surabaya. Jika urusannya bersama Persebaya di Liga Indonesia musim 2021/2022 ini sudah selesai, maka Marselino akan langsung menyusul rekan-rekannya dan terbang ke Korea Selatan.

“Jumlah pemain Timnas Indonesia U-19 yang terbang ke Korea Selatan berjumlah sebanyak 32 orang, nantinya masih akan ditambah Marselino Ferdinan,” buka Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan ketika melepas rombongan di Hotel Sultan, Jumat (11/3) malam kemarin.

Rencana Bergabungnya Marselino

Marselino tidak bisa bergabung dengan rekan-rekannya di Timnas U-19 kemarin malam bukan karena kemauannya sendiri. Memang rencananya Marselino akan menyusul ke Korea Selatan. Namun waktunya masih belum bisa dipastikan. 

Semuanya tergantung dengan Persebaya Surabaya selaku tim yang menaungi pemain kelahiran Jakarta tersebut. Saat ini skuad Bajul Ijo –julukan Persebaya Surabaya- masih berjuang untuk memperebutkan gelar juara Liga 1 Indonesia.

Jika Persebaya Surabaya masih memiliki kans untuk juara, perkiraan Marselino baru bisa menyusul ke Korea Selatan usai pekan ke-34 atau awal April 2022. Namun jika peluang untuk juara tertutup, Marselino bisa bergabung lebih cepat dari perkiraan.

“Saat ini Marselino masih menunggu perkembangan Persebaya, apakah masih memiliki kans untuk juara atau tidak,” tutur pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

“Satu hal yang pasti, Liga Indonesia baru akan selesai pada 31 Maret 2022 mendatang. Mungkin pada tanggal 27 Maret 2022 kami berharap dia [Marselino Ferdinan] sudah bisa menyusul,” tambahnya.

Peluang Persebaya Juara

Dari pekan terbaru, Persebaya Surabaya terlihat menempati peringkat kelima dengan koleksi sebanyak 58 poin. Koleksi poin tersebut sama banyak dengan yang dimiliki Arema di peringkat empat dan juga Bhayangkara di peringkat ketiga. 

Kemudian tim asal Kota Surabaya ini tertinggal sebanyak delapan angka dari pemuncak klasemen saat ini yang diduduki Bali United. Persaingan juara akan semakin panas karena masih ada Persib di peringkat kedua yang unggul lima angka dari Persebaya.

Selama musim ini bergulir, Marselino Ferdinan memang menjadi pemain krusial dalam skuad Bajul Ijo. Pemain berusia 17 tahun ini menjadi tulang punggung Persebaya selama kompetisi Liga Indonesia musim 2021/2022 berjalan. Dari total 22 penampilan, Marselino mampu mencatatkan tujuh gol serta empat assist.

Penentuan dari peluang Persebaya untuk menjadi pesaing gelar akan terjadi di laga pekan ke-33. Di pekan ke-30 kemarin, Persebaya berhasil menumbangkan klub tetangga, Persik Kediri dengan skor tipis 1:0. Sedangkan musim ini mereka masih menyisakan tiga laga, yaitu melawan Barito Putera, Persib, dan juga Bali United. 

Karena dua laga terakhir cukup berat, wajar jika kemudian pelatih Aji Santoso meminta keringanan kepada PSSI untuk meminjam jasa Marselino lebih dulu. Sebab dalam dua laga terakhir tersebut, Persebaya akan melakoni laga hidup mati demi gelar juara Liga 1 Indonesia musim ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here