Timnas Indonesia U-19 Akan Berlaga di Prancis

0
52

Debatbola.com – Setelah disibukkan dengan kompetisi SEA Games 2021, kini Shin Tae-yong akan semakin disibukkan untuk persiapan Timnas Indonesia U-19 karena akan mengikuti kompetisi di Prancis. Timnas Indonesia U-19 akan mengikuti kompetisi internasional yaitu Toulon Cup Perancis.

Kompetisi Sudah Dekat
Jadwal laga Toulon Cup Prancis sudah semakin dekat. Kompetisi tersebut akan dilaksanakan pada 29 Mei hingga 12 Juni mendatang. Indonesia masuk grup B bersama dengan Meksiko, Ghana, dan Venezuela. Sebelum itu, Timnas Indonesia menyelesaikan pemusatan pelatihan di Korea Selatan.

Ronaldo Kwateh dkk pulang ke Indonesia terlebih dahulu setelah menyelesaikan pemusatan pelatihan, baru kemudian akan diterbangkan ke Prancis. Keputusan tersebut disampaikan Shin Tae-yong selaku pelatih dan pendamping Timnas Indonesia U-19. Meskipun sudah dekat, nampaknya Indonesia tidak merasakan grogi dan tegang.

Bukan Kali Pertama
Diketahui Timnas Indonesia bukan kali pertama mengikuti kompetisi internasional tersebut. Sebelumnya Indonesia pernah berlaga dalam kompetisi serupa pada tahun 2017. Namun sayang dalam kompetisi 2017, Indonesia hanya mampu bermain di laga penyisihan grup.

Untuk tahun ini diperkirakan Indonesia akan mampu berlaga lebih jauh di Toulon Cup karena sudah memiliki banyak persiapan matang. Salah satu persiapan Indonesia sebelum mengikuti kompetisi ini adalah melakoni pemusatan pelatihan di Korea Selatan.

Kompetisi ini akan diikuti oleh 40 pemain Timnas U-19, namun hingga kini jumlah pemain yang sudah dipastikan ikut hanya 32 pemain. 32 pemain tersebut sudah sering melakukan latihan bersama sebelum kompetisi dimulai. 8 pemain lainnya kemungkinan akan disusulkan dan masih menjadi misteri.

Pembagian Grup
Kompetisi yang akan digelar di Prancis tersebut diikuti 12 tim dari seluruh dunia dan terbagi menjadi tiga grup. Grup A akan dihuni oleh tuan rumah yaitu Prancis, Arab Saudi, Argentina, dan Panama. Mungkin bisa dibilang grup A adalah grup neraka bagi Panama karena dihuni tim paling berkelas.

Kemudian di Grup B ada Timnas Indonesia, Meksiko, Ghana, dan Venezuela. Dari komposisi tim yang ada, terlihat Indonesia tidak akan mudah untuk lolos dari fase grup. Terlebih ketika nantinya bertanding melawan Meksiko yang merupakan salah satu tim terkuat di Amerika Latin.

Grup C sendiri terdiri dari Jepang, Aljazair, Kolombia, dan Comoros. Dari grup C tentu tim yang diunggulkan dan digadang-gadang akan menjuarai grup adalah Kolombia dan Jepang. Namun di dunia sepak bola semua bisa terjadi karena banyak kejutan-kejutan tak terduga.

Jadwal Pertandingan Timnas di Prancis
Sudah diketahui bahwa Indonesia akan berlaga dan bersaing dengan negara-negara kuat di Grup B. Pertandingan terdekat grup B adalah Indonesia melawan Venezuela. Laga tersebut akan dilaksanakan akhir bulan ini yaitu 30 Mei 2022.

Kemudian laga ke-2 akan mempertemukan Indonesia dengan Ghana yang akan dilaksanakan tanggal 2 Juni 2022. Laga ini bisa dibilang akan sengit mengingat Ghana memiliki stamina dan postur tubuh yang diunggulkan daripada pemain Indonesia. Meskipun demikian, Indonesia memiliki kelincahan lebih unggul.

Sedangkan pertandingan terakhir akan mempertemukan Indonesia dengan Meksiko yang digelar 5 Juni 2022. Dalam fase grup tersebut, Meksiko digadang-gadang akan menjadi lawan terberat Indonesia mengingat negara tersebut memiliki peringkat FIFA jauh lebih tinggi dibanding Indonesia.

Persiapan Piala Dunia U-20
Sebenarnya kompetisi Toulon Cup bukanlah target utama Timnas Indonesia U-19. Pasalnya, kompetisi ini bisa dibilang salah satu persiapan Indonesia untuk Piala dunia U-20 mendatang. Meskipun demikian, Indonesia akan berlaga dengan sungguh-sungguh di Toulon Cup Prancis 2022.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Muhammad Ferrari yang menjadi perwakilan salah satu dari PSSI dalam pembinaan para pemain. Dirinya juga mengungkapkan bahwa laga kompetisi tersebut bisa menjadi bahan pelajaran dan modal untuk evaluasi sebelum Piala Dunia U-20 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here