Timnas Indonesia Akan Kedatangan Calon Pemain Naturalisasi Baru, Berikut 5 Fakta Tentangnya

0
116

Debatbola.com – Timnas Indonesia saat ini sedang melakukan banyak persiapan untuk Kualifikasi Piala Asia 2023. Salah satu jenis persiapannya adalah berusaha menambah pemain yang sudah berpengalaman di sepak bola Eropa. Itulah kenapa PSSI saat ini sedang banyak menaturalisasi pemain luar negeri, salah satunya adalah pemain asal Belanda, Jordy Wehrmann. Pemain ini ternyata memiliki 5 fakta menarik untuk dibahas, berikut daftarnya :

1. 1 Tim Dengan Van Persie

Jordy Wehrmann merupakan pemain yang bisa dikatakan beruntung karena dapat merasakan satu tim dengan pemain kelas dunia asal Belanda. Selain beruntung, pemain ini memang layak untuk satu tim dengan Robin Van Persie karena keduanya memiliki kriteria untuk masuk satu tim yang sama. Kejadian tersebut terjadi pada Liga Belanda musim 2018/2019.

Kala itu Jordy Wehrmann promosi ke skuad utama Feyenoord. Kebetulan, sebelumnya Robin Van Persie juga sudah lumayan lama bermain untuk tim Feyenoord ini. Pada akhir musim Liga Belanda 2018/2019, Feyenoord meraih hasil akhir klasemen dengan baik. Klub ini berada di urutan 3 klasemen di bawah Ajax dan PSV.

2. Darah Indonesia Dari Ibu

Ibu dari Jordy Wehrmann ternyata berdarah Indonesia. Dari ibunyalah Jordy Wehrmann memiliki kesempatan untuk dinaturalisasikan PSSI. PSSI memang sangat teliti melihat peluang untuk mendapatkan pemain luar negeri dengan kemampuan luar biasa. Meskipun sang ibu terlahir di Belanda, namun orang tua ibu alias kakek neneknya adalah 100% orang Indonesia.

Semua ini disampaikan oleh Jordy Wehrmann di kanal Youtube milik Yussa Nugraha. Meskipun terlahir dan dibesarkan di Belanda, pemain ini tetap menjaga ikatan dengan Indonesia. Ini bukan tanpa alasan, pasalnya keluarga Jordy Wehrmann juga banyak yang berada di Indonesia.

3. Pernah Membela Timnas Belanda

Calon Pemain naturalisasi Indonesia ini memiliki karir sepak bola yang tidak buruk di Belanda, bahkan bisa dikatakan cukup baik. Jordy Wehrmann pernah dipercaya untuk memperkuat Timnas Belanda dalam ajang Euro U-17 2016 dan Euro U-19 2018. Total laga yang dijalani pemain ini selama Euro adalah 12 laga.

Mungkin sebagian orang akan mengira bahwa pemain ini sudah tidak bisa dinaturalisasi oleh Indonesia karena pernah membela Timnas Belanda. Alasannya adalah pemain ini pernah bermain untuk Timnas Belanda. Anggapan seperti itu memang tidak ada salahnya, namun pemain yang sudah tidak boleh dinaturalisasikan adalah yang sudah membela Timnas Senior.

4. Versatile

Pemain ini memiliki posisi utama sebagai gelandang tengah dan bertahan. Meskipun demikian, Wehrmann merupakan pemain versatile yang artinya pemain serba bisa. Tercatat beberapa kali pemain ini menempati posisi lain.

Wehrmann memang sesekali dipercaya untuk menempati posisi bek tengah, gelandang kanan, dan gelandang kiri. Namun kemungkinan besar ketika bergabung di Timnas Indonesia, pemain ini akan menempati posisi gelandang. Jika itu terjadi, maka Wehrmann akan bersaing dengan Rachmat Irianto.

5. Dipromosikan Oleh Mantan Pemain Keturunan Indonesia Di Belanda

Kegemilangan Wehrmann dalam meniti karir sepak bola di Belanda tidak lepas dari peran Giovanni Van Bronckhorst. Giovanni merupakan mantan pemain Timnas Belanda yang kini menjabat sebagai pelatih tim senior Feyenoord. Giovanni Van Bronckhorst ternyata merupakan seorang yang memiliki darah Indonesia juga.

Pada musim Liga Belanda 2018/2019, pelatih ini memanggil 29 pemain untuk join di skuad Feyenoord. Dua pemain diantaranya merupakan Mats Knoester dan Jordy Wehrmann yang merupakan pemain U-19 saat itu. Namun setelah itu, Wehrmann dikeluarkan oleh pelatih Feyenoord yang baru.

Melalui PSSI, Indonesia berupaya menaturalisasikan Jordy Wehrmann. Apabila proses naturalisasi berjalan lancar dan berhasil, maka Indonesia akan memiliki tambahan pemain berpengalaman asal Eropa. Itulah kenapa banyak yang berharap Jordy Wehrmann dapat segera bergabung dengan Timnas Indonesia. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here