Tim Paling Berharga di Liga 1 2022/2023

0
51

Debatbola.com – Liga 1 2022/2023 resmi dimulai. Tim-tim yang kemarin jor-joran dalam bursa transfer, kini sudah siap dengan timnya masing-masing. Beberapa diantaranya membeli sejumlah pemain mahal bahkan hingga meningkatkan harga pasar dari tim tersebut. Berdasarkan total market value seluruh pemain, berikut merupakan tim paling berharga di Liga 1 2022/2023 dikutip dari Transfermarkt:

1. Persija Jakarta

Pada posisi puncak terdapat Persija Jakarta yang bisa dibilang cukup aktif dalam bergerak di bursa transfer pemain kali ini. Tim Macan Kemayoran menempati posisi pertama dengan memiliki total harga pasar pemainnya sebesar 112 Milyar Rupiah. Angka tersebut jauh melampaui beberapa tim lain yang memiliki harga pasar dibawah 100 Milyar Rupiah.

Tingginya harga pasar yang dimiliki Persija dipengaruhi oleh para pemain asing mereka. Beberapa diantaranya bahkan menjadi yang paling berharga di Liga 1 kali ini. Memang tak mengherankan jika para pemain asing mereka terbilang ‘mahal’ karena latar belakang karirnya. Kebanyakan dari pemain asing Persija musim ini pernah berkarir di kompetisi Eropa.

2. Persib Bandung

Bukan hanya di lapangan, rivalitas Maung Bandung dengan Macan Kemayoran juga terjadi pada daftar tim termahal musim ini pula. Persib Bandung berada 1 tingkat dibawah Persija Jakarta namun dengan perbedaan total harga pasar yang cukup jauh. Menurut transfermarkt, total market value seluruh pemain Persib kini memiliki nilai 91 Milyar Rupiah.

Adapun yang menjadi pemain termahal skuad Persib ialah seorang Marc Klok. Mantan punggawa PSM Makassar tersebut saat ini mempunyai harga pasar 7,8 Milyar Rupiah. Kemudian diikuti pemain asal Belanda, Nick Kuipers. Pemain berusia 29 tahun itu nilai pasarnya 6,9 Milyar Rupiah, turun dari nilai sebelumnya yang sebesar 7,3 Milyar Rupiah.

3. Bali United

Tak mau ketinggalan, Bali United yang merupakan jawara liga musim lalu juga masuk dalam daftar. Dengan total pemain mencapai 33 orang, Bali United memiliki total harga pasar sebanyak 86 Milyar Rupiah. Dalam hal ini, posisi gelandang tim Serdadu Tridatu menyumbang merupakan posisi termahal dari tim tersebut.

Dikutip dari Transfermarkt, sektor tengah Bali United memiliki total harga pasar 27 Milyar Rupiah. Brwa Nouri sebagai yang paling berharga dengan market value 6,5 Milyar Rupiah. Setelah posisi gelandang, para pemain penyerang menjadi sektor termahal selanjutnya. Tak beda jauh, para penyerang Bali United mempunyai total market value 26 Milyar Rupiah.

4. Borneo FC Samarinda

Dengan jumlah pemain yang mengisi skuad sebanyak 37 orang, Borneo FC Samarinda membuntuti Bali United dalam hal total harga pasar tim. Adapun untuk total harga pasar yang dimiliki Borneo FC Samarinda saat ini adalah 80 Milyar Rupiah. Berbeda dengan Bali United, sektor termahal dari Borneo FC Samarinda merupakan posisi bek.

Deretan bek yang dimiliki Borneo FC Samarinda mempunyai total market value 27 Milyar Rupiah. Kemudian dibuntuti para pemain gelandang dengan total harga pasar 23,4 Milyar lalu para penyerang sebesar 23 Milyar. Posisi kiper merupakan yang paling rendah market value nya di Borneo FC dengan total nilai pasarnya 6 Milyar Rupiah.

5. Arema FC

Jika runner up Piala Presiden kemarin (Borneo FC) berada di posisi keempat, Arema FC (yang juara) justru berada dibawahnya. Total market value skuad anak asuh Eduardo Almeida musim ini adalah 79 Milyar Rupiah. Meskipun begitu, tim yang berjuluk Singo Edan itu lebih unggul dalam rata-rata harga pasar setiap pemainnya.

Sang jawara Piala Presiden tersebut mempunyai rata-rata harga pasar para pemainnya sebanyak 2,6 Milyar Rupiah. Hal tersebut lantaran Arema FC memiliki jumlah pemain lebih sedikit. Arema FC dengan 30 pemain sedangkan Borneo FC 37 pemain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here