Tiga Penalti Sukses Mengantarkan Prancis dan Portugal Ke Babak 16 Besar

0
109
Tiga Penalti Sukses Mengantarkan Prancis dan Portugal Ke Babak 16 Besar

Debatbola.com – Partai ulangan final EURO 2016 tersaji kembali di babak grup F gelaran EURO 2020. Masing-masing timnas Portugal dan Prancis yang masih dinahkodai Fernando Santos dan Didier Deschamps hanya bermain imbang.

Bermain di laga terakhir membuat kedua tim ngotot tampil menyerang dimana perebutan tahta klasemen grup F juga masih terbuka lebar. Jerman yang pada laga lainnya menghadapi Hungaria juga masih berpotensi naik ke peringkat pertama.

Kedudukan 2-2 menandai berakhirnya laga penuh gengsi tersebut. Masing-masing gol diciptakan Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema. Menariknya tiga tendangan dari titik putih terjadi pada pertandingan itu.

Tiga Penalti Menghiasi Partai Ini

Petaka datang pertama kali ke skuat asuhan Didier Deschamps, wasit yang bertugas, Mateu Lahoz menunjuk titik putih. Sebab sebelumnya kiper timnas Prancis, Hugo Lloris kedapatan meninju kepala dari gelandang musuh, Danilo Pereira saat adu bola atas.

Cristiano Ronaldo yang menjadi algojo penendang penalti sukses menunaikan tugasnya tersebut. Tendangan keras ke sisi kanan gawang kiper Tottenham Hotspur itu membuka kran gol timnya. Kedudukan 1-0 tercipta pada menit ke-30.

Selang 15 menit kemudian, di akhir-akhir babak pertama, Mateu Lahoz kembali menunjuk titik putih. Namun bukan bagi Selecao das Quinas, tetapi untuk kubu Les Bleus. Setelah Kylian Mbappe dilanggar dengan keras oleh bek sayap Wolves, Nelson Semedo.

Karim Benzema yang puasa gol sejak beberapa laga terakhir, kembali ditunjuk menjadi penendang penalti oleh Didier Deschamps. Striker Real Madrid tersebut dengan percaya diri membobol gawang Rui Patricio dan membuat kedudukan imbang 1-1 hingga babak pertama selesai.

Turun di babak kedua, kedua tim tidak mengendorkan serangan dan tetap ngotot menampilkan permainan terbaiknya. Baru dua menit babak kedua berjalan, Karim Benzema kembali menciptakan gol dan membuat timnya unggul 1-2. Umpan terobosan Paul Pogba dari tengah lapangan sukses membuat sang striker tersebut one on one dengan kiper musuh.

Dengan tendangan mengecoh, mantan striker Olympique Lyon itu membuat gol keduanya di pertandingan tersebut. Wasit sebelumnya juga sempat melakukan VAR check namun gol tetap disahkan karena tidak terbukti terperangkap offside.

Gol terakhir pada partai adu gengsi ini tercipta kembali lewat titik putih. Mateu Lahoz yang bertugas sebagai pengadil lapangan langsung menunjuk penalti bagi Timnas Portugal. Hal itu akibat sebelumnya bek Les Bleus, Jules Kounde tertangkap handball di kotak penalti.

Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo turun sebagai pengambil tendangan penalti. Sama seperti tendangan penalti pertamanya, sudut kanan gawang Hugo Lloris menjadi target utamanya. Skor akhir 2-2 pun mengakhiri jalannya pertandingan.

Lolos Ke Babak 16 Besar

Dengan hasil imbang itu, Timnas Prancis sukses finish sebagai juara grup dengan total poin lima dari tiga laga. Sementara Portugal berada di peringkat ketiga dengan jumlah poin empat yang sama dengan timnas Jerman di posisi runner up.

Walaupun finish sebagai juara ketiga, Selecao das Quinas tetap berhak melangkah ke babak 16 besar. Sebab mereka masuk ke dalam salah satu tim juara ketiga yang terbaik. Dimana ada tiga tim lainnya yakni Swiss, Ukraina dan Ceko.

Sementara itu timnas Prancis bakalan menghadapi peringkat tiga grup A, timnas Swiss di babak gugur ini. Partai hidup mati itu akan diselenggarakan di Arena Nationala di kota Bucharest, Rumania pada Selasa (29/6) nanti.

Di lain pihak timnas Portugal akan menghadapi lawan berat yaitu juara grup B, Belgia. Dimana skuat asuhan Roberto Martinez itu sukses menyapu bersih tiga laga di fase grup. Partai ini akan dimainkan di Stadion Olimpiade Sevilla pada Senin (28/6) mendatang. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here