Tiga Nama Pelatih Ini Bakal Gantikan Ronald Koeman Jika Dipecat

0
324
Xavi Hernandez

Debatbola.com – Pelatih Barcelona, Ronald Koeman kini nasibnya sedang berada di ujung tanduk. Hasil minor yang diterima klubnya belakangan ini di La Liga menjadi alasan kuat. Dengan kontrak yang masih tersisa hingga 2022 mendatang, peluang sang pelatih dipecat menjadi besar.

Barcelona Alami Penurunan Performa

Dalam tujuh pertandingan terakhirnya di La Liga, Barcelona hanya bisa meraih tiga kemenangan saja. Dimana dua laga lainnya, tim asal Catalan itu meraih hasil imbang dan dua partai lagi berakhir dengan kekalahan.

Padahal persaingan di liga Spanyol sedang panas-panasnya. Ketiga tim teratas La Liga mempunyai peluang untuk meraih titel domestik tersebut. Namun dengan memburuknya permainan Barcelona, kans tim tersebut menjadi kian kecil.

Dilansir dari stasiun radio Spanyol, Onda Cero, Joan Laporta dijadwalkan akan bertemu dengan Ronald Koeman. Sang presiden Barcelona tersebut rencananya akan membahas mengenai apa yang sedang terjadi dalam tim.

3 Kandidat Pengganti Koeman

Ronald Koeman diberitakan telah kehilangan banyak sekali kepercayaan dari para fans dan pihak manajemen. Jika pelatih asal Belanda tersebut dipecat pada akhir musim, diprediksi tiga nama pelatih ini menjadi penggantinya:

Xavi Hernandez
Legenda Barcelona peraih dua titel treble winner ini menjadi nama teratas yang bakal menjadi pengganti Ronald Koeman. Kedekatannya dengan Barcelona dan pengalamannya memimpin skuat sebagai kapten menjadi alasan khusus.

Para fans juga melihat adanya kesuksesan dalam diri pelatih Al Sadd tersebut. Bila pelatih berusia 41 tahun tersebut jadi berlabuh ke Camp Nou, fans El Barca diprediksi akan menerimanya kembali dengan gembira.

Namun berita terbaru dari sang pelatih, kabarnya Xavi telah menandatangani perpanjangan kontrak dua musim bersama Al Sadd. Sebelumnya ada desas-desus mengenai klausul bahwa sang juru taktik tersebut bisa pergi kapan saja.

Peraih titel Piala Dunia tahun 2010 tersebut dikabarkan telah mengklarifikasi perihal kabar angin itu. Xavi mengatakan bahwa klausul tersebut tidak benar adanya dan dirinya menghormati kontrak tersebut dan metode negosiasi segala pihak.

Erik Ten Hag
Pelatih asal Belanda ini dikontrak mulai akhir tahun 2017 bersama Ajax Amsterdam. Pada musim pertamanya itu, tim yang dilatihnya hanya menempati posisi kedua Eredivisie. Selepas itu, dirinya berhasil menemukan kelemahan timnya dan memperbaikinya.

Musim-musim selanjutnya hingga menginjak musim ini, Ajax Amsterdam selalu menjuarai titel domestik Belanda. Timnya itu terus-menerus menunjukkan peningkatan kualitas skuatnya yang lebih banyak diisi oleh pemain muda.

Berkat itulah, Barcelona tertarik dengan gaya kepelatihan mantan pemain FC Twente itu. Dimana klub asal Catalan itu, sangat kental dengan pemain dan pelatih asal Belanda. Diprediksi bersama Erik, El Barca bakal bertumbuh yang mana saat ini lebih banyak diisi pemain muda.

Namun Erik masih mempunyai kontrak hingga tahun 2023 mendatang bersama tim yang berjuluk de Godenzonen itu. Jika perekrutannya sangat dibutuhkan dalam waktu cepat ini, diperkirakan pihak El Barca harus membayar lebih sebagai kompensasi yang tidak sedikit.

Francisco Javier GarcĂ­a Pimienta
Pimienta kini melatih tim junior Blaugrana. Mulai dari tim junior U16 hingga Barcelona B sudah pernah dilatih oleh juru taktik berusia 46 tahun tersebut. Untuk urusan prestasi, dirinya telah meraih UEFA Youth League di musim 2017/2018.

Dengan pengalamannya melatih tim junior Barcelona, maka ketika ditunjuk mengarsiteki tim senior, dirinya bakalan tidak butuh waktu lama untuk beradaptasi. Hal tersebut telah dibuktikan oleh pelatih sebelumnya, Pep Guardiola.

Pep Guardiola dulunya juga sempat melatih tim junior dan akhirnya mengisi kursi kepelatihan Barcelona. Hingga kini, pelatih berkepala plontos itu pernah meraih banyak gelar dan merengkuh gelar treble winner.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here