Tiga Kandidat yang Dipersiapkan Xavi Untuk Gantikan Sergio Busquets

0
24

Debatbola.com – Selama ini, Barcelona mengandalkan Sergio Busquets, tetapi dengan usia yang sudah tidak muda, tidak ada jaminan Busquets bakal bertahan lama. Karir Busquets di Barcelona kemungkinan tidak akan lama. Sebagai persiapan, Xavi pun sudah memplot tiga pemain sebagai calon suksesor Busquets.

Suksesor Busquets dari Skuad Sendiri

Sergio Busquets termasuk salah satu anggota senior dalam skuad Barcelona, dan selama ini, ia tetap menjadi andalan. Sayangnya, usia gelandang asal Spanyol itu sudah tidak lagi muda. Dengan usia 33 tahun, Busquets sudah berada di penghujung karirnya.

Musim 2022/2023 nanti bisa jadi musim terakhir Busquets berseragam Barcelona. Setelahnya, kemungkinan besar tidak akan ada lagi nama Busquets. Bisa jadi, Busquets merencanakan pensiun setelah ini. Tetapi kemungkinan terbesarnya tetap, sang gelandang bakal berpindah klub.

Rumornya, Busquets sedang mendekat menuju Major League Soccer, kompetisi yang memang kerap dijadikan pelabuhan sejumlah bintang Eropa sebelum mengakhiri karirnya. Kabar ini masih sebatas rumor. Tapi satu yang pasti, Barcelona harus bersiap menjalani kehidupan tanpa Busquets.

Apabila Busquets menghilang dari skuad Barcelona, sudah pasti, satu yang harus dipersiapkan adalah suksesornya. Barcelona sendiri tampaknya sedang ingin menghemat anggaran, sehingga suksesor Busquets tidak akan datang dari luar. Suksesor sang gelandang senior itu akan datang dari skuad sendiri.

Siapa Orang yang Tepat?

Mundo Deportivo memaparkan bahwa untuk menggantikan peran Busquets, Xavi dikabarkan mempersiapkan paling tidak tiga nama. Tiga nama ini, semuanya berasal dari dalam skuad sendiri. Mereka antara lain Nico González, Miralem Pjanić, serta pemain yang baru saja digaet, Franck Kessié.

Nico González menjadi nama termuda, dimana Xavi memang sempat beberapa kali memainkannya di posisi Busquets. Hasilnya, Nico mampu menjadi pengalir bola yang baik ke arah depan. Tetapi, ia tidak bisa melakukan transisi ke mode bertahan dengan cepat selayaknya Busquets.

Pjanić barangkali menjadi opsi yang paling tidak mungkin, mengingat masa depannya di Barcelona yang tidak jelas. Tetapi, apabila sang gelandang bertahan, ia bisa jadi suksesor yang bagus buat Busquets. Akurasi Pjanić luar biasa, tetapi ia tidak piawai dalam bertahan.

Opsi yang paling memungkinkan barangkali layak disematkan pada Franck Kessié. Kessié didatangkan dari AC Milan, memang ditujukan khusus untuk menjadi suksesor Busquets. Eks gelandang Rossoneri itu merupakan pengalir bola yang baik. Ia juga rajin membantu pertahanan.

Dari tiga opsi yang tersedia, nama Franck Kessié menjadi yang paling memungkinkan untuk dijadikan suksesor Sergio Busquets. Seperti yang telah disebutkan, Kessié adalah pengatur ritme permainan yang baik. Ia bisa melakukan transisi dari mode bertahan ke mode menyerang dengan cepat.

Apabila Xavi menginginkan opsi jangka panjang, maka Nico González layak dipertimbangkan, kendati posisi asli sang pemain tidaklah sama dengan Busquets. Pjanić sementara itu menjadi opsi yang paling tidak mungkin. Apalagi jika berkaca dari masa depannya yang masih abu-abu.

Menanti Kiprah Tim Bertabur Bintang

Bagaimanapun, musim 2022/2023 tidak akan berjalan mudah buat Barcelona, tetapi Xavi dipastikan sudah sangat siap mengarungi musim berat itu. Entah bagaimana, Xavi membuat keajaiban dengan mendatangkan sejumlah bintang di summer transfer. Kini, Barcelona menjadi tim yang bertabur bintang.

Robert Lewandowski baru saja tiba, begitu pula Raphinha, Franck Kessié serta Andreas Christensen. Secara materi pemain, Barcelona seharusnya sudah bisa bersaing untuk kembali memperebutkan gelar. Tinggal menunggu bagaimana Xavi memanfaatkan skuad bertabur bintang yang ia punya.

Kampanye Barcelona sendiri bakal dimulai pada 22 Agustus mendatang, dimana mereka bakal menantang Real Sociedad di pekan pembuka Liga Spanyol. Oktober akan menjadi bulan yang berat. Dimana mereka berturut-turut akan menantang Real Madrid, Villarreal, Athletic Bilbao dan Valencia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here