Tidak Disiplin, Pierre-Emerick Aubameyang Diminta Lepas Ban Kapten Arsenal

0
116

Debatbola.com – Kapten Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang tidak ikut dalam kemenangan telak timnya atas Southampton, Sabtu (11/12) kemarin. Sebuah laporan mengungkap bahwa Aubameyang tidak ikut serta karena ia melanggar aturan disiplin klub. Eks punggawa Arsenal, Martin Keown pun berharap Aubameyang mencopot ban kaptennya setelah kejadian ini.

Alasan Aubameyang Absen

Sempat terseok di awal musim, dalam beberapa pekan ke belakang, Arsenal bisa dibilang sudah bisa bangkit. Meriam London kini sudah berada di tangga ke-6 tabel klasemen sementara, dan siap bersaing memperebutkan satu kursi ke Liga Champions. Terkini, Arsenal sukses membabat Southampton, tiga gol tanpa balas pada gameweek ke-16 Liga Inggris.

Di balik kemenangan telak Meriam London atas The Saint, kapten The Gunners, Pierre-Emerick Aubameyang tidak ikut serta. Posisi penyerang tengah kala itu diberikan pada Alexandre Lacazette. Striker asal Prancis itupun menyumbang satu gol ke gawang Southampton yang menjadi gol pembuka di pertandingan melawan The Saint.

Seperti mengutip dari laman Daily Mail, Aubameyang diketahui tidak ikut serta ke dalam skuad karena dirinya melanggar salah satu aturan kedisiplinan klub. Pemain 32 tahun itu diketahui datang terlambat usai perjalanan ke luar negeri. Pelatih Mikel Arteta pun memilih tak membawa Aubameyang sebagai konsekuensi atas tindakan sang kapten tersebut.

“Saya pikir kami selalu konsisten berpendapat bahwa ada aturan yang tak bisa dibantah oleh kami sendiri, dan dia tidak menaatinya.” Kata Arteta, menjawab pertanyaan mengapa Aubameyang tak nampak dalam laga kontra Southampton. “Ini jelas bukan situasi mudah. Kami tak ingin kapten kami terlibat dalam situasi semacam ini.”

Ban Kapten Harusnya Dicopot

Sebagai seorang kapten, Aubameyang seharusnya menjadi teladan bagi rekan-rekan setimnya, bukan menjadi seorang pelanggar aturan. Eks pemain Arsenal yang kini beralih profesi menjadi pundit, Martin Keown sepertinya sepakat dengan hal ini. Akibat tindakan kurang disiplin ini, Keown berpendapat bahwa Aubameyang harus mencopot ban kaptennya.

“Anda tidak boleh pergi begitu saja atau menghilang ke luar negeri dan tidak kembali tepat waktu.” Kata Keown, seperti mengutip dari laman Daily Mail. “Rekan-rekan anda pasti membutuhkan anda, dan dia (Aubameyang) tidak di sana saat tim sangat membutuhkannya. Saya harap ada perubahan (kapten) sekarang.”

Hal Serupa Pernah Terjadi

Bukan cuma sekali Aubameyang terlibat masalah kedisiplinan seperti saat ini. Bulan Maret lalu, eks penyerang Borussia Dortmund sempat tersandung masalah serupa. Kala itu, ia pun mendapat kritikan keras dari eks punggawa Newcastle United, Alan Shearer. Shearer bahkan menyebut bahwa tindakan Aubameyang saat itu adalah tindakan yang tak bisa dimaafkan.

“Itu adalah tindakan yang tak bisa dimaafkan.” Kata pria yang kini beralih profesi menjadi pundit itu. “Untuk yang kedua kalinya, hal seperti ini terjadi lagi…dan ini adalah hal yang sangat tidak bagus. Lagi-lagi, dia (Arteta) harus meninggalkannya karena perbuatan itu. Tidak, (hukuman) itu saja tidak cukup.”

Performa Menurun, Masa Depan Terancam

Semenjak bergabung dengan Arsenal dari Borussia Dortmund pada tahun 2018 lalu, Aubameyang memang sudah menjadi mesin gol utama The Gunners. Namun, akhir-akhir ini, performanya menurun. Sehingga pada akhirnya, kapasitas penyerang asal Gabon sebagai penyerang berkualitas sekaligus kapten Arsenal sekali lagi dipertanyakan.

Terhitung, sudah enam laga Aubameyang tampil tanpa sekalipun catatkan namanya di papan skor pertandingan. Kontrak sang striker sejatinya baru akan berakhir pada tahun 2023, tetapi penurunan performa ini terus membuat masa depannya berada dalam ketidakpastian. Secara total, Aubameyang sendiri telah mengemas 92 gol dari 163 penampilannya bareng Arsenal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here