Tiba di Korea Selatan, Asnawi Disambut Ansan Greeners

0
90

Debatbola.com – Punggawa timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam di Korea Selatan mendapat sambutan meriah dari tim yang dibelanya yakni Ansan Greeners. Sambutan untuk Asnawi terlihat dari postingan yang diunggah melalui akun Instagram tim yang bermarkas di WA Stadium tersebut. Kendati demikian, kapten timnas Indonesia tersebut belum bisa langsung bergabung dengan para pemain lainnya.

Welcome Back Asnawi

Begitulah postingan yang diunggah oleh akun Instagram Ansan greeners. Dalam unggahannya, tim yang berjuluk “Green Wolves” ini memperlihatkan kedatangan Asnawi Mangkualam di bandara Incheon Korea Selatan. 

Akun Instagram @Ansan-Greeners_Fc tersebut juga menuliskan Asnawi telah kembali ke Korea untuk mempersiapkan musim 2022. Selain itu juga berharap agar Asnawi dapat kembali ke lapangan dalam keadaan sehat.

Mantan pemain PSM ini juga mengatakan jika dia sangat senang bisa kembali ke Korea selatan dan berharap segera kembali ke performa terbaik usai pertandingan piala AFF 2022 kemarin. K League 2 atau liga 2 Korea Selatan mulai bergulir pada 26 Februari hingga 30 Oktober 2022.

Klub Ansan Greeners telah memulai pemusatan latihan dari awal tahun ini. Kendati demikian, Asnawi belum bisa langsung berlatih dengan rekan-rekannya di tim karena harus menjalani karantina selama 10 hari pasca kepulangan dari Indonesia.

Kontrak Diperpanjang

Pada musim perdana bermain di K League 2, penampilan Asnawi dapat dikatakan cukup memuaskan. Semenjak didatangkan pada awal tahun 2021, Asnawi telah bermain sebanyak 14 kali pertandingan di liga kasta kedua Korea tersebut. 

Dalam menjalani pertandingan tersebut, peran Asnawi cukup penting dalam bertahan maupun menyerang. Berkat hasil yang memuaskan itulah dia mendapat perpanjang kontrak dari tim Ansan Greeners.

Klub Ansan Greener memperpanjang kontrak Asnawi Mangkualam dengan durasi 2 tahun. Dengan demikian mantan pemain PSM Makassar ini akan bermain bersama tim “Serigala Hijau” hingga tahun 2023. Asnawi berharap, melalui kontrak barunya ini dirinya mampu membawa tim asuhan Cho Min-kook berlaga di K League 1.

Perubahan Posisi Bermain

Selama bermain di Ansan Greeners, dapat dikatakan Asnawi merupakan pemain tulang punggung tim. Permainannya yang konsisten selama liga berlangsung menjadi salah satu alasannya. Dia juga mampu bermain bertahan maupun menyerang dengan sama baiknya. Wajar jika dia tidak hanya mampu bermain pada satu posisi saja.

Pelatih Cho Min-Kook berencana mengubah posisi bermain Asnawi dari pemain bek kanan menjadi pemain yang beroperasi sebagai penyerang kanan. Hal ini diutarakannya ketika wawancara bersama Footbalist bulan Desember silam. Menurutnya, Asnawi memiliki agresivitas yang sangat baik sehingga sangat cocok apabila dijadikan penyerang kanan dibanding sebagai pemain bertahan.

Pelatih Cho Min-Kook juga yakin jika permainan Asnawi akan mengalami peningkatan pada musim ini. Menurutnya, masih ada bakat alami dari Asnawi yang perlu dikembangkan. Hal inilah yang melatar belakangi pelatih Cho untuk mengubah Asnawi dari posisi aslinya

Kemungkinan Absen Membela Timnas

kembalinya Asnawi di Korea Selatan berdampak pada kemungkinan besar Absennya kapten timnas dalam laga FIFA Matchday dan piala AFF U-23. Hal ini dibenarkan oleh pelatih utama timnas Indonesia Shin Tae-Yong bahwa pada laga-laga tersebut kedalaman skuad timnas tidak akan diisi oleh pemain yang berlaga di luar negeri, termasuk Asnawi Mangkualam. 

Beberapa pemain lain yang turut absen diantaranya Egy Maulana Vikri, Elkan Baggott, Witan Sulaeman, Bagus Kahfi. Sebagai gantinya Shin Tae-Yong akan memaksimalkan pemain dari liga 1 kedalam daftar pemainnya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here