Teuku Muhammad Ichsan, Mantan Striker Yang Melejit Menjadi Gelandang Bertahan

0
84

Debatbola.com – Teuku Muhammad Ichsan atau yang sering dipanggil TM Ichsan merupakan pemain yang cukup dikenal masyarakat. Namun siapa sangka mantan gelandang bertahan Tim Nasional Indonesia U-19 ini sebelumnya adalah striker. Sejak meniti karir pertama kali di sepak bola, TM Ichsan memang berposisi sebagai striker. Hal tersebut diungkapkan TM Ichsan di youtube Tiento Indonesia.

Hal tersebut tentunya mengejutkan sebagian orang yang belum tahu latar belakang TM Ichsan. Pasalnya pemain yang satu ini terkenal dan bersinar saat posisinya sudah menjadi gelandang bertahan. Padahal dulunya TM Ichsan merupakan striker yang termasuk subur.

Striker Berprestasi

TM Ichsan sebenarnya bukan sembarangan striker, pasalnya saat masih bermain di Aceh pemain ini merupakan striker yang tajam. Ketika bermain dalam Liga Pendidikan Indonesia pemain ini menjadi top skorer. Ketika dalam Liga TM Ichsan juga menjadi top skorer tingkat provinsi.

Dengan prestasi tersebut TM Ichsan akhirnya dipanggil ke Jakarta untuk mengikuti seleksi pada tahun 2012. Dalam seleksi tersebut akhirnya TM Ichsan masuk dalam 8 pemain yang mengikuti training camp di Spanyol. Dalam keberangkatan tersebut pelatih Indra Sjafri mengubahnya menjadi gelandang serang. Namun ketika masuk Timnas U-19 pemain ini diposisikan sebagai gelandang bertahan.

Namun saat ini pemain 24 tahun tersebut benar-benar menjadi gelandang bertahan yang energik. TM Ichsan sejak musim 2017 memang sudah diorbitkan Bhayangkara FC untuk menempati posisi gelandang bertahan. 

Menempati posisi gelandang bertahan ternyata tidak membuatnya kehilangan tanggung jawab, nyatanya di posisi tersebut TM Ichsan dapat bermain dengan baik.

Pemain Lini Tengah Yang Baik

TM Ichsan tidak menjelaskan alasan pemain ini bisa dipercaya untuk menempati posisi gelandang bertahan. Namun yang pasti pemain ini dapat menerima tugas tersebut dengan senang tanpa beban. Selain itu postur tubuh Ichsan tidak terlalu tinggi untuk menjadi striker, meskipun posisi striker tidak semuanya harus tinggi.

Dalam posisinya yang sekarang ini, TM Ichsan memiliki daya jelajah yang tinggi. Selain itu pemain ini berani duel dengan pemain-pemain lawan. Stamina yang dimiliki Ichsan juga sangat bisa diandalkan ketika menempati posisi tengah yang harus siap menyerang dan bertahan.

TM Ichsan juga memiliki keuntungan lain ketika menempati posisi gelandang bertahan. Posisi tersebut dirasa lebih tepat untuk TM Ichsan. Waktu bermain yang diberikan untuk pemain ini juga lebih banyak apabila menempati posisi lini tengah. Pasalnya apabila menempati posisi striker pemain ini harus bersaing dengan pemain asing.

Media Wahana888 melihat TM Ichsan sejak bergabung dengan Bhayangkara pada tahun 2017, pemain ini memiliki kesempatan bermain yang banyak. TM Ichsan dalam musim ini sudah diturunkan sebanyak 13 kali. Pemain ini juga terbilang loyal karena semenjak debutnya pada tahun 2017, TM Ichsan masih membela satu tim yang sama.

Lahir Dari Pecinta Bola

Teuku Muhammad Ichsan terlahir dari keluarga yang sangat mencintai sepak bola. Pemain kelahiran 1997 ini dari kecil sudah mengenal bola. Bagaimana tidak, ayah dan kakak dari TM Ichsan sangat mencintai bola dan mengenalkan bola kepada Ichsan sejak kecil. Ayah dan kakak Ichsan juga sangat senang bermain sepak bola.

Ichsan pertama kali berlatih bola dari Ayahnya dan kemudian juga sering dilatih kakaknya. Dengan begitu sudah jelas bahwa pemain ini mendapat dukungan yang penuh dari keluarganya. Tidak heran lagi jika pemain ini sudah bermain untuk klub besar Indonesia sejak usianya 19 tahun.

Dukungan dari orang tua dan keluarganya tentunya lebih memudahkan jalan Teuku Muhammad Ichsan meniti karirnya di sepak bola. Apalagi setelah Ichsan mengikuti camp pelatihan di Spanyol. Kini TM Ichsan sudah bermain bersama Indonesia kelompok usia, Bhayangkara FC U-21 dan tim seniornya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here