Terungkap, Ternyata Segini Mahar yang Dikeluarkan Barcelona Untuk Raphinha

0
22

Debatbola.com – Barcelona baru saja mendapatkan Raphinha dari Leeds United belum lama ini, dan beberapa media Inggris mengungkap berapa besaran mahar yang dikeluarkan. Tetapi, mahar transfer Raphinha sejatinya tidak sebesar apa yang diberitakan media Inggris. Lalu, seberapa besar nilai mahar tersebut?

Kisah Transfer Ajaib Raphinha
Sebelum summer transfer tahun ini dibuka, Barcelona menjadi klub yang paling jarang digosipkan mendekati beberapa pemain. Memang, kondisi mereka kala itu tengah berada dalam carut-marut keuangan yang buruk. Tetapi siapa sangka, mereka kini menjadi klub paling aktif di pasar pemain.

Satu transfer yang membuat banyak pihak terkejut adalah transfer Raphinha dari Leeds United. Secara mengejutkan, Barcelona memenangkan perburuan sang gelandang, kendati persaingan memperebutkan tanda tangannya begitu ketat. Bahkan, Barcelona unggul atas Chelsea yang punya kekuatan finansial lebih besar.

Beberapa sumber mengatakan bahwa tawaran Chelsea begitu fantastis, jauh di atas tawaran Barcelona. Tetapi entah mengapa, Raphinha lebih memilih Barcelona. Secara ajaib, Barcelona juga mendapat kucuran dana untuk membeli Raphinha. Meski semua orang tahu kalau gelandang Brasil tidaklah murah.

Mahar Tak Sebesar yang Digosipkan
Media-media Inggris beramai-ramai mengabarkan transfer paling panas, yakni transfer Raphinha menuju Barcelona. Mahar yang dikeluarkan Barcelona juga diyakini tidaklah murah. Sejumlah media memahami bahwa untuk membeli Raphinha, Barcelona mengeluarkan total hingga 70 juta euro.

Diketahui, tawaran terakhir Barcelona untuk Raphinha bernilai sekitar 55 juta euro, tetapi keduanya kabarnya sepakat. Media-media Inggris memberitakan total mahar yang dikeluarkan Barcelona berkisar 70 juta euro. Sudah termasuk bonus yang akan diberikan dengan syarat tertentu.

Namun, sebuah laporan dari Marca baru-baru ini menyanggah detail mahar transfer Raphinha yang dikeluarkan beberapa media Inggris. Marca memahami bahwa nominal yang disebutkan beberapa media Inggris terlalu banyak. Karena Barcelona mengeluarkan uang lebih sedikit untuk transfer ini.

Media asal Spanyol itu mengatakan bahwa total, mahar yang dikeluarkan Barcelona hanya sebesar 60 juta euro, sudah termasuk bonus. Tentunya, jumlah ini lebih sedikit 10 juta euro jika dibandingkan dengan apa yang disebut media-media di Inggris.

Sumber yang sama meyakini bahwa Barcelona membayar uang muka pembelian Raphinha terlebih dahulu, yakni sebesar 48 juta euro. Lalu, ada tambahan bonus lagi sebesar 12 juta euro yang akan dibayar jika beberapa syarat terpenuhi.

Yang menarik, sejumlah syarat yang diberikan Barcelona kabarnya sangat sulit untuk terlaksana, termasuk salah satunya adalah Barcelona menjuarai Liga Champions. Leeds United akan menerima banyak bonus jika syarat ini terlaksana. Tetapi mereka juga akan rugi apabila syarat itu gagal terpenuhi.

Leeds United Untung Atau Rugi?
Diakui atau tidak, transfer Raphinha dari Leeds United menuju Barcelona akan menjadi sesuatu yang tidak disukai tim Inggris. Tetapi transfer ini tetap harus dilakukan, lagipula Raphinha sudah memantapkan hatinya di Barcelona. Ia bahkan menolak Chelsea yang tawarannya jelas-jelas lebih besar.

Sebagaimana diungkapkan pelatih Jesse Marsch, transfer Raphinha perlu dilakukan karena bagaimanapun, biaya transfer ini bakal membantu pengembangan klub. Tidak ada gunanya Raphinha dipertahankan kalau sang pemain sendiri sudah berniat hengkang. Yang ada, sang pemain justru tidak tampil maksimal.

Lagipula, kalau dihitung-hitung, Leeds United tidak sepenuhnya rugi karena dahulu, mereka mendapatkan Raphinha dengan harga murah meriah dari Stade Rennais. Leeds dulu membeli Raphinha senilai 18 juta euro. Dengan kata lain, mereka untung sekitar 30 juta euro dari transfer ini.

Terlepas dari untung ruginya Leeds United atau bahkan Barcelona, tidak ada gunanya menyayangkan kepindahan Raphinha ke Catalan. Transfer telah terjadi, dan sang pemain juga sudah menandatangani kontrak. Kini, tinggal menunggu seperti apa performa Raphinha di klub barunya nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here