Tertinggal Dua Gol Manchester City Akhirnya Segel Gelar Juara Liga Inggris

0

Debatbola.com – Manchester City sukses merengkuh titel juara Liga Premier Inggris dari rebutan Liverpool. Gelar kasta teratas persepakbolaan Inggris tersebut harus ditentukan hingga di matchday terakhir. Dimana mempertemukan pertarungan antara Manchester City vs Aston Villa pada Minggu, 22 Mei 2022 mulai pukul 22.00 WIB.

Statistik Pertandingan
Berdasarkan statistik pertandingan, Manchester City yang bertindak sebagai tuan rumah mampu tampil lebih menyerang. Kubu berjuluk The Citizens tersebut berhasil menjalankan 24 kali serangan menuju pertahanan tim tamu.

Dari total jumlah tersebut terdapat lima tembakan tepat sasaran yang diarahkan tepat ke gawang Robin Olsen. Sedangkan Aston Villa membalas dengan mengarahkan empat serangan ke pertahanan tuan rumah. Mereka sukses menciptakan dua tembakan ke gawang Ederson Moraes.

Pada segi penguasaan bola, Manchester City kembali mendominasi jalannya pertarungan. The Citizens menguasai bola lewat persentase 72 %. Perolehan itu berbanding 28 % penguasaan bola milik kubu The Villas.

Babak Pertama, Aston Villa Sunyikan Etihad Stadium
Bertarung di pertandingan pamungkas, Manchester City menampilkan permainan menyerangnya guna mendulang gol. Peluang perdana hadir di menit ke-24 lewat pergerakan Kevin De Bruyne dari serangan balik.

Gelandang berpaspor Belgia tersebut sempat terpeleset namun bola masih tetap dalam penguasaan The Citizens. Gabriel Jesus menguasai bola dan meneruskannya kepada Phil Foden di dalam area penalti. Gelandang asal Inggris itu memutuskan mengirimkan tembakan langsung, tetapi meleset.

Menit ke-37 petaka datang menghampiri tim tuan rumah, lantaran Aston Villa sukses menjebol gawang Ederson Moraes. Gol berawal dari crossing Lucas Digne menuju tiang jauh. Kompatriotnya yang berada di sudut lain lapangan, Matty Cash berhasil menyambar bola menggunakan kepalanya.

Joao Cancelo yang bertugas menjaganya gagal melaksanakan tugasnya dengan sempurna. Dirinya terlambat melompat untuk meraih bola dan harus merelakan gawangnya kebobolan di laga pamungkas ini.

Ollie Watkins berpeluang besar menambah skor kedudukan timnya pada menit ke-43. Striker bernomor punggung 11 tersebut lepas dari kawalan Fernandinho dan menguasai bola hasil umpan lambung Calum Chambers.

Ollie Watkins bergegas membawa bola masuk ke dalam pertahanan Manchester City yang kosong. Tetapi John Stones bergerak lebih cepat menghentikan laju sang musuh mengakibatkan peluang gagal dieksekusi. Babak awal berakhir dengan keunggulan Aston Villa 0-1.

Babak Kedua, Manchester City Jungkir Balikkan Kedudukan
Aston Villa yang berhasil meraih keunggulan tidak mengendorkan semangat bertanding. Gol kedua didapatkan pasukan Steven Gerrard pada menit ke-69. Tendangan gawang Robin Olsen mampu disundul oleh Ollie Watkins.

Bola dengan deras menuju pusat pertahanan tuan rumah dan dikuasai oleh Philippe Coutinho. Eks gelandang Liverpool tersebut sanggup mengecoh John Stones dan Aymeric Laporte yang mencoba mengganggunya.

Satu tendangan dari dalam area penalti mengalir lancar ke sudut kanan gawang Ederson Moraes yang berdiri mati langkah. Gelandang berkebangsaan Brasil tersebut mempersembahkan gol bagi keunggulan 0-2 Aston Villa.

Manchester City yang membutuhkan kemenangan tidak tinggal diam. Di menit ke-76 kubu tuan rumah berhasil menciptakan gol. Pergerakan Raheem Sterling dari sektor kanan diakhiri dengan umpan silang ke tiang jauh yang sanggup dikonversi menjadi gol oleh Ilkay Gundogan.

Tak menunggu waktu lama, dua menit kemudian Manchester City sukses menyeimbangkan kedudukan. Kali ini bola berada di bawah penguasaan Kevin De Bruyne yang meliuk-liuk mengecoh Emiliano Buendia.

Setelah melewati Emiliano Buendia, Kevin De Bruyne memberikan bola kepada Rodri. Eks gelandang Atletico Madrid itu lantas melepaskan tembakan jarak jauh mendatar. Robin Olsen kembali tidak dapat menghentikan laju bola sehingga skor menjadi 2-2.

Gelar Liga Inggris akhirnya disegel oleh Manchester City pada menit ke-81 lewat gol dari Ilkay Gundogan. Gelandang timnas Jerman tersebut berhasil memanfaatkan umpan Kevin De Bruyne menjadi gol. Berkat gol tersebut kedudukan menjadi 3-2 dan keunggulan berbalik ke The Citizens.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version