Tercoret Dari Skuad Belanda, Jasper Cillessen Frustasi

0
150
Tercoret Dari Skuad Belanda, Jasper Cillessen Frustasi

Debatbola.com – Jasper Cillessen sejatinya menjadi salah satu pemain yang masuk ke dalam skuad timnas Belanda untuk ajang Euro 2020 mendatang. Sayangnya, Cillessen harus terlempar dari skuad der Oranje akibat Corona. Kiper Valencia itupun merasa frustasi karena ia tidak bisa bermain di ajang Euro 2020.

Tercoret Karena Corona

Jelang gelaran Euro 2020 yang kini tinggal menghitung hari, timnas Belanda menerima kabar yang kurang menyenangkan. Penjaga gawang mereka Jasper Cillessen dinyatakan positif terpapar Corona. Hal inipun membuat nama Cillessen akhirnya dihapus dari skuad yang dinahkodai Frank de Boer tersebut.

Sebelumnya, Cillessen sendiri sejatinya sudah terpilih ke dalam tim yang bakal mewakili Negeri Kincir Angin di Euro 2020. Namun, gara-gara terpapar Corona, mimpinya berlaga di turnamen antar negara Eropa itupun kandas di tengah jalan. De Boer lalu memanggil penjaga gawang AZ Alkmaar Marco Bizot untuk menggantikan posisi sang kiper Valencia.

Keputusan Berat

Seperti dilansir via Daily Mail, juru taktik Belanda Frank de Boer mengungkapkan bahwa keputusannya mencoret Cillessen ia ambil dengan berat hati. Namun, sebagai pelatih, De Boer tentu harus memikirkan nasib para pemain lain. Jadi ia memutuskan untuk mencoret Cillessen, supaya sang pemain Valencia itu bisa menjalani masa karantina di rumahnya.

“Saya sudah berbicara dengan Jasper perihal ketetapan saya. Boleh dibilang, ini adalah hal yang sangat buruk untuk Jasper.” Papar De Boer. “Tetapi bagaimanapun, saya perlu menetapkan putusan ini. Dia sudah terinfeksi Corona, serta telah absen dalam persiapan (untuk Euro 2020).”

“Kami tak tahu berapa lama dia (Cillessen) bisa pulih seratus persen seperti sedia kala lagi lagi. Tapi yang jelas, saya tak mau ambil resiko mengenai permasalahan itu. Kami harus bermain dalam kompetisi antar negara Eropa. Jadi saya mau agar kami mendapat hasil yang pasti.”

Frustasi Akibat Dicoret

Sementara itu, Cillessen tak bisa menahan kekecewaannya akibat gagal tampil di ajang sebesar Euro 2020. Kendati dites positif terpapar Covid-19, Cillessen mengaku bahwa setelah itu, ia beranggapan tubuhnya baik-baik saja dan bisa pulih sebelum turnamen dimulai. Tapi ia heran mengapa pelatih Belanda akhirnya mencoretnya dari daftar skuad.

“Itu terasa berat dan akan terngiang-ngiang di pikiran saya.” Tutur Cillessen. “De Boer tahu saya sudah dites positif. Kemudian dia bilang, saya bisa bergabung dengan tim secepatnya jika negatif terinfeksi. Kalau perlu, saya dapat masuk ke tim lagi selepas latihan, tapi saya sungguh tak mengetahui apa yang mengubah semua itu.”

“Peraturannya memperbolehkan ada penjaga gawang cadangan ketika turnamen berlangsung dan saat ini masih tersisa waktu yang panjang. Saya mengalami gejala Covid selama satu hari, tetapi setelahnya, sama sekali tak ada apapun, dan mereka bilang saya tak cukup fit? Pelatih Belanda dan saya tentu tak bakal setuju mengenai hal itu.”

Siapa Gantikan Cillessen?

Musim ini memang sepertinya merupakan musim yang buruk bagi Cillessen karena kiper andalan Valencia tersebut kerap diterpa masalah cedera. Rentetan masalah otot bahkan membuat Cillessen hanya tampil sepuluh kali sepanjang musim ini. Kiper asal Belanda itu juga tak terlihat di dua laga internasional terakhir karena masih dalam tahap pemulihan.

Meski Marco Bizot akan mendapat panggilan ke timnas Belanda, Frank de Boer kemungkinan besar justru akan memakai jasa Tim Krul. Di level klub, Krul baru saja sukses membawa Norwich City promosi ke Premier League. Sekarang, ia sepertinya bakal diplot sebagai pengganti langsung Cillessen yang tak bisa tampil di turnamen kali ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here