Tentang Jihad Ayoub yang Direkrut PSS Sleman, Pernah Icip Kompetisi AFC Cup

0
41

Debatbola.com – Secara resmi PSS Sleman telah memperkenalkan sosok Jihad Ayoub pada fans sebagai salah satu punggawa mereka musim ini. Pemain impor tersebut akan mewarnai kompetisi Liga 1 pada musim 2022-2023. Sang pemain berhasil mengisi slot pemain asing Asia karena memiliki paspor Lebanon dan menjadi pemain asing terakhir yang didatangkan PSS Sleman untuk musim ini.

Sebelumnya, PSS Sleman telah mendatangkan Ze Valente dan Mychell Chagas. Slot lainnya juga telah terisi Mario Maslac. PSS Sleman mempertahankan bek berdarah Serbia ini di skuad dari kompetisi musim lalu. Jihad Ayoub pun diketahui punya banyak prestasi termasuk setelah penampilan di kompetisi AFC Cup.

Jihad Khaled Ayoub adalah nama lengkap dari pemain yang lahir di Porlamar Venezuela tersebut. Kedua orang tuanya berasal dari Lebanon dan Ayoub pun telah menimba ilmu sepakbola di beberapa Akademi Venezuela. Sang pemain tercatat pernah bergabung dengan klub Malta, FC Melita U-19 di tahun 2013 silam. Inilah beberapa fakta lainnya tentang Jihad Ayoub!

Pindah ke Lebanon dan Tampil di AFC Cup

Setelah memperkuat FC Melita sejak tahun 2013, Jihad Ayoub kemudian memutuskan bergabung dengan Al-Ahed. Al Ahed sendiri merupakan klub asal Lebanon yang bermain di Lebanese Premiere. Namun, karena beberapa faktor, sang pemain hanya memperkuat tim tersebut selama setengah musim saja.

Sang pemain kemudian bergabung dengan Shabab Al-Sahel dan Al- Nabi Chit SC. Tepat di bulan Mei 2019, pemain berusia 27 tahun ini hijrah ke Al- Ansar FC hingga akhirnya bergabung ke PSS Sleman musim ini. PSS Sleman meresmikan kedatangan Ayoub pada beberapa hari lalu dan berharap banyak dari pemain kelahiran Venezuela ini.

Jihad Ayoub memperkuat Al-Ansar selama hampir tiga musim. Dari catatan yang ada, Ayoub membawa klub ini berhasil tampil di AFC Cup. Setidaknya, AFC Cup sudah menjadi kompetisi sepakbola bergengsi di ranah klub-klub besar kawasan Asia.

Jihad Ayoub tercatat sebagai pemain yang sempat membela Al-Ansar di AFC Cup selama tiga edisi, antara tahun 2020, 2021, dan 2022. Penampilannya selama tujuh kali pada kompetisi AFC Cup tersebut berhasil menjadi prestasi yang cukup membanggakan.

Juga Jadi Pemain Timnas Lebanon

Mencatatkan penampilan yang menawan bersama Al-Ansar di musim lalu, Jihad Ayoub pun ternyata juga dipercaya memperkuat timnas Lebanon. Menjadi bagian dari pasukan Les Cedres, Jihad Ayoub memiliki catatan yang menarik selama karirnya tersebut. Sang gelandang menjalani debutnya pada 2021 lalu saat timnas Lebanon menghadapi Mesir di ajang FIFA Arab Cup.

Memiliki performa yang meyakinkan, Jihad Ayoub pun ternyata dibanderol dengan harga cukup mahal. Nilai pasar untuk pemain kelahiran tahun 1985 tersebut adalah sebesar Rp 4,35 Miliar dari update Desember 2021 lalu.

Sayangnya, untuk nilai kontrak yang terjalin antara Jihad Ayoub dengan PSS Sleman masih dirahasiakan. PSS Sleman belum memberikan konfirmasi terkait harga sang pemain yang didatangkan dari Al Ansar tersebut.

Jihad Ayoub menjadi pemain terakhir yang kemudian didaftarkan PSS Sleman untuk kompetisi Liga 1 musim terbaru. Dengan demikian, tercatat empat pemain asing sudah mengisi kuota di klub berjuluk Laskar Sembada tersebut.

PSS Sleman mengaku mereka memang telah memiliki empat ekspatriat sesuai regulasi yang sebelumnya dirancang. Pihak manajemen PSS Sleman menyatakan mereka memang sengaja menyiapkan anggaran untuk dana yang fantastis mendatangkan tiga pemain asing musim panas ini. Dari kabar yang beredar, tiga pemain asing yang telah tiba di PSS Sleman tersebut dihargai lebih dari Rp 20 Miliar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here