Tempat TC Timnas Disediakan Di IKN, Kantor Pusat PSSI Ikut Pindah

0
51

Debatbola.com – Tempat pemusatan latihan atau yang sering disebut dengan training center sangatlah dibutuhkan oleh klub terutama Timnas. Namun Timnas Indonesia justru belum memiliki training center pribadi hingga kini. Untuk tempat latihan, Timnas Indonesia masih harus menyewa lantaran tidak memiliki tempat TC secara pribadi.

Selaku pelatih, Shin Tae-Yong kerap kali mengeluhkan tidak adanya training center pribadi yang dimiliki oleh Timnas. Para pecinta sepak bola pun akhirnya bergerak mendesak PSSI agar segera menyediakan training center pribadi. Demi mewujudkan keinginan tersebut, PSSI akhirnya mengajukan lokasi TC pribadi untuk Timnas.

Disediakan Tempat TC Juga

Seperti yang diketahui, Shin Tae-Yong mengeluhkan mengenai Timnas Indonesia yang tidak memiliki training center pribadi. Padahal keberadaan training center tersebut sangat penting untuk memaksimalkan latihan Timnas. Atas desakan sang pelatih serta para pecinta sepak bola Indonesia, PSSI kemudian mengajukan tempat TC pada pemerintah.

Kini usaha PSSI untuk menyediakan lokasi TC bagi Timnas Indonesia akan segera terwujud dalam waktu dekat. Pemerintah menyetujui permohonan PSSI dan menjanjikan lahan luas di IKN yang bisa digunakan sebagai tempat TC. Tidak tanggung-tanggung, luasnya bahkan hampir 3 kali lipat dari yang diajukan PSSI.

Sejatinya, federasi tertinggi sepak bola Indonesia itu hanya meminta lahan seluas 15 hektar saja sebagai tempat TC. Namun pemerintah justru menjanjikan lahan seluas 30 hingga 50 hektar untuk tempat latihan Timnas. Atas kemurahan hati dari pemerintah tersebut, Mochamad Iriawan kemudian mengucapkan terimakasih terutama pada Presiden Indonesia.

Kepedulian pemerintah Indonesia tidak hanya sampai disitu, lapangan yang disediakan juga lebih dari yang diajukan. PSSI awalnya hanya mengajukan 3 lapangan saja, namun lagi-lagi pemerintah melebihkan dengan menyediakan 7 lapangan. Dengan begitu bukan hanya Timnas Indonesia saja yang bisa berlatih, tetapi juga dari luar Indonesia.

PSSI akan membangun training center berstandar Internasional dengan fasilitas yang sangat lengkap di lokasi yang diberikan oleh pemerintah tersebut. Lahan yang sangat luas itu akan sepenuhnya dimanfaatkan untuk kepentingan Timnas Indonesia. Keseluruhan kelompok umur dari Timnas berhak berlatih di training center tersebut.

Timnas Indonesia tidak perlu lagi menyewa jika ingin melakukan pemusatan latihan jika TC di IKN sudah selesai dibangun. Adanya TC pribadi tersebut juga meminimalisir Timnas Indonesia gagal latihan seperti beberapa waktu lalu. Dengan begitu, proses latihan Timnas akan lebih maksimal nanti.

Kantor PSSI Ikut Pindah

Dengan adanya training center di IKN, PSSI juga merencanakan untuk memindahkan kantor pusatnya di ibu kota baru tersebut. Kabarnya, kantor pusat PSSI yang baru nantinya tidak jauh dari lokasi TC Timnas dibangun. Rupanya ketua umum PSSI memiliki alasan tersendiri mengapa ikut memindahkan kantor pusatnya.

Berdasarkan aturan yang dikeluarkan oleh FIFA, kantor dari federasi sepak bola suatu negara harus berada di ibukota negara tersebut. Indonesia sendiri memang merencanakan perpindahan ibukota dari Jakarta ke IKN yang berada di pulau Kalimantan. Dengan perpindahan ibu kota tersebut, otomatis kantor pusat PSSI juga ikut pindah.

Sebelumnya, PSSI tidak memiliki kantor tetap semenjak kantor yang berlokasi di Kawasan Stadion GBK dibongkar. Kantor PSSI kemudian berpindah-pindah dengan terbaru berlokasi di Gedung Fx Sudirman daerah Jakarta Selatan. PSSI akan kembali memiliki kantor permanen jika benar-benar pindah ke IKN.

Pindahnya kantor PSSI ke IKN akan semakin memudahkan federasi tersebut mengawasi kegiatan latihan Timnas. Pasalnya jika ikut pindah, maka lokasi kantor pusat PSSI dengan TC Timnas menjadi semakin dekat. Dengan begitu PSSI bisa langsung cepat tanggap mengenai kebutuhan Timnas Indonesia.

Bukan hanya kantor, PSSI juga merencanakan mengadakan pertandingan Timnas di IKN. Pasalnya Pulau Kalimantan juga memiliki banyak stadion bagus yang layak digunakan untuk bertanding Timnas. Hal tersebut tentu akan menjadi pengalaman baru lantaran selama ini pertandingan Timnas selalu di pulau Jawa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here