Telan Kekalahan Pertama, Klopp Enggan Salahkan Lovren

Debatbola.com – Rekor tak terkalahkan Liverpool sepanjang musim Premier League 2019/20 berakhir di pekan ke-28. Secara mengejutkan, The Reds takluk dari tim papan bawah, Watford. Bahkan Liverpool kalah dengan skor telak: 3-0.

Kekalahan Liverpool itu memang di luar dugaan. Watford sebelumnya tak pernah menang di lima pertandingan terakhir. Liverpool, sementara itu, sangat sulit dibobol saat bermain tandang. Nyatanya pertahanan Liverpool diobok-obok Ismaila Sarr dan Troy Deeney.

Tak sedikit yang menyalahkan bek tengah Liverpool, Dejan Lovren, sebagai biang kekalahan. Pasalnya, terdapat catatan dalam 9 kali Virgil van Dijk berduet dengan Lovren musim ini, Liverpool kebobolan 11 kali (dari total 20 gol) dengan hanya sekali mencatatkan cleansheet. Lalu dalam lima kekalahan Van Dijk di Premier League selama membela Liverpool, empat di antaranya terjadi ketika bertandem dengan bek asal Kroasia tersebut.

Mengenai fakta tersebut, manajer Liverpool, Juergen Klopp, tak mau menyalahkan Lovren sebagai biang kekalahan Liverpool. Menurutnya, ada banyak faktor yang membuat Liverpool gagal meraih poin di Vicarage Road, markas Watford.

“Ada sangat banyak alasan atas kekalahan kami,” kata Klopp jelang laga melawan Chelsea di Piala FA. “Aku tak ingin menjawab itu [soal Lovren], yang jelas kami tidak bermain baik. Watford menyakiti kami ketika kami biasanya bisa tampil lebih bagus.” 

“Tapi ini bukan harinya kami menunjukkan sikap yang tepat. Di samping ini jadi pertandingan yang sangat menyulitkan karena Watford bertahan dengan formasi 6-3-1 dan itu jadi tantangan buat kami. Aku sempat mengiri di babak kedua kami bisa berbuat banyak, tapi kami kebobolan gol pertama dan gol kedua. Situasi itu tak kami diduga.”

Kekalahan dari Watford memupuskan harapan Liverpool untuk meraih satu musim tanpa kekalahan seperti yang dicatatkan Arsenal. Laga tak terkalahkan The Gunners mencapai 49, sementara Liverpool terhenti di angka 44. Namun peluang untuk juara bagi Liverpool masih terjaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here