Tanpa Shin Tae-yong, Timnas Indonesia Jalani Latihan Perdana

0
34
Tanpa Shin Tae-yong, Timnas Indonesia Jalani Latihan Perdana

Debatbola.com  –  Tim Nasional Indonesia tengah menyiapkan diri jelang laga kualifikasi PIala Dunia 2022 yang akan digelar Juni mendatang. Indonesia akan menjalani tiga pertandingan, yakni melawan Thailand (3 Juni), Vietnam (7 Juni), dan Uni Emirat Arab (11 Juni).

Selain tiga laga tersebut, Indonesia akan menghadapi dua laga uji coba terlebih dahulu. Skuad Garuda akan menghadapi dua tim dari Timur Tengah pada akhir Mei mendatang, yakni Afghanistan dan Oman.

Untuk menghadapi kelima laga ini, sebanyak 34 pemain telah dipanggil untuk menjalani pemusatan latihan. Mayoritas pemain merupakan para pemain U23 yang belum pernah mencicipi laga senior timnas.

Hanya ada dua pemain yang memiliki caps di atas 10, mereka adalah Evan Dimas (24) dan Yanto Basna (15). Enam pemain lain memiliki caps namun di bawah lima, yakni Osvaldo Haay (5), Egy Maulana Vikri (3), Adam Alis (2), Ryuji Utomo (1), Andi Setyo (1), dan Asnawi Mangkualam.

Pemusatan latihan sendiri sudah dimulai sejak Sabtu (2/5) di Stadion Madya, Jakarta. Namun latihan tak dipimpin sang pelatih kepala, Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu baru tiba pada Minggu (3/5) dan harus menjalani karantina selama lima hari terlebih dahulu. Selama STY belum bisa bergabung, latihan timnas dipimpin oleh sang asisten, Nova Arianto.

“Kondisi pemain cukup baik dan prima. Mulai besok serta pekan depan kami akan peningkatkan intensitas tempo latihan,” kata Nova Arianto. “Program dari coach Shin Tae-yong yakni empat hari pertama yakni peningkatan fisik, setelah itu taktikal dan strategi. Harapannya saat masuk materi latihan taktikal dan strategi, pemain sudah siap mengikuti.”

Sementara itu, meski skuad timnas diisi oleh banyak pemain debutan, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, tetap mematok target tinggi pada para pemain dan pelatih. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu ingin skuad asuhan STY langsung menunjukkan hasil maksimal pada semua laga yang akan dihadapi.

“Pemain timnas Indonesia yang mengikuti TC kali ini harus menunjukkan performa terbaik. Apalagi selain menjalani pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022, skuad Garuda juga akan melakukan dua kali uji coba internasional melawan Afghanistan dan Oman,” ujar Iriawan.

“Kami berharap dengan persiapan yang baik, timnas Indonesia dapat meraih hasil maksimal pada tiga laga melawan Thailand, Vietnam, dan UEA. PSSI terus mendukung program pelatih pelatih Shin Tae-yong demi raihan prestasi timnas Indonesia.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here