Tanpa Pemain Aboard, Indonesia Optimis Juara AFF U-23

0
370

Debatbola.com – Timnas junior Indonesia akan melakoni laga piala AFF U-23. Gelaran turnamen tersebut akan berlangsung di Kamboja pada tanggal 14 sampai 26 Februari mendatang. Pada turnamen yang akan berlangsung, tim asuhan pelatih Shin Tae-Yong tidak akan diperkuat oleh pemain abroad atau pemain yang memperkuat tim luar negeri kecuali Elkan Baggott. Artinya, Indonesia tidak akan diperkuat oleh pemain seperti Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, dan Egy Maulana Vikri.

Kendati demikian, Shin Tae-Yong tetap optimis timnas Indonesia dapat mempertahankan gelar juara. Juru taktik asal Korea Selatan ini akan memaksimalkan pemain dari Liga 1. Menurutnya, para pemain yang berlaga di liga lokal memiliki kualitas yang hampir setara dengan pemain yang bermain di luar negeri.

Berdasarkan hasil drawing yang dilakukan pada bulan Desember tahun lalu, Indonesia berada di grup B. selain Indonesia, Grup ini juga diisi oleh Malaysia, Laos dan Myanmar. Meskipun diatas kertas Indonesia berada diatas tim-tim tersebut, namun mereka harus tetap waspada dan tidak boleh meremehkan lawan. Berikut prakiraan skuad yang akan dibawa pelatih Shin Tae-Young saat melakoni laga piala AFF U-23:

Penjaga Gawang

Posisi penjaga gawang utama kemungkinan besar masih dipercayakan kepada Nadeo Argawinata. Pemain Bali United ini merupakan salah satu tulang punggung Timnas senior kala menjadi Runner-up Piala AFF 2020 kemarin.

Selanjutnya ada nama Ernando Ari sebagai pelapis Nadeo. Ernando Ari memiliki skill yang komplit sebagai penjaga gawang. Kiper yang membela Persebaya ini memiliki kemampuan yang komplit sebagai seorang penjaga gawang. Nalurinya dalam membaca arah bola menjadi salah satu kemampuannya.

Selain kedua pemain ini Shin Tae-Yong juga bakal membawa dua penjaga gawang lagi yaitu Syahrul Trisna dan Muhammad Adi Satryo. Diharapkan dengan membawa mereka, peta persaingan dibawah mistar gawang menjadi lebih ketat.

Pemain Belakang

Posisi bek kiri bakal diisi oleh Pratama Arhan. Penampilannya pada laga Piala AFF 2020 kemarin sangat memuaskan. Tidak hanya dalam bertahan, namun juga dalam membantu serangan. 

Bek tengah bakal dipercayakan kepada duet Rizki Ridho dan Alfeandra Dewangga. Kedua pemain tersebut diyakini bakal menjadi benteng tangguh bagi jantung pertahanan timnas Indonesia. Bagus Kaffa kemungkinan akan mengisi posisi bek kanan.

Pemain Tengah

Posisi pemain tengah, Shin Tae-Yong memanggil pemain yang berpengalaman seperti Rachmat Irianto. Dengan pengalaman yang dimilikinya, diharap mampu menjaga keseimbangan tim. Bersama Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu kemungkinan besar juga akan dimasukkan kedalam line-up.

Adapun pemain muda asal klub Persebaya Surabaya yaitu Marselino Ferdinan, pemain satu ini layak diberi kepercayaan untuk mengatur tempo permainan timnas Indonesia. Kualitasnya di Liga 1 dapat dibilang sangat baik, terbukti dengan gelar individu sebagai pemain muda terbaik yang pernah disabetnya.

Pemain Depan

Posisi penyerang bakal diisi oleh Dedik Setiawan, Hanis Sagara Putra, Muhammad Rafli, Bayu Muhammad Fikri dan Ronaldo Joybera Kwateh. Nama terakhir yang disebut digadang-gadang sebagai wonderkid andalan masa depan Indonesia. 

Ronaldo sendiri menjadi buah bibir para pecinta sepakbola Indonesia berkat penampilan apiknya di Timnas U-19. Piala AFF U-23 ini merupakan ajang pembuktian Ronaldo Kwateh sebagai salah satu penyerang terbaik Indonesia di masa depan.

Para pemain tersebut akan mengikuti latihan mulai tanggal 19 Januari 2022. Meskipun sebagian besar pemain merupakan pemain yang berlaga di liga lokal, namun dengan skuad yang sudah dipilih tersebut, timnas optimis dapat mempertahankan gelar juara AFF U-23.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here