Tanggapan Pelatih Rudy Eka Setelah Indonesia Kalah Telak 18-0 Dari Australia

0
88

Debatbola.com – Pelatih Timnas Indonesia putri, Rudy Eka mengatakan bahwa Indonesia memang kalah kelas dibanding dengan tim Australia. Perlu diketahui bahwa para pemain Tim Nasional Australia rata-rata bermain di klub besar Eropa. Dalam pertandingan kemarin dari menit awal sudah sangat terlihat jelas perbedaan pola permainan Australia dibanding Indonesia.

Dalam konferensi persnya setelah pertandingan, pelatih Indonesia ini mengatakan bahwa anak asuhnya kaget dengan tekanan dari pemain Australia. Sejak awal pertandingan, tim dari Negeri Kangguru tersebut memang melakukan serangan bertubi-tubi. Gol pertama dari Australia terjadi pada menit ke 9 dengan serangan cepat.

Pelajaran Berharga Bagi Tim Nasional Putri

Rudy mengatakan dirinya juga tidak senang dengan kekalahan yang sangat telak tersebut dan mungkin menjadi salah satu kekalahan Indonesia terbanyak. Namun dirinya juga mengatakan bahwa anak asuhnya sudah bekerja keras. Para pemain sudah melakukan kontrol bola namun akhirnya kehilangan ketenangan. Pada akhirnya mereka kesulitan dalam pengambilan keputusan.

Rudy juga menyatakan bahwa pertandingan kemarin menjadi salah satu pelajaran berharga yang bisa dijadikan evaluasi bagi timnya. Evaluasi tersebut bisa dijadikan bekal saat Indonesia akan bertemu dengan Filipina dan Thailand pada dua laga berikutnya. Harapannya adalah para pemain dapat bermain lebih baik dari laga sebelumnya dan akhirnya akan memperoleh kemenangan.

Pemain Australia Kelas Internasional

Para pemain Tim Nasional Australia memang bukan pemain biasa. Skuad Negeri Kangguru merupakan pemain berkelas dunia dan sangat terkenal di dunia sepakbola putri. Tim Australia pada laga perdana kemarin memang langsung menurunkan para pemain terbaiknya. Sebagai contoh ada pemain dari klub besar divisi utama Liga Inggris.

Australia memiliki pemain yang bermain untuk klub Chelsea yaitu Samantha Kerr. Tidak hanya itu, ada juga yang berasal dari klub besar Manchester City yaitu Hayley Raso. Kemudian ada Alana Kennedy yang juga berasal dari Manchester City. Pemain lainnya juga masih banyak yang bermain di liga internasional.

Dalam pertandingan perdana di Mumbai India kemarin, Samantha Kerr menjadi pemain bintang di lapangan hijau. Pemain Chelsea tersebut berhasil mencatatkan namanya di papan skor terbanyak yaitu lima kali. Bintang kedua adalah gelandang dari Australia yaitu Emily van Egmond yang berhasil mencetak empat gol.

Disisi lain Ellie Carpenter dan Kyah Simon berhasil mencetak dua gol ke gawang Indonesia. Tiga gol lainnya berhasil disematkan oleh Mary Fowler, Aivi Luik, dan Caitlin Foord. Total ada enam pemain Australia yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor dalam menghajar Indonesia.

Rekor Baru Kekalahan Terbesar

Kekalahan telak dengan memakan skor 18-0 merupakan prestasi buruk dalam catatan Tim Nasional Indonesia kategori sepak bola putri. Rekor kekalahan terbesar sebelumnya adalah 11-0 saat Indonesia terbantai oleh Jepang di tahun 1989. Ini membuktikan perkembangan sepakbola putri Indonesia masih ketinggalan jauh dari negara lain.

Kini syarat lolos dari fase grup B adalah Indonesia harus menang dalam dua laga berikutnya dalam penyisihan di grup B. Dua laga selanjutnya adalah Indonesia berhadapan dengan Thailand dan selanjutnya adalah Indonesia berhadapan dengan Filipina. Thailand dan Filipina sendiri bukan tim yang mudah dikalahkan karena persepakbolaan di dua negara tersebut lebih maju dari negara Indonesia.

Meskipun demikian, besar harapan Indonesia dapat memenangkan dua laga selanjutnya. Bukan tidak mungkin Indonesia dapat menang berturut-turut apabila memperbaiki pola permainan. Dari evaluasi ketika berhadapan dengan Australia, Indonesia tentunya sudah bisa belajar untuk pertandingan selanjutnya.

Apabila Indonesia memenangkan dua laga berikutnya, dipastikan Indonesia lolos ke babak delapan besar Piala Asia. Kompetisi ini juga merupakan proses kualifikasi dalam ajang Piala Dunia Putri 2023. Selandia Baru dan Australia akan menjadi tuan rumah dalam kompetisi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here