Tangapan Shin Tae-yong Ketika Ditanya Mengenai Haruna Soemitro

0
93

Debatbola.com – Shin Tae-yong mendapat banyak dukungan dari masyarakat Indonesia dalam kepelatihannya di Tim Nasional Indonesia. Disisi lain Haruna Soemitro mendapat banyak kecaman oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terjadi setelah Haruna Soemitro mengkritik kepelatihan Shin Tae-yong setelah Indonesia mendapat peringkat dua di ajang Piala AFF lalu.

Mantan pelatih tim nasional Korea Selatan ini mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan dan dukungan masyarakat Indonesia. Pelatih Timnas Indonesia ini juga merasa sangat bangga kepada pemain dan penggemar yang saling mensupport. Terlebih kepada penggemar yang telah mengetahui bahwa skuad Garuda Muda telah bekerja keras.

Kritikan Haruna Soemitro

Haruna Soemitro yang menjadi Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI mengkritik kinerja pelatih Tim Nasional Indonesia dalam sebuah podcast JPNN. Dalam keterangannya mengatakan bahwa Shin Tae-yong harus membawa Tim Nasional Indonesia menjadi juara dalam kompetisi Piala AFF 2022. Bukan hanya menjadi finalis dan akhirnya runner-up di posisi ke dua.

Haruna memberikan statement apabila hanya menjadi runner-up, Indonesia tidak memerlukan Shin Tae-yong. Ini terjadi karena selama ini Indonesia sudah enam kali menjadi runner-up di kompetisi Piala AFF sebelumnya. Dari pernyataannya, Haruna Soemitro mendapat banyak kecaman dari pendukung Tim Nasional khususnya pendukung Shin Tae-yong.

Ini terbukti dengan banyaknya muncul Tagar #HarunaOut dan #STYStay membanjiri sosial media yang akhirnya menjadi trending. Bahkan media dari Negeri Ginseng ikut menyorotinya. Dukungan untuk pelatih Tim Nasional Indonesia saat ini terus mengalir.

Pihak PSSI juga memberikan tanggapan bahwa akan memperpanjang kontrak Shin Tae-yong sebagai pelatih tim sepakbola Indonesia. Ini membuktikan bahwa Sebagian besar pihak mendukung kepelatihan Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong Mengurus Semua Tim Nasional

Mochamad Iriawan selaku ketua PSSI saat ini memberikan isyarat akan memperpanjang masa bakti pelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong. Iriawan berpendapat rencana tersebut harus dilakukan guna meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia. Shin Tae-yong masih memiliki kontrak dengan Indonesia hingga akhir tahun 2023.

Shin Tae-yong saat ini dipercaya untuk melatih Tim Nasional Indonesia dari berbagai kategori usia. Sebagai contoh untuk Tim Nasional Usia 18, Usia 20, Usia 23, dan senior. Hal ini membuktikan Indonesia memiliki harapan besar tim sepak bola tanah air akan semakin berprestasi di tangan kepelatihan Shin Tae-yong. 

Dalam Podcast Close The Door Deddy Corbuzier, Mochamad Iriawan mengatakan akan terus memantau perkembangan. Namun Iriawan juga mengatakan bahwa kemungkinan besar akan diperpanjang. Iriawan juga menambahkan bahwa proses pelatihan masih panjang karena Shin Tae-yong membina dari kategori Usia 18, Usia 20, Usia 23 dan senior.

Sebuah Tanggung Jawab Besar

Shin Tae-yong dikontrak 4 tahun oleh PSSI untuk melatih Tim Nasional Indonesia. Pada Februari 2022 nanti, Shin Tae-yong akan mendampingi Tim Garuda Muda U-23 dalam laga Piala AFF U-23 2022. Tentunya ini akan menjadi tanggung jawab besar bagi pelatih asal Korea ini.

Kemudian setelah laga Piala AFF, Skuad Garuda Muda akan mengikuti SEA Games Vietnam pada bulan Mei mendatang. Semua berharap Indonesia dapat meraih medali emas lagi di cabang sepak bola seperti terakhir pada tahun 1991. Dibawah kepelatihan Shin Tae-yong ini bukan tidak mungkin Indonesia dapat meraih medali emas lagi setelah 31 tahun yang lalu.

Terakhir Shin Tae-yong juga akan mendampingi pertandingan Timnas Indonesia senior pada akhir tahun dalam kompetisi Piala AFF 2022. Laga internasional tersebut menjadi pembuktian kualitas kepelatihan mantan pelatih Tim Nasional Korea Selatan ini. Mengingat Shin Tae-yong adalah pelatih Korea Selatan dalam Piala Dunia 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here