Taklukkan Tuan Rumah, Spanyol Tantang Brasil

0
121

Debatbola.com – Semifinal Olimpiade 2021 Tokyo telah berlalu dan menghasilkan dua pemenang. Dua tim yang memenangkan pertandingan semifinal akan saling berhadapan di partai final untuk memperebutkan medali emas dan perak.

Spanyol berhak untuk tiket babak final setelah mengalahkan tuan rumah Jepang dengan skor tipis 1-0. Dimana waktu normal tidak banyak membantu laga itu dan harus dilanjutkan ke babak pertambahan waktu.

Pertahanan Kuat Timnas Jepang

Tampil menghadapi tuan rumah, Spanyol tidak segan-segan atau ragu untuk tampil menyerang. Sementara Jepang dengan pertahanan rapatnya sulit sekali ditembus oleh barisan penyerang La Furia Roja.

Duet Maya Yoshida dan Ko Itakura patut diacungi jempol ketika turun lapangan dan mengawal ketat pertahanan timnya. Selain itu performa dari sang kiper, Kosei Tani juga tidak boleh dilupakan begitu saja.

Peluang Emas Kedua Tim

Sementara barisan penyerangan Spanyol yang dipimpin oleh Mikel Oyarzabal bermain kurang impresif. Dimana penyerang yang bermain untuk Real Sociedad itu selalu gagal mengeksekusi peluang dengan baik. Sepakannya selalu jauh melambung atau bisa ditepis kiper musuh dengan mudah.

Namun mereka lebih mendominasi jalannya laga dengan pola penyerangan menggunakan skema umpan pendek. Tak jarang juga umpan-umpan silang memanfaatkan ketinggian dari Rafa Mir yang tinggi menjulang 191 cm.

Peluang emas tim tamu datang pada menit ke-39 lewat kreasi umpan lambung yang diteruskan kepada Rafa Mir. Penyerang berusia 24 tahun tersebut yang tinggal berhadapan dengan kiper tuan rumah, gagal membuka papan skor. Tendangannya tidak berhasil mengecoh Kosei Tani yang tampil apik.

Sedangkan timnas Jepang menyerang dengan menggunakan serangan balik dari pergerakan sayap kiri dan kanan. Mereka lebih memanfaatkan kecepatan dua wingernya yaitu Ritsu Doan dan Reo Hatate yang bermain di sisi kiri dan kanan.

Peluang emas tim tuan rumah hadir di menit ke-35 dari pergerakan di sisi kiri oleh Yuta Nakayama. Bek kiri PEC Zwolle tersebut berhasil mengirimkan umpan silang tepat ke tengah-tengah pertahanan La Furia Roja. Namun Takefusa Kubo yang dituju tidak mampu mengeksekusi bola dengan baik.

Kembali pada menit ke-43, Samurai Biru mencoba peruntungannya. Kali ini lewat pergerakan cepat dari Takefusa Kubo dari sisi kanan timnya. Penyerang Real Madrid itu sukses memperdayai dua pemain bertahan musuh.

Kemudian dirinya mengirimkan crossing pendek ke mulut gawang Unai Simon. Sayang peluang kembali gagal dikonversi menjadi gol oleh penyerang tengah tim, Daichi Hayashi. Setelah mampu digagalkan oleh Martin Zubimendi.

Marco Asensio Penyelamat Spanyol

Setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol selama lebih dari 115 menit lamanya, gol pun tercipta. Winger Real Madrid, Marco Asensio yang diturunkan sebagai pemain pengganti berhasil membuat timnya unggul.

Berawal dari tusukan yang dilakukan Mikel Oyarzabal dari sisi kanan, penyerang Real Sociedad itu meneruskannya kepada Marco Asensio. Dimana sang pemain tersebut tidak mendapatkan kawalan yang ketat.

Setelah mendapatkan kesempatan dan ruang tembak, sang winger yang mendapatkan bola tepat di dalam kotak penalti langsung membuat tendangan keras. Bola hasil sepakannya pun tidak dapat ditepis oleh Kosei Tani.

Gol untuk timnas Spanyol tercipta dan merupakan satu-satunya gol di laga tersebut. Wasit yang bertugas tak perlu repot-repot memanjangkan pertandingan lagi dengan rangkaian adu penalti. Sebab tiket babak final telah diberikannya kepada Spanyol.

Spanyol akan bertemu dengan juara bertahan, Brasil pada laga final nantinya. Dimana Selecao sukses menyudahi perlawanan Meksiko dengan babak adu penalti setelah skor kacamata menghiasi 120 menit laga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here