Taklukkan Spanyol, Brasil Pertahankan Gelar Juara

0

Debatbola.com – Rangkaian gelaran Olimpiade cabang olahraga sepakbola telah resmi berakhir sudah. Partai pamungkas gelaran tersebut yang mempertemukan antara Brasil melawan Spanyol telah selesai. Brasil sukses meraih kemenangan dengan skor tipis 2-1.

Tim yang berjuluk Selecao itu berhasil mengalahkan lawannya berkat gol dari Matheus Cunha dan Malcom. Sementara tim lawan hanya sanggup membalas satu gol berkat gol tunggal dari Mikel Oyarzabal.

Dengan hasil itu Brasil berhak untuk memakai medali emas sebagai gelar yang mereka raih. Gelar tersebut juga sekaligus menambah pundi-pundi perolehan negara mereka dalam rangkaian Olimpiade dalam berbagai cabang olahraga.

Brasil Langsung Tancap Gas

Bermain di laga final membuat pasukan Andre Jardine langsung melancarkan serangan demi serangannya. Pada menit ke-34 Brasil mendapatkan kesempatan untuk unggul lewat hadiah penalti lantaran pelanggaran keras terjadi di zona terlarang Spanyol.

Kiper La Furia Roja, Unai Simon tertangkap kamera membentur badan dari Matheus Cunha, ketika berniat untuk menghalau bola hasil sepakan tendangan bebas. Setelah dilakukan pengecekan VAR, wasit pun memberikan tendangan penalti untuk Selecao.

Sayangnya Richarlison yang ditunjuk sebagai eksekutor tidak dapat menunaikan tugasnya dengan baik. Penyerang Everton tersebut malah membuat bola hasil tendangannya melambung ke atas mistar gawang Unai Simon.

Gol pembuka di laga ini baru tercipta di penghujung babak pertama tepatnya pada extra time. Penyerang Hertha Berlin, Matheus Cunha berhasil memasukkan namanya di papan skor berkat golnya. Dirinya memanfaatkan umpan silang Claudinho yang dipantulkan oleh Dani Alves.

Bola pantulan tersebut melambung tinggi di atas kepala sang striker beserta tiga bek tengah Spanyol lainnya. Namun dirinya sanggup mendapatkan bola tersebut dan langsung melesatkannya ke gawang musuh. Gol pun tercipta dan memberikan keunggulan bagi Brasil menjadi 1-0 yang bertahan hingga babak pertama usai.

Turun bermain kembali pada babak kedua, skuat arahan Luis de la Fuente yang tertinggal mencoba menyeimbangkan kedudukan. Serangan demi serangan dengan kreasi umpan-umpan pendek terukur menjadi andalan tim Matador.

Tak lama, tim asal Semenanjung Iberia itu berhasil menyeimbangkan skor lewat kaki dari sang kapten, Mikel Oyarzabal. Penyerang yang musim depan bermain untuk Real Sociedad itu sukses mengonversi umpan silang gelandang Valencia, Carlos Soler.

Berkat gol tersebut, timnas Spanyol dapat memperpanjang nafasnya setelah pada babak pertama dikepung habis-habisan. Gol dari Mikel Oyarzabal ini merupakan gol terakhir di waktu normal. Sehingga wasit yang bertugas pun harus menambah waktu pertandingan ke babak perpanjangan waktu.

Malcom Bawa Brasil Raih Medali Emas

Babak pertambahan waktu menjadi kesempatan baru untuk masing-masing tim membuat gol. Brasil kali ini lebih tampil menyerang dengan memanfaatkan kecepatan winger-winger mereka. Sementara Spanyol lebih bermain bertahan.

Pada pertambahan babak kedua tepatnya di menit ke-108 pada bursa inter303, dimana, Selecao mampu menambah keunggulan mereka. Lewat kaki dari eks punggawa Barcelona yang kini merumput bersama Zenit St. Petersburg, Malcom, gol kedua tercipta.

Winger berusia 24 tahun tersebut memanfaatkan umpan ciamik dari winger Ajax Amsterdam, Antony. Malcom yang berposisi sebagai pemain sayap itu pun sempat melakukan adu lari bersama bek Real Madrid, Jesus Vallejo. Akhirnya sang pemain sukses memperdaya kiper Spanyol, Unai Simon.

Berkat gol tersebut, berakhir sudah kerja keras timnas Brasil dan Spanyol. Pertandingan mengeluarkan Selecao sebagai pemenang dan mereka pun sukses membawa pulang medali emas kembali ke tanah airnya.

Selecao juga berhasil mempertahankan gelar juara bertahannya setelah merebut juara pada gelaran Olimpiade 2016 silam. Yang mana pada tahun itu Neymar dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Jerman di laga pamungkas.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version