Taklukan Persib dengan Telak, Aji Santoso Bongkar Trik Kemenangan Persebaya

0
44

Debatbola.com – Persib Bandung harus menelan pil pahit kekalahan pada pekan ke-16 BRI Liga 1 Indonesia musim ini. Skuat Maung Bandung berhasil dibungkam oleh Persebaya Surabaya dengan telak 0-3 pada Rabu 8 Desember 2021.

Gol kemenangan skuat Bajul Ijo ini dicetak oleh Taisei Marukawa pada menit ke-58 dan 90+1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Sisa gol lainnya dicetak oleh Bruno Moreira setelah memanfaatkan umpan manja dari rekannya, Taisei Marukawa.

Robert Albert Kecewa

Juru taktik Persib, Robert Rene Albert pun mengaku begitu kecewa dengan hasil akhir yang diperoleh timnya pada pertandingan itu. Padahal, secara permainannya Persib banyak menciptakan peluang berbahaya. Dalam pertandingan itu Persib beberapa kali mengancam gawang Persebaya yang dikawal oleh Ernando Ari.

Bahkan Persib tercatat telah melesatkan 16 tembakan ke gawang Persebaya dan enam diantaranya tepat sasaran. Robert Albert mengatakan bahwa pertandingan kali ini hasilnya betul-betul sangat mengecewakan.

Terlebih ketika seharusnya pemain Persib bisa memanfaatkan peluang yang bisa digunakan dalam babak pertama, tapi tidak berbuah gol. Ketika tengah asyik melakukan penyerangan, Persib tanpa sadar kecolongan.

Gol pertama skuat Bajul Ijo diakui oleh Robert Albert bahwa itu membuat konsentrasi anak buahnya menjadi buyar dan melakukan kesalahan yang fatal. Robert Albert menambahkan bahwa akhirnya timnya mendapatkan pukulan yang telak ketika Bajul Ijo mencetak gol dengan satu gol lagi terus begitu. Kemudian pemain merasa kehilangan fokus lagi meskipun dirinya sudah berusaha untuk memotivasi mereka.

Padahal, pelatih asal Belanda ini sudah mencoba untuk mengubah strateginya dengan memasukkan Geoffrey Castillion dan menarik keluar Febri Hariyadi pada babak kedua. Akan tetapi, jurus tersebut tidak cukup ampuh untuk menciptakan gol.

Robert menilai bahwa timnya itu sudah bermain dengan apik di babak pertama. Akan tetapi ketika memasuki babak kedua performa mereka mulai menurun dan akhirnya bisa ditaklukkan Persebaya tanpa satupun gol balas.

Robert mengatakan bahwa memang benar pada babak pertama Persib banyak melakukan kreativitas ketika Beckham berada di posisi belakang Wander Luiz. Lalu pada babak kedua Robert mencoba untuk mencari solusi dengan menambah lebih tajam dengan memasukkan Geoffrey, tapi tetap sulit mencetak gol.

Aji Santoso Bongkar Kunci Kemenangan

Sementara itu dari pihak Persebaya Surabaya, Aji Santoso membongkar kunci kesuksesan timnya dalam memenangkan laga ini. Aji Santoso mengaku bahwa dirinya berkaca pada pertandingan terakhirnya dengan tim kebanggaan Bobotoh. Persebaya kontra Persib terakhir ketika perempat final Piala Menpora 2021 April lalu.

Duel keduanya pun kebetulan berada di Stadion Maguwoharjo. Dalam laga tersebut, Persebaya dipaksa harus takluk 2-3 dari Persib. Dari hasil akhir pertandingan itu mereka harus gagal masuk dalam babak semi final.

Pelatih berlisensi AFC Pro itu mengatakan bahwa dirinya berkaca pada pertandingan Piala Menpora beberapa bulan yang lalu, yang saat itu mereka mendapat serangan gol cepat Persib. Dirinya pun akhirnya menginstruksikan pada pemain supaya tidak terjadi gol cepat lagi.

Kemenangan ini setidaknya akan bisa memperpanjang dua rekor Persebaya dalam kompetisi BRI Liga 1 Indonesia musim ini. Pertama, skuat Bajul Ijo tidak terkalahkan dalam 10 laga terakhir secara beruntun. Kedua, anak asuh Aji Santoso membukakan clean sheet dalam lima laga terakhirnya secara beruntun.

Persebaya memang berhak mengemas poin penuhnya berkat keunggulan 3-0. Bajul Ijo saat ini sementara menyalip Arema FC lantaran sama-sama mendapatkan 30 poin. Namun Persebaya lebih unggul dalam selisih gol. Meski begitu, posisi ini bisa saja digeser kembali jika Arema berhasil menang atau setidaknya seri dalam pertandingannya di laga pekan ke-16.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here