Tak Suka Dengan Rotasi Kiper Di PSG, Keylor Navas Mulai Pertimbangkan Masa Depannya

0
34

Debatbola.com – Liga Prancis Musim panas lalu, PSG sukses mendatangkan Gianluigi Donnarumma yang merupakan salah satu Kiper terbaik Eropa. Kedatangan Kiper asal Italia tersebut tentu membawa dampak tersendiri untuk Keylor Navas yang merupakan Kiper utama PSG sebelumnya. Les Parisiens harus memikirkan strategi yang cukup apik agar tidak ada yang dianak-tirikan dari kedua Kiper itu.

Memiliki dua Kiper yang sama-sama hebat membuat Mauricio Pochettino melakukan rotasi secara berkala untuk memaksimalkan performa keduanya. Namun rupanya cara yang dirasa adil untuk kedua belah pihak tersebut tidak sepenuhnya diterima oleh Keylor Navas. Karena hal itulah Kiper berusia 35 tahun tersebut memberikan ancaman terkait masa depannya di Ibukota Perancis.

Permasalahkan Rotasi Sejak Kedatangan Gianluigi Donnarumma

Sejak kedatangan Gianluigi Donnarumma yang notabenenya merupakan salah Kiper terbaik Eropa membawa dampak yang cukup besar. Sebagai Kiper utama di musim sebelumnya, Keylor Navas tentu saja yang paling merasakan dampak dari kedatangan Kiper muda itu. Bukan hanya sang Kiper utama, kabarnya Les Parisiens juga mengalami dilema karena memiliki dua Kiper yang sama kuatnya.

Keylor Navas dan juga Gianluigi Donnarumma merupakan dua Kiper hebat yang performanya dalam menjaga gawang sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena ingin memaksimalkan potensi kedua Kiper hebat tersebut, Mauricio Pochettino memberlakukan rotasi pada keduanya. Sang pelatih memutuskan untuk menurunkan Navas dan Donnarumma secara bergiliran di setiap laganya agar lebih adil.

Sama-sama merupakan Kiper hebat, Statistik dua penjaga gawang beda usia tersebut rupanya tidak jauh berbeda. Hingga kini Keylor Navas sudah bermain sebanyak 23 kali dengan mencatatkan 21 kali kebobolan serta 9 kali clean sheet. Donnarumma sendiri sudah mengikuti 22 laga dengan catatan 20 kali kebobolan serta 8 kali mencatatkan clean sheet.

Niat baik dari sang pelatih tersebut rupanya tidak disambut baik oleh kedua Kiper terutama Keylor Navas yang sebelumnya terbiasa menjadi pilihan utama. Secara jelas Kiper asal Kosta Rika tersebut mengatakan jika dirinya tidak menyukai adanya rotasi tersebut. Diharuskan bermain secara bergantian membuat menit bermain Navas menjadi berkurang.

Keylor Navas mengakui jika dirinya harus sepenuhnya mendengarkan apa yang diperintahkan oleh pelatih. Namun pemain berusia 35 tahun tersebut menyadari jika tidak ada klub sepak bola yang memiliki dua Kiper dengan level yang sama. Persaingan kemungkinan akan menjadi tidak sehat karena kedua Kiper merasa paling unggul dan menginginkan menit bermain yang cukup.

Berikan Ancaman Pada PSG

Melihat menit bermainnya yang berkurang drastis di musim ini membuat Keylor Navas mengambil langkah tegas. Adanya rotasi yang dilakukan secara terus menerus membuat Navas mulai mengevaluasi masa depannya di penghujung musim nanti. Pemain berusia 35 tahun itu bahkan mengancam akan meninggalkan klub jika rotasi tersebut masih dijalankan di musim depan.

Dalam segi pengalaman di PSG, Keylor Navas mungkin diunggulkan karena datang lebih dulu ke Ibukota Perancis. Namun Donnarumma juga tidak bisa diremehkan karena merupakan Kiper terbaik di Piala Euro 2022 dan sukses membawa negaranya juara. Belum lagi dari segi usia, Donnarumma yang masih berusia 23 tahun tentu jauh lebih muda dibandingkan Navas yang sudah 35 tahun.

Keylor Navas mengakui jika dirinya ingin bermain di setiap laga yang diikuti oleh Les Parisiens. Keinginan tersebut akan sulit terwujud jika Gianluigi Donnarumma masih juga menjadi Kiper utama di klub tersebut. Karena itulah Keylor Navas memutuskan untuk hengkang jika kondisinya masih sama di musim depan.

Menanggapi pernyataan terbuka dari Keylor Navas tersebut, Mauricio Pochettino selaku pelatih pun memberikan tanggapan. Menurut Pochettino pihaknya sudah bertemu dengan Keylor Navas dan membahas tentang masa depan Kiper asal Kosta Rika itu. Namun sang pelatih enggan membocorkan hasil pertemuannya karena ingin fokus terhadap hasil di musim ini.

Persaingan posisi antara Keylor Navas dan Gianluigi Donnarumma memang sangat ketat karena keduanya merasa sama-sama unggul. Namun dibalik persaingan tersebut, Kiper berusia 35 tahun itu mengakui jika hubungan keduanya baik-baik saja. Selain masalah posisi di depan gawang, Navas tidak pernah bermasalah secara pribadi dengan Kiper asal Italia tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here