Tak Hanya Genjot Latihan, Persebaya Tahan Pemain ke Timnas Untuk Stabilkan Tim

0
72

Debatbola.com – Persebaya Surabaya tampil kurang begitu maksimal pada seri pertamanya di Liga 1 Indonesia. Skuat Bajul Ijo itu masih bermasalah pada lini pertahanannya dan sudah kebobolan 12 gol. Pada lini penyerangnya, mereka telah berhasil menjebol gawang lawan sebanyak 10 kali dari total enam pertandingan. Dengan hasil ini, Persebaya Surabaya menempati posisi ke-12 pada klasemen sementara dan telah mengumpulkan enam poin.

Persebaya Siapkan Diri Jelang Seri Kedua

Bergerak dengan gesit, Persebaya Surabaya mulai memfokuskan diri untuk mempersiapkan diri jelang laga seri kedua. Juru taktik Persebaya, Aji Santoso menjelaskan bahwa latihan fisik akan dilakukan setelah semua pemain diberi libur selama dua hari. Dirinya menambahkan bahwa Persebaya memang masih memiliki banyak hal yang perlu diperbaiki sebelum bertanding di laga seri kedua.

Pada latihan kali ini sang pelatih melakukan maintenance kondisi fisik. Lantaran di dalam evaluasi menjelang seri kedua ini para pemain harus meningkatkan kondisi fisik, taktik dan teknik. Pada proses latihan ini terdapat dua pemain yang menepi. Mereka adalah Arif satria dan Alie Sesay. Hal ini lantaran keduanya masih dalam tahap pemulihan menggelar latihan terpisah.

Dokter merekomendasikan mereka untuk beristirahat dua sampai tiga hari ke depan. Aji juga menjelaskan bahwa dirinya sudah mempersiapkan skema rotasi apabila kedua pemain tersebut masih menjalani perawatan ketika kompetisi dimulai seri kedua. Tentu dirinya akan terus memantau perkembangan kesehatan dua pemain belakangnya itu. Dirinya mengatakan bahwa apabila dibutuhkan nantinya, mungkin dia akan memainkan pemain yang belum pernah main atau menggeser posisi.

Ada Klub yang Cederai Sportivitas

Selain itu Persebaya Surabaya berencana untuk menahan pemainnya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia. Langkah ini memungkinkan menjadi pilihan dari tim skuad Bajul Ijo atas ketidaktegasan federasi. Pasalnya beberapa klub yang melakukan hal demikian tidak dikenai sanksi apapun.

Menurut Aji, kalau tim lain boleh kenapa timnya tidak. Klub yang dimaksudkan Aji ini adalah Arema FC. Ketika itu Malang tidak melepaskan kaptennya, Johan Alfarizi ke Timnas Indonesia dengan dalih tengah menderita flu, tapi nyatanya bisa ikut laga kontra Persela Lamongan.

Sementara pada kesempatan yang sama, Persebaya pun meminta penundaan pertandingan lawan PSIS Semarang, tapi permintaannya itu ditolak. Penundaan keberangkatan empat pemainnya ke Timnas Indonesia itu tidak dikabulkan oleh federasi dan operator kompetisi.

Aji menegaskan bahwa ketika pihaknya meminta untuk penundaan tidak bisa, tapi ketika ada kejadian yang seperti ini, lantas bagaimana ini bisa dijelaskan. Rencana dari pihak Persebaya akan menahan pemainnya untuk menjalani pemusatan latihan di Tajikistan untuk persiapan laga Piala Asia U-23 2022.

Hal ini dilakukan lantaran dari pihaknya sudah ada pemain yang dipanggil. Pemain yang dimaksudkan ini adalah Rachmat Irianto dan Ernando Sutaryadi. Mereka akan dikembalikan kepada klub terlebih dahulu begitu Timnas Indonesia kembali dari laga kontra Thailand. Aji mengatakan nantinya dirinya akan meminta mereka untuk balik dahulu lantaran Persebaya juga membutuhkan mereka di ajang kompetisi Liga 1 seri kedua.

Persebaya Minta Keadilan

Aji mengaku bahwa tindakan yang dilakukan Persebaya ini tidaklah mencerminkan sikap nasionalisme. Meski begitu, pihaknya hanya meminta keadilan dari pihak Federasi. Juru taktik Persebaya ini juga memastikan bahwa pihaknya akan tetap mengambil langkah itu apabila belum ada regulasi yang jelas. Termasuk juga untuk klub yang telah banyak kehilangan pemain.

Menurutnya ini hanyalah masalah yang sederhana. Yang dibutuhkan hanyalah sinkronisasi antara jadwal Timnas dengan kompetisi Liga 1. Bukan malah bertabrakan seperti ini. Jika jadwal bisa diatur dengan baik. Maka kedua kepentingan ini bisa berjalan beriringan. Tidak ada klub yang dirugikan lantaran pemainnya dipanggil Timnas. Tapi kenyataannya, jadwal berantakan, klub dirugikan dan ada praktek yang mencederai sportivitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here