Tak Disangka Timnas Turki Keok Atas Timnas Wales

0
128
Tak Disangka Timnas Turki Keok Atas Timnas Wales

Debatbola.com – Timnas Turki tidak bisa berbuat banyak ketika melakoni pertandingan keduanya di gelaran EURO 2020. Pasalnya skuat yang diperkuat oleh Burak Yilmaz itu harus takluk dengan skor 2-0 terhadap lawannya, Wales.

Padahal sebelumnya tim yang berasal dari negeri dua benua ini begitu sangat diunggulkan untuk bisa melangkah jauh. Hal itu akibat prestasi mereka yang sukses di dua gelaran yakni kualifikasi Piala Dunia dan EURO lalu.

Dimana tim yang berjuluk Ay-Yıldızlılar sukses mempecundangi timnas Belanda dengan skor 4-2 di laga kualifikasi Piala Dunia. Kemudian dalam kualifikasi EURO pada 2019 lalu mereka sukses menjadi runner up dengan hanya kebobolan tiga gol saja.

Seperti anomali, hal-hal yang dilakukan tim ini pada gelaran kualifikasi lalu berbalik arah pada turnamen EURO 2020. Mereka telah kebobolan lima gol dalam dua pertandingan tanpa sekalipun membobol gawang lawan.

Statistik Pertandingan

Turki vs Wales bermain di stadion netral yakni Stadion Olimpiade Baku di Azerbaijan. Namun timnas Turki lebih banyak didukung oleh mayoritas penonton yang hadir sebab Azerbaijan adalah negara tetangga mereka.  

Akan tetapi hal tersebut tidak menjadi jaminan buat tim ini untuk dapat memenangkan pertandingan. Bermain mendominasi sejak peluit babak pertama ditiupkan, timnas Turki sangat kesulitan menembus pertahanan Timnas Wales.

Menurut statistik, skuat asuhan Senol Gunes memimpin 64 persen dibandingkan 36 persen dalam faktor penguasaan bola. Sementara dari jumlah tembakan ke gawang kedua, timnas Wales malah lebih banyak mengancam dengan tujuh tendangan berbanding enam.

Bale Gagal Eksekusi Penalti

Skuat asuhan Ryan Giggs lebih banyak mengancam lawannya lewat skema serangan balik. Petaka mulai menghantui skuat Ay-Yıldızlılar ketika babak pertama akan berakhir tiga menit lagi dalam waktu normal.

Gelandang Juventus, Aaron Ramsey sukses menjebol gawang timnas Turki yang dikawal oleh Ugurcan Cakir. Gareth Bale yang cukup jeli dalam melihat pergerakan gelandang tersebut mampu membuat umpan lambung yang sangat apik.

Bola pun berhasil dikontrol dengan baik oleh mantan gelandang Arsenal itu dan langsung ditembakkan ke gawang musuh. Penjaga gawang yang bertugas tak mampu membendung laju bola dan sukses menjebol gawangnya. Kedudukan menjadi 1-0 dan bertahan hingga babak pertama usai.

Babak kedua pun dimulai, kedua tim tetap ngotot untuk menampilkan permainan impresifnya. Burak Yilmaz dan kawan-kawan terus-terusan menggempur pertahanan lawannya namun tak kunjung menemui gol.

Tepat pada menit ke-55, striker LOSC Lille itu mendapatkan peluang emasnya. Berawal dari kemelut di kotak penalti, sundulan tak sempurna dari bek Wales malah mengarah padanya. Posisinya yang sudah di mulut gawang membuat sang striker langsung menendang bola ke arah gawang. Namun sepakannya itu malah melambung.

Menit ke-57 gantian peluang emas didapatkan skuat yang berjuluk The Dragon. Arthur Dias, wasit yang bertugas menunjuk titik putih usai Zeki Celik melanggar Gareth Bale di dalam kotak penalti timnya sendiri. Winger pinjaman Tottenham itu juga lah yang bertindak sebagai algojo namun tendangannya juga melebar.

Bale Tebus Kegagalannya dengan Assist

Gol penuntas laga baru terjadi pada detik-detik menjelang pertandingan berakhir lewat kaki bek kanan Swansea City, Connor Roberts. Lagi-lagi Gareth Bale yang menjadi inisiator serangan. Winger berusia 31 tahun itu bergerak dari sisi kanan dan sukses melewati hadangan pemain bertahan musuh.

Connor Roberts yang tak terkawal dengan baik segera mencari posisi yang terbaik untuk mendapatkan umpan dari winger tersebut. Usai mendapatkan posisi yang tepat, bola pun diarahkan padanya dan gol terakhir pun tercipta.

Kedudukan pun menjadi 0-2, Timnas Turki yang tak mampu menang di dua pertandingan ini menjadi juru kunci grup A. Sementara Aaron Ramsey dan kawan-kawan membuntuti timnas Italia di peringkat kedua klasemen grup A.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here