Tak Ada Elkan Baggot, Arif Satria Pun Jadi

0
289

Debatbola.com – Timnas Garuda sedang diliputi kekecewaan yang sangat mendalam. Satu pemain yang dipanggil oleh sang pelatih, Shin Tae Yong tidak akan memenuhi panggilan tersebut. Pandemi Covid-19 menjadi alasan utama sang pemain menolak panggilan timnas.

UEA Masuk Dalam Daftar Merah

Elkan Baggot telah resmi menyatakan tidak akan berangkat ke Dubai untuk mengikuti gelaran World Cup Qualifier. Bek tengah berusia 18 tahun tersebut sendiri lah yang menolak bergabung dengan timnas Indonesia di Dubai tanpa campur tangan pihak lain.

Klub sang pemain bertahan, Ipswich Town U18 sebenarnya sudah memberikan clearance kepada pemain mudanya itu untuk bermain di level internasional. Direncanakan 31 Mei mendatang menjadi tanggal sang pemain bertahan untuk hijrah ke Dubai.

Namun di pertengahan jalan, Elkan Baggot merubah keputusannya. Dubai dan UEA yang menjadi arena timnas untuk berlaga sedang dalam daftar merah negara Inggris. Sebagai negara dengan kasus Covid-19 yang cukup tinggi.

Dan jika dipaksakan maka akan mempersulit kelanjutannya sebagai pesepakbola di negeri Ratu Elizabeth tersebut. Pasalnya, Ipswich Town sebentar lagi akan menggelar rangkaian turnamen pramusim awal Juni nanti.

Dimana sang bek itu masuk dalam rencana pelatih klub yang dibelanya tersebut. Klub yang berjuluk The Tractor Boys itu disebut-sebut sangat membutuhkan servis sang pemain untuk meningkatkan pertahanan timnya.

Elkan Baggot juga memprediksi akan menghabiskan waktu banyak hanya untuk proses karantina selepas berlaga di Dubai. Untuk menghindarinya, maka pemain bertahan keturunan Inggris itu membatalkan niatnya memenuhi panggilan timnas.

Arif Satria Gantikan Elkan Baggot

Yunus Nusi, selaku pengganti sementara Sekjen PSSI yang ditinggalkan oleh Ratu Tisha telah merilis secara resmi keputusan pemain keturunan tersebut. Sementara itu pihak jajaran pelatih dan staf timnas juga sudah berkomunikasi langsung dengan sang pemain.

Dengan batalnya Elkan Baggot menjadi bagian dari skuat timnas senior, maka meninggalkan lubang menganga di lini pertahanan. Alhasil sang pelatih, Shin Tae Yong langsung bergerak cepat memanggil bek baru sebagai gantinya.

Pemain bertahan yang dipanggil adalah Arif Satria yang bermain untuk Persebaya Surabaya sejak Januari 2020 silam. Mengenai pemanggilan tersebut sudah secara resmi diberikan oleh Yunus Nusi kepada sekretaris klub Bajol Ijo.

Surat resmi pemanggilan pemain bertahannya itu diterima pada Senin (24/5) pagi hari. Isinya kurang lebih meminta agar Arif Satria datang ke Dubai untuk bergabung dalam skuat timnas Garuda untuk menggantikan Elkan Baggot.

Arif Satria, Jagoan Aji Santoso Di Lini Pertahanan

Arif Satria sendiri menjadi andalan pelatih, Aji Santoso di lini belakang timnya. Bersama sang kapten yang baru berusia 21 tahun, Rachmat Irianto keduanya menjadi pasangan bermain di jantung pertahanan Persebaya Surabaya.

Akan tetapi di turnamen Piala Menpora lalu, Arif Satria harus absen dalam dua pertandingan akibat menderita cedera hamstring. Dirinya melewatkan dua pertandingan selama cedera yakni saat melawan Persik Kediri dan Madura United. Sementara di laga ketiga melawan Persela Lamongan, sang bek hanya mengisi bangku cadangan.

Bek berusia 25 tahun itu pun akhirnya diturunkan pada laga terakhir di grup C melawan PS Sleman. Nahas dalam laga itu dirinya hanya dimainkan selama satu babak dan timnya mengalami kekalahan tipis 0-1.

Dirinya baru diturunkan selama 90 menit penuh saat fase quarter final dengan menghadapi Persib Bandung. Pada partai itu, pemain bertahan asli Sumatera Selatan itu berhasil mencetak satu gol lewat sundulannya. Namun gol tersebut tidak mampu menyelamatkan timnya dari kekalahan dan langsung gugur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here