Syarat Utama Persipura Lolos Dari Degradasi

0

Debatbola.com – Persipura Jayapura saat ini berada di zona mengkhawatirkan yaitu di papan bawah klasemen BRI Liga 1. Tidak hanya klasemen papan bawah, melainkan harus merasakan zona degradasi yang akan membuatnya turun kasta ke Liga 2 Indonesia. Namun ada sedikit harapan supaya Persipura lolos dari degradasi dan tetap bertahan di Liga 1 hingga musim tahun depan.

Perjuangan Sulit, Menang Setiap Laga

Persipura sebenarnya merupakan tim yang tangguh karena memiliki gelar juara terbanyak di Indonesia. Namun sayang musim BRI Liga 1 2021/2022 ini menjadi masa suram bagi Persipura. Dari 30 laga yang sudah dilakoni, tim ini hanya mampu meraih 24 poin yang mengakibatkan berada di posisi klasemen bawah termasuk zona degradasi di urutan 16.

Persipura Jayapura harus menyapu bersih semua laga dengan hasil kemenangan dan di lain sisi ada rival dari tim papan bawah mengalami kekalahan terus menerus. Saat ini tercatat ada 5 tim dalam klasemen papan bawah dan masih bisa tersingkir dari Liga 1 menuju Liga 2. Padahal saat ini Persipura hanya menyisakan 4 laga yang apabila semuanya menang maka hanya memperoleh 12 poin tambahan.

Lima tim tersebut adalah PSM Makassar (35 poin), Madura United (35 poin), Persikabo 1973 (34 poin), PSS Sleman (33 poin), dan Barito Putera (28 poin). Bagi Persikabo 1973, Madura United, dan PSM Makassar tentu lebih mudah untuk lolos dari jeratan degradasi. Terlebih Madura United yang memiliki catatan bagus melawan Persipura Jayapura.

Namun bagi Madura United terdapat satu catatan menang WO atas Persipura pada laga 21 Februari lalu. Selain Madura United meraih 3 poin, Persipura Jayapura harus rela kehilangan 3 poin yang pernah diperoleh atau pengurangan tiga poin sebagai hukuman dari PSSI dikarenakan tidak bersedia melaksanakan laga tunda.

Tidak hanya itu, Persipura juga dihitung kalah dengan selisih 3 gol. Hal ini tentu sangat memberatkan Persipura Jayapura. Namun mau bagaimana lagi, hal tersebut adalah keputusan dari PSSI atas tidak hadirnya Persipura dan penolakannya untuk melaksanakan laga tunda.

Penentuan Nasib Persipura Dari Komding PSSI

Tidak hanya mendapat pengurangan poin dan dinyatakan kalah 3-0 atas Madura United, Persipura juga harus menerima konsekuensi hukuman dari PSSI. Pada awalnya Persipura memiliki 27 poin, kemudian menjadi 24 poin dikarenakan pengurangan 3 poin atas Walk Out-nya Persipura Jayapura saat bertanding melawan Madura United. Selain itu Persipura juga harus membayar denda.

Namun pihak Persipura tidak diam begitu saja. Manajemen Persipura melakukan banyak usaha dan mencari keadilan ke Komding PSSI untuk menganulir sanksi tersebut. Apabila perjuangan Persipura berhasil, maka posisi zona bawah klasemen akan berubah pesat. Persipura akan direhabilitasi bahkan poin mereka akan dinaikkan menjadi 28 poin.

Tidak hanya itu, jumlah laga Persipura akan bertambah karena akan diberikan kesempatan berlaga kembali dengan Madura United yang sebelumnya dinyatakan menang WO atas Persipura. Hal ini tentu akan sangat merubah peluang Persipura dan tim klasemen papan bawah dalam berjuang lolos dari zona degradasi. Lima tim zona paling bawah juga harus mewaspadai dan khawatir apabila sanksi Persipura dicabut.

Tercatat 5 tim papan bawah lainnya harus mendapatkan hasil akhir diatas 36 poin sementara hingga keputusan sanksi Persipura dicabut atau dikukuhkan. Terlebih PSM Makassar dan Persikabo 1973 yang memiliki head to head kalah dari Persipura. Pasalnya pada putaran pertama memiliki hasil 1-1 dan di putaran ke dua memiliki hasil 0-0 untuk PSM Makassar.

Sedangkan untuk Persikabo 1973, Persipura berhasil menang 2-1 kemudian di putaran ke dua meraih hasil imbang 1-1. Kelima tim yang sudah disebutkan di atas tentu sangat berharap keputusan PSSI tidak dicabut, apalagi kedua tim PSM Makassar dan Persikabo 1973.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version