Susul Persib, Persik Kediri Pecat Javier Roca Dari Kursi Pelatih

0
44

Debatbola.com – Kekejaman Liga 1 sepertinya terus berlanjut dengan kini menelan korban kedua di Liga yang baru memasuki minggu keempat. Kali ini Javier Roca yang bernasib buruk lantaran harus meninggalkan jabatannya sebagai pelatih Persik Kediri. Pelatih asal Chili tersebut menyusul Robert Rene Albert selaku korban pertama.

Javier Roca sebenarnya mampu membuat Persik Kediri tampil apik saat debut di pertengahan musim kemarin dengan finish di posisi yang lebih baik. Namun performa Persik Kediri sangat menurun selama pramusim dan berlanjut hingga musim baru ini. Karena hal itulah Persik Kediri resmi menyampaikan salam perpisahan untuk pelatihnya itu.

Resmi Dilepas

Sabtu tanggal 13 Agustus kemarin, Persik Kediri resmi mengumumkan pemutusan kontrak Javier Roca sebagai pelatih klub. Padahal Javier Roca baru memimpin sebanyak 3 pertandingan saja selama musim ini. Namun dengan hasil yang kurang memuaskan, pihak klub kemudian melepasnya.

Seperti yang diketahui, Persik Kediri menuai hasil negatif selama mengikuti Piala Presiden di pramusim kemarin. Persik Kediri gagal lolos dari fase grup dan parahnya hanya mencatatkan satu gol saja. Bahkan saat menghadapi tim Liga 2 selama pramusim kemarin, Persik juga gagal meraih kemenangan.

Memasuki musim baru di Liga 1, performa Persik Kediri juga tak kunjung membaik dan masih tanpa kemenangan. Dari 4 pertandingan yang diikuti, Persik hanya satu kali mendapat imbang dengan 3 kali kalah serta sudah kebobolan 6 gol. Karena hal itulah Persik kini masih terdampar di posisi 17.

Sebenarnya, isu pemecatan Javier Roca sudah santer terdengar sejak beberapa waktu lalu. Isu tersebut kian menguat saat Javier Roca tidak lagi mendampingi Persik Kediri ketika harus menjamu Borneo FC di Stadion Brawijaya. Benar saja sehari kemudian kabar pemecatan sang pelatih diumumkan secara resmi oleh Persik Kediri.

Menurut keterangan dari Danilo Fernando selaku Direktur Teknik Persik Kediri, keputusan tersebut diambil setelah dilakukannya evaluasi secara menyeluruh. Manajemen klub tidak lupa mengucapkan terima kasih pada Javier Roca atas kerja keras serta dedikasi sang pelatih. Pihak klub juga mendoakan kesuksesan karir pelatih asal Chili tersebut.

Saat ini, Persik Kediri tengah berusaha fokus untuk mempersiapkan para pemainnya untuk menghadapi pertandingan lanjutan di Liga 1. Kursi pelatih untuk sementara akan dipegang oleh caretaker yang bertugas mengganti posisi Javier Roca. Sedangkan untuk pelatih baru sendiri, Persik Kediri lebih memilih untuk tidak terburu-buru.

Tanggapan Javier Roca

Pasca pemecatannya, Javier Roca akhirnya memberikan pernyataan resmi pada publik melalui Tribunmataram.com. Pelatih berusia 45 tahun tersebut mengucapkan terima kasih pada pihak klub karena sudah memberikan kepercayaan padanya. Tidak lupa ucapan terima kasih pada supporter Persik dan juga pihak-pihak yang telah bekerja sama dengan Roca.

Sebagai penutupan statementnya, Javier Roca menyampaikan kata Astungkara yang berarti semua terjadi karena kehendak Tuhan dalam agama Hindu. Sang pelatih meyakini jika apa yang terjadi padanya saat ini merupakan kehendak dari Tuhan atas nasibnya. Karena hal itulah sang pelatih hanya bisa pasrah terhadap pemecatan itu.

Menurut Javier Roca, mundurnya dirinya dari kursi pelatihan adalah yang terbaik bukan hanya untuk pihak klub, tetapi untuk karirnya juga. Meskipun begitu Javier Roca enggan memberikan penjelasan apakah dirinya dipecat atau mundur secara sukarela. Pasalnya pelatih asal Chili tersebut melakoni debut yang cukup bagus dengan Persik Kediri.

Javier Roca baru masuk sebagai pelatih di pertengahan musim lalu menggantikan Joko Susilo yang menghadapi hal serupa. Bahkan Persik Kediri berhasil menduduki posisi 11 setelah tertatih tatih di papan bawah Liga 1. Karena hal itulah para warganet beranggapan cukup dini memutuskan pemecatan Javier Roca.

Liga 1 Kembali Menelan Korban

Kejamnya kompetisi Liga 1 kembali menelan korban khususnya karir dari pelatih klub. Sebelumnya, Robert Rene Albert menjadi korban pertama karena gagal membuat Persib meraih gelar juara hingga tahun ini. Kini Javier Roca juga harus mengakhiri perjuangannya bersama Persik Kediri setelah rentetan hasil buruk yang diterima.  

Situasi tersebut tentu membuat banyak pelatih Liga 1 yang mulai ketar-ketir terutama untuk klub papan bawah. Bahkan Bernardo Tavares mulai berpikir jika dirinya lah pelatih ketiga yang akan dilepas oleh klub Liga 1. Selain itu juga ada nama pelatih Persis Solo, Jacksen F. Tiago yang nasibnya juga di ujung tanduk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here